Cara Memilih Agency SEO – Ketika menjalankan bisnis, maka kita akan menemukan banyak strategi marketing yang bisa dijalankan. Terlebih di era serba digital sekarang ini, di mana proses untuk memperkenalkan brand jauh lebih kreatif dan pastinya lebih tertarget.
Satu di antara banyak strategi marketing yang bisa kita jalankan adalah SEO. Apa itu SEO?. SEO adalah pemasaran yang dilakukan melalui proses optimasi website di search engine. Proses optimasi ini difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Diharapkan tampil di urutan teratas hasil pencarian Google.
Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh dari SEO ini. Beberapa di antaranya adalah;
- Meningkatkan metrik traffic website. Ini juga akan berimbas pada visibilitas website di search engine.
- Kamu bisa promosi gratis di Google tanpa perlu membayar.
- Membantu kamu untuk tingkatkan konversi dari website bisnis.
- Website jadi lebih kredibel dan tepercaya.
- Brand awareness meningkat secara perlahan menuju tingkatan top level of mind.
Sayangnya, untuk bisa menjalankan SEO ini bukanlah hal yang mudah. Diperlukan dedikasi dan komitmen yang tinggi agar kampanye SEO yang dilakukan, memberikan kamu banyak manfaat. Kamu perlu mengetahui tentang apa itu On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO.
Selain itu, kamu juga harus peka terhadap perkembangan terbaru terkait tren konten dan perubahan algoritma search engine. Apalagi untuk search engine terpopuler di dunia yakni Google.
Mempelajari 5 bagian ini sekaligus menjalankannya, jelas bukan sesuatu yang mudah. Tidak heran jika banyak pebisnis lebih memilih untuk menjalankan SEO menggunakan jasa dari pihak ketiga, alias memilih untuk mengandalkan Agency SEO.
Baca Juga: Cara Mudah untuk Cek Ranking di SERP
Sayangnya lagi, tidak banyak pebisnis yang tahu bagaimana cara memilih Agency SEO terbaik dan tepercaya. Tidak usah khawatir, karena di dalam artikel ini, MinTiv akan memberikan 4 panduan agar kamu bisa memilih Agency SEO terbaik.
Penasaran?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Cara Memilih Agency SEO Terbaik
1. Pastikan Agency SEO Tersebut Memberikan Pelayanan Lengkap.
Cara yang pertama adalah dengan memastikan bahwa Agency SEO terpilih memberikan kamu layanan SEO lengkap. Perlu diketahui bahwa SEO itu terdiri dari 4 metode penting. 4 metode tersebut adalah;
- On Page SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website utama. Secara garis besar, metode ini memiliki fokus yang mendalam pada proses pembuatan konten yang berkualitas.
- Off Page SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website atau platform media alternatif. Metode ini biasanya dijalankan dengan menerapkan beberapa teknik penting seperti brand mention maupun backlink.
- Local SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Contoh penerapan daripada metode ini adalah penggunaan keyword local dan juga optimasi Google My Business.
- Technical SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan teknis. Salah satu contoh penerapan daripada teknik ini adalah dengan melakukan audit website.
Ya, kamu sebagai pebisnis harus dapat memastikan Agency terpilih memberikan minimal 4 layanan ini. Selain itu, pastikan juga bahwa Agency SEO memiliki tim yang benar-benar profesional dan ahli.
2. Adanya Laporan Perkembangan SEO Website.
Cara atau tips yang kedua adalah dengan memastikan bahwa Agency SEO terpilih memberikan kamu laporan perkembangan SEO website yang lengkap. Hal ini penting untuk kamu bisa mengukur tingkat keberhasilan yang diraih. Apakah sudah mencapai tujuan, mendekati tujuan, ataupun masih jauh dari tujuan.
Laporan ini jelas akan menjadi pertimbangan yang kuat untuk kamu bisa memutuskan lanjut bekerjasama atau tidak dengan Agency tersebut. Biasanya, Agency SEO yang terbaik akan memberikan laporan perkembangan SEO dengan penuh visualisasi data yang insightful. Laporan seperti itu biasanya didapatkan dari tools SEO premium yang mereka miliki. Contohnya SEMrush, Ahfefs, Ubersuggest, Moz dan lain-lain.
3. Hasil yang Sudah Terbukti.
Tips yang ketiga adalah dengan memastikan bahwa kinerja Agency SEO terpilih sudah terbukti. Kamu bisa bertanya kepada mereka tentang portofolio keyword yang berhasil ranking di hasil pencarian Google. Kamu juga bisa meminta portofolio keyword dari website klien yang pernah mereka kelola.
Baca Juga: 5 Cara Optimasi SEO WordPress
Lihatlah dengan jelas perkembangan berbagai metrik penting. Jangan hanya terfokus kepada metrik traffic saja, pertimbangkan juga perkembangan pada metrik lain seperti authority website, backlink, bounce rate, page views, dwell time dan lain-lain. Minimal, Agency SEO tersebut memiliki website bisnis yang benar-benar sudah optimal.
4. Harga yang Bersahabat dengan Keadaan Keuangan Bisnismu.
Tips yang terakhir, adalah memilih Agency SEO dengan harga layanan yang bersahabat. Kamu bisa saja memesan Jasa SEO Bulanan kepada Agency tertentu. Tetapi ingat, biasanya website baru akan perform ketika sudah memasuki bulan ketiga proses optimasi.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara memilih agency terbaik untuk keperluan SEO. Apabila kamu ingin konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di website Creativism.id, atau melalui nomor WhatsApp 6281 22222 7920.