Cara Meningkatkan Lead dari Website – Ketika menjalankan bisnis, maka kita akan mempelajari banyak metrik penting. Satu di antara banyak metrik penting tersebut adalah lead. Apa itu lead?. Lead sendiri adalah sebuah istilah untuk menggambarkan calon pelanggan yang memiliki minat pada produk atau layanan yang Anda tawarkan. Kita biasa mengenal istilah ini lebih spesifik sebagai pesan WhatsApp yang masuk ke kontak customer service.
Ya, untuk Anda yang sering berkecimpung langsung dengan dunia digital advertising, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Dapat dikatakan bahwa bisnis yang memiliki nilai metrik lead yang besar, berpeluang mendapatkan konversi yang besar pula. Banyaknya lead yang masuk, menandakan bahwa promosi bisnis yang sebelumnya dilakukan benar-benar efektif dan menarik.
Adanya lead menandakan rancangan marketing funnel Anda berhasil, setidaknya pada tahap desire. Sayangnya, metrik lead di dalam bisnis bukanlah sesuatu yang mudah untuk didapatkan. Coba tanyakan saja hal ini kepada digital advertiser, baik yang memegang Meta Ads ataupun Google Ads.
Mereka akan pusing tujuh keliling jika terus ditanyakan, “Mana, hari ini kok gak ada lead yang masuk?. Modal kita sudah keluar banyak lho untuk iklan digital ini!”.
7 Cara Meningkatkan Lead dari Website
Sejatinya lead bukanlah metrik yang berdiri sendiri. Metrik ini baru bisa didapatkan apabila rancangan marketing funnel di tiap tahapnya sudah kuat. Plus produk atau jasa yang ditawarkan benar-benar dapat memenuhi kebutuhan utama dan ekspektasi calon pelanggan. Artinya sebelum memaksimalkan lead, Anda perlu memaksimalkan terlebih dahulu metrik-metrik penting lainnya, seperti engagements.
Baca Juga: 7 Tips Agar Traffic Website Cepat Naik
Untuk itu, diperlukan business plan yang matang, sabar dan tidak gegabah dalam menjalankan kampanye iklan tertentu. Beruntungnya, di era serba digital sekarang ini, kita bisa dengan mudah memanfaatkan berbagai tools untuk dapatkan lead. Selain dengan menggunakan iklan digital, kita juga bisa mendapatkannya melalui media dengan biaya yang lebih murah, yakni website bisnis.
Lalu, bagaimana cara mendapatkan atau meningkatkan lead dari website bisnis?. MinTiv akan menjawabnya lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.
1. Melakukan Riset Buyer Persona
Cara yang pertama adalah dengan melakukan riset buyer persona terlebih dahulu. Buyer persona sendiri adalah gambaran ideal dari mereka yang menjadi target audience niche bisnis Anda. Contohnya seperti ini, anggaplah Anda adalah pebisnis obat herbal atau suplemen herbal di daerah Jogja dan target audience Anda adalah orang tua. Maka buyer persona yang dapat Anda gunakan bisa seperti gambar di bawah ini;
Tentu saja, setiap informasi demografi, nilai, hiburan, tantangan pembelian dan lain-lain dari buyer persona ini dapat menyesuaikan kondisi bisnis Anda.
2. Memilih Tipe Konten yang Tepat
Setelah mengetahui buyer persona dari niche bisnis Anda, langkah selanjutnya adalah dengan memilih tipe konten yang tepat. Menggunakan kasus sebelumnya, maka tipe konten yang bisa Anda gunakan adalah tipe konten yang memiliki search intent informational dan commercial. Anda bahkan bisa memilih untuk membuat konten yang menjelaskan langsung tentang khasiat obat herbal yang dimiliki.
Agar lebih mudah, buatlah terlebih dahulu content pillar dan pecah menjadi beberapa subtopik konten. Anda bisa saja mencontoh desain content planning di atas.
3. Memilih Keyword yang Tepat
Karena media utama yang kita gunakan adalah website, maka secara tidak langsung kita juga harus dapat memahami seluk beluk daripada strategi SEO. SEO sendiri adalah kependekkan dari Search Engine Optimization.
Sebuah ilmu untuk dapat mengoptimasi website agar bisa tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Oleh sebab itu, pilihlah keyword utama yang benar-benar dapat mewakili niche bisnis Anda. Agar lebih mudah, fokuskan pemilihan keyword ini terlebih dahulu pada jenis long-tail keyword.
4. Rancang Outline Konten yang Menarik
Berikutnya adalah dengan merancang outline konten yang menarik. Ada beberapa teknik yang bisa Anda gunakan dalam proses perancangan outline konten ini. Yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan FAQ (Frequently Asked Questions) dari konten yang dirancang sebagai outline. Teknik seperti ini akan membantu website Anda lebih mudah perform pada SERP (Search Engine Result Page) terutama pada jenis question keyword.
5. Sematkan Poin Social Proof
Didapatkan dari Sprout Social, salah satu alasan kuat mengapa pelanggan yakin akan produk atau layanan Anda, adalah mereka yang telah mendapatkan informasi baik dari pelanggan sebelumnya. Oleh sebab itu, pastikan bahwa konten yang Anda kreasikan, terlebih untuk keperluan promosi, memuat poin social proof.
Lebih mudahnya, kita dapat mengenal istilah social proof sebagai testimoni atau reviews. Salah satu cara terbaik untuk menampilkan poin ini, adalah dengan menggunakan Jasa Influencer yang niche kontennya relevan dengan niche bisnis Anda.
6. Jangan Lupakan Call to Action
Cara meningkatkan lead dari website berikutnya adalah dengan menyematkan call to action. Bagian ini biasanya digambarkan dalam sebuah tombol yang mengarahkan pengunjung ke kontak bisnis Anda. Di dalam tombol tersebut, terdapat kata-kata yang dapat memotivasi terjadinya transaksi. Anda bisa menyematkan kata-kata yang menggambarkan scarcity atau kelangkaan, seperti pada contoh gambar di atas.
7. Berikan Konten Selingan
Terakhir, adalah dengan memberikan konten selingan, seperti hiburan atau trivia. Konten selingan ini memang tidak memberikan dampak langsung pada metrik lead. Tetapi dapat membantu website untuk menjaga performa metrik penting lainnya. Seperti dwell time, page views, bounce rate stabil, dan lain-lain. Apabila metrik-metrik penting tadi terjaga dengan baik, brand awareness dari calon pelanggan akan meningkat.
Brand awareness semakin meningkat, maka lead juga akan ikut meningkat. Lead meningkat, konversi pun meningkat.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara meningkatkan atau mendapatkan lead dari website. Apabila Anda membutuhkan partner yang tepat untuk bisa meningkatkan lead dari website bisnis, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Search Generative Experience Muncul, Apa yang Harus Anda Lakukan?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.