SEO Multibahasa vs SEO Multiregional. SEO adalah salah satu strategi digital marketing yang banyak dipilih oleh para pebisnis. Tidak terkecuali dengan pebisnis dari brand-brand besar, seperti Nike, Adidas, McDonald’s dan lainnya yang sejenis. Hal ini wajar mengingat SEO mampu menawarkan pebisnis berjuta-juta manfaat. Satu di antara banyak manfaat tersebut adalah mampu memberikan mereka return on investment maksimal dengan modal yang minimal.
Ya, SEO mampu memberikan pebisnis peningkatan performa metrik lead dan konversi dengan baik. Terlebih lagi jika pebisnis yang menjalankan SEO ini mampu memahami metode Local SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Ada banyak strategi yang bisa diterapkan untuk metode Local SEO ini.
2 di antaranya adalah SEO multibahasa vs SEO multiregional. Apa itu?, apa saja perbedaan antara SEO multibahasa vs SEO multiregional ini?. MinTiv akan menjelaskannya secara lengkap kepada Anda di dalam artikel ini. Jadi, silahkan simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
TogglePerbedaan SEO Multibahasa vs SEO Multiregional
Agar lebih mudah memahami perbedaan antara SEO multibahasa vs SEO multiregional ini, MinTiv akan membahasnya dari 4 sisi penting. 4 sisi itu dimulai dari perbedaan secara definisi;
1. Definisi
SEO multibahasa, sesuai dengan namanya, ini adalah strategi untuk dapat menjalankan website yang memiliki banyak bahasa konten dari berbagai negara. Umumnya, bahasa konten yang digunakan berasal dari negara yang bahasa komunikasinya dijadikan sebagai bahasa internasional.
Sebut saja seperti Bahasa Inggris, Mandarin, Arab, Spanyol, Prancis, Rusia dan lain-lain. Lalu, bagaimana dengan SEO multiregional?.
Pada dasarnya, SEO multiregional hampir mirip dengan SEO multibahasa. Ketika Anda ingin menjalankan website yang dapat perform di Spanyol, maka Anda pasti harus dapat menguasai bahasa Spanyol terlebih dahulu. Yang membedakan adalah SEO multiregional memiliki penerapan teknik Local SEO yang jauh lebih kompleks dan benar-benar mengaitkan nilai budaya dari negara tertarget.
Hal ini dapat dilihat melalui website McDonald’s pusat dengan website McDonald’s yang berada di Spanyol.
Dapat dikatakan bahwa SEO multiregional memiliki elemen personalisasi konten yang lebih kuat ketimbang SEO multibahasa.
2. Manfaat
Pada dasarnya, SEO multibahasa vs SEO multiregional ini memiliki manfaat yang sama. Yakni, sama-sama digunakan sebagai bagian dari teknik Local SEO. SEO multibahasa banyak digunakan sebagai cara website bisnis mendekatkan diri dengan target audiencenya secara global. Pendekatan yang dipilih ini tidak memerlukan biaya yang besar. Hanya cukup memerlukan seseorang yang dapat melakukan komunikasi sesuai dengan bahasa negara tertarget.
Berbeda halnya dengan SEO multiregional. Di mana website di negara (yang bukan negara tempat pebisnis berada) dikelola oleh tim atau manajer yang berbeda, tetapi masih mentaati aturan-aturan umum yang ada. Meskipun SEO multiregional memiliki kekurangan karena mengharuskan pebisnis untuk mengeluarkan biaya tidak sedikit (biaya untuk mencari tim di negara tertarget), tapi strategi seperti ini punya elemen personalisasi konten yang lebih kuat.
3. Strategi yang Digunakan
Perbedaan selanjutnya dari SEO multibahasa vs SEO multiregional ini, dapat kita lihat dari strategi yang digunakan. SEO multibahasa, pada umumnya akan menggunakan strategi hreflang tag dan juga subfolder pada domain utama.
Hreflang tag sendiri adalah kode HTML yang dapat memberitahukan search engine, variasi bahasa dan wilayah manakah website ingin perform. Berikut ini adalah contoh struktur sederhana dari hreflang tag.
<link rel=”alternate” hreflang=”es” href=”https://creativism.id/seo-untuk-website-multibahasa/”>
Struktur sederhana hreflang di atas, dapat dipahami seperti ini, “jadikan link konten https://creativism.id/seo-untuk-website-multibahasa/ muncul di pencarian Google Spanyol”.
Es sendiri kode negara spanyol. Struktur ini, biasanya diletakan di bagian head website, header HTTP, atau juga sitemap XML.
Selain menggunakan hreflang tag, SEO multibahasa juga menggunakan strategi subfolder/subdirektori pada domain. Contohnya seperti di bawah ini;
viseoner.com/my
My adalah kode negara Malaysia.
Adapun strategi SEO multiregional, biasanya menggunakan domain yang benar-benar baru dari penyedia hosting yang berbeda pula. Semisal MinTiv ingin website Creativism juga perform di Spanyol, maka MinTiv dapat menyewa domain creativism.es.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan struktur subdomain. Contohnya seperti my.viseoner.com. Traffic yang didapatkan dari web yang domainnya seperti ini, akan dihitung berbeda dengan domain utama, semisal viseoner.com.
4. Tingkat Kesulitan
Berbicara tentang tingkat kesulitan, tentu saja relatif ya. Tapi, pada umumnya SEO multibahasa memiliki sistem kerja yang relatif sederhana dibandingkan dengan SEO multiregional.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu SEO Multibahasa? SEO yang mengoptimalkan website untuk beberapa bahasa, biasanya untuk menjangkau audiens global tanpa elemen personalisasi budaya.
- Apa itu SEO Multiregional? SEO yang fokus pada penyesuaian konten berdasarkan wilayah tertentu, termasuk elemen budaya lokal, dengan strategi yang lebih kompleks.
- Apa perbedaan utama keduanya? SEO Multibahasa lebih sederhana dengan fokus pada variasi bahasa. SEO Multiregional melibatkan personalisasi budaya dan sering memerlukan domain unik per wilayah.
- Mana yang lebih sulit? SEO Multiregional cenderung lebih sulit karena melibatkan elemen budaya dan tim lokal.
Referensi Bacaan dari Creativism
Setelah membaca lengkap tentang SEO multibahasa vs SEO multiregional ini, MinTiv sarankan kepada Anda untuk membaca beberapa artikel tambahan di bawah ini, untuk menambah wawasan yang ada. Adapun artikel tersebut, dimulai dari;
Artikel ini akan membantu Anda lebih mudah memahami apa itu SEO multibahasa secara lebih mendalam, lengkap dengan strategi jitunya.
Apabila Anda ingin menjalankan strategi SEO multiregional, maka Anda harus dapat memahami dengan baik SEO Subdomain. Artikel di atas, akan membantu Anda untuk memahaminya, lengkap dengan tips dan trik optimasinya.
Karena kedua strategi SEO multibahasa dan SEO multiregional ini termasuk ke dalam pembahasan metode Local SEO, maka penting untuk Anda mengetahui tentang Local SEO lebih mendalam. Pengetahuan Anda terhadap Local SEO ini, akan membantu planning strategi SEO, terutama SEO multiregional lebih mudah.
Referensi dari Luar
Anda juga dapat menambah wawasan terkait SEO multibahasa vs SEO multiregional ini, melalui referensi bacaan lainnya dari web luar. 2 di antaranya adalah;
- Enterprise SEO Strategy: Guide For Multi-Regional and Multilingual Sites. Ditulis oleh Ghia Marnewick, seorang Creative Copywriter.
- How to Manage Multilingual and MultIregional SEO: Most Important Factors, Tools & Tactics. Ditulis oleh tim digitalsuccess.us.
Kesimpulan
Inilah penjelasan lengkap tentang strategi SEO multibahasa dan SEO multiregional. Secara garis besar, perbedaan keduanya terletak pada efek personalisasi konten yang diberikan, di mana SEO multiregional lebih unggul. Perbedaan lainnya adalah strategi yang digunakan, di mana SEO multibahasa lebih mudah untuk diterapkan.
Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar strategi SEO multibahasa atau strategi SEO multiregional, silahkan tanyakan saja melalui kolom komentar yang tersedia.
Artikel ini, dikreasikan oleh Tim Agency SEO Creativism. Agency SEO yang siap berikan pelayanan SEO terbaik dan lengkap sesuai dengan kebutuhan website klien. Hubungi mereka langsung melalui WhatsApp 6281 22222 7920, untuk dapat layanan Jasa SEO Website Terbaik, segera!!.