Apa itu Search Generative Experience – Desember 2022, dunia dikejutkan dengan kehadiran ChatGPT dari OpenAI. Sebuah perusahaan berbasis artificial intelligence yang didirikan oleh Sam Altman, Greg Brockman, dan manusia terkaya di muka bumi saat ini, Elon Musk.
ChatGPT adalah teknologi chatbot yang memungkinkan penggunanya untuk menemukan berbagai informasi dari internet. Teknologi ini dapat mencari jawaban dari segala pertanyaan Anda dengan mudah. Hal ini wajar mengingat ChatGPT memiliki jutaan database di dalamnya. Plus proses riset akan teknologi ini telah dimulai sejak tahun 2015 lalu.
Hadirnya ChatGPT di akhir 2022 ini, seolah menjadi pionir atau penggerak untuk developer AI lainnya kembangkan tools automation di tahun 2023. Dapat MinTiv katakan bahwa di tahun 2023 kemarin, menjadi tahunnya untuk AI. Di tahun ini, 2024, diprediksi bahwa AI masih akan mendominasi dunia otomatisasi pekerjaan.
Baca Juga: Cara Membuat Konten Website dengan Bantuan ChatGPT
Otomatisasi pekerjaan ini bahkan telah mencakup ranah content marketing. Di mana pebisnis digital bisa dengan mudah menghasilkan gambar, video, konten promosi, audio, animasi, musik, lagu, dan lain-lain hanya dengan memasukkan prompt saja. Bahkan, AI telah bermain sangat jauh dengan memengaruhi kerja daripada search engine.
Mungkin hal itulah yang menyebabkan Google semakin mempercepat proses risetnya terhadap Google Gemini. Pertarungan teknologi AI di ranah search engine ini, pada akhirnya membawa kita pada satu istilah baru, yakni Search Generative Experience atau SGE.
Apa itu search generative experience?. MinTiv akan menjelaskannya secara lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.
Apa itu Search Generative Experience?
Search Generative Experience adalah sistem mesin pencarian informasi yang memanfaatkan AI sebagai basis utamanya. Melalui AI, hasil daripada pencarian informasi diharapkan lebih terpersonalisasi, spesifik dan relevan. Hasil pencarian yang ditampilkan dari konsep SGE lebih singkat dan to the point, layaknya ketika Anda melakukan obrolan dengan orang lain.
Anda bisa mengerti dengan mudah definisi di atas apabila telah mencoba langsung salah satu dari search engine dengan konsep SGE. Contohnya Google Gemini seperti gambar di bawah ini;
Fitur-Fitur yang Ada di SGE
Sebagai teknologi baru tetapi pengembangannya sudah lama dilakukan, maka wajar jika teknologi SGE memiliki banyak fitur yang memukau. 5 di antaranya adalah;
- Image Creation.
- Follow-up Question.
- Multiple meaning.
- Pencarian bahasa lokal.
- Visualisasi data interaktif.
Berikut ini adalah penjelasan lengkap masing-masing fitur yang ada, dimulai dari;
1. Image Creation
Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat dengan mudah membuat gambar uniknya tersendiri. Anda bisa membuat gambar yang diinginkan hanya dengan memasukkan prompt tertentu. Hebatnya lagi, hasil daripada prompt tersebut dapat dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan Anda.
2. Follow-up Question
Fitur yang kedua adalah follow-up question. Ini adalah fitur yang dapat membantu Anda memahami lebih dalam topik yang sedang dicari, berdasarkan pertanyaan lain yang sering ditanyakan. Fitur seperti ini jelas akan memberikan user experience yang baik untuk pengguna.
3. Multiple Meaning
Fitur ini akan menampilkan pilihan kepada Anda ketika pencarian yang dilakukan memiliki makna ganda. Semisal kata yang Anda gunakan memiliki 2 makna berbeda. SGE akan langsung memberikan Anda opsi untuk memilih hasil pencarian tertentu, sehingga Anda bisa memilih makna yang paling tepat.
4. Pencarian Bahasa Lokal
Ya, kebanyakan dari mesin pencarian dengan konsep SGE sudah mendukung berbagai bahasa pencarian. Contoh saja Google SGE yang telah mendukung pencarian informasi dengan bahasa Jepang, India, China, Indonesia, dan lain-lain.
5. Visualisasi Data Interaktif
Fitur yang terakhir adalah SGE yang mampu menampilkan hasil pencarian dengan visualisasi data yang insightful. Hasil pencarian informasi dengan konsep SGE tidak hanya akan menampilkan konten multimedia berbasis teks saja. Tetapi juga mampu menghadirkan konten multimedia lainnya seperti gambar (grafik, diagram), video, dll.
Tantangan yang Muncul Berkat Adanya SGE
Karena SGE adalah konsep yang berhubungan langsung dengan search engine, maka pastinya ini akan memberikan dampak besar pada SEO. Adapun dampak tersebut meliputi beberapa poin penting dimulai dari;
- Ranking website. Ya, hal ini wajar mengingat SGE hanya akan menampilkan konten terbaik sebagai hasil pencarian. Pengguna tidak lagi harus pusing untuk mengklik salah satu dari list website yang biasanya muncul sebagai SERP. Hal ini juga akan memengaruhi metrik traffic website dan effort Anda untuk menghasilkan konten yang benar-benar berkualitas.
- Tampilan SERP. Efek domino dari perubahan konsep pencarian, maka jelas SERP atau Search Engine Result Page akan berubah total.
- Penilaian kualitas konten. Konsep SGE memaksa Anda untuk dapat menghasilkan konten yang berkualitas dan tidak kaku. Alias benar-benar human friendly. Penggunaan question keyword dalam konsep SGE akan sering Anda temukan.
- User experience. Karena SGE menawarkan hasil pencarian yang dapat dipersonalisasi, tentu saja nilai user experience yang didapatkan akan lebih baik.
- Fokus konten. Konten yang ditampilkan sebagai hasil pencarian SGE, akan memuat banyak elemen multimedia gambar atau video yang relevan.
Apa yang Harus Anda Lakukan?
Meskipun Google, sebagai search engine terpopuler di dunia belum menggunakan konsep SGE ini secara mutlak. Anda tetap wajib untuk waspada. Ada banyak ulasan dari digital marketer profesional lainnya yang mengatakan bahwa SGE ini, bisa sangat merugikan perkembangan website bisnis. Terutama dalam upaya untuk mendapatkan metrik traffic yang maksimal.
Lalu, apa yang harus Anda lakukan?.
Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang perlu Anda pahami, pelajari dan terapkan untuk hadapi tantangan SGE. Dimulai dari;
- Memaksimalkan penggunaan long-tail keyword. Terlebih pada jenis yang lebih spesifik seperti question keyword ataupun low-hanging fruit keyword.
- Pelajari cara pembuatan konten yang memenuhi kriteria E-E-A-T (Expertise, Experience, Authoritativeness, and Trustworthiness).
- Memastikan website memiliki struktur data yang rapi. Jangan lupa untuk membangun sitemap XML dan sitemap HTML.
- Pastikan website memiliki tampilan yang baik sehingga dapat memberikan user experience yang baik pula.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa itu search generative experience. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dengan layanan lengkap dan ter-up to date, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Memilih Agency SEO Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.