SEO Bukan Sekedar Konten – Ada banyak hal penting yang mesti Anda pelajari ketika menjalankan SEO. Satu di antara banyak hal penting tersebut adalah belajar bagaimana cara membuat konten artikel yang menarik. Konten artikel yang menarik sendiri, adalah salah satu teknik penerapan dari metode On Page SEO. Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website utama.
Dapat dikatakan bahwa konten artikel pada metode On Page SEO ini, menjadi ujung tombak utama dari keseluruhan kampanye SEO. Tidak heran juga kebanyakan pebisnis akan setuju dengan frasa Content is King pada SEO. Ya, melalui konten artikel yang berkualitas, website bisa begitu mudah perform di SERP (Search Engine Result Page). Visibilitas dan traffic website dapat meningkat drastis berkat adanya konten artikel yang berkualitas.
Lantas, apakah ini pertanda bahwa sejatinya SEO hanya memerlukan konten artikel yang berkualitas saja?. Jika, iya, bukankah lebih baik untuk memfokuskan setiap proses optimasi website pada pembuatan konten artikel saja?.
Sayangnya, SEO bukan hanya berbicara tentang konten artikel saja. SEO lebih daripada itu. Ketika pebisnis memilih untuk menggunakan SEO sebagai channel marketing utamanya, itu artinya mereka sudah harus siap menjalankan seluruh metode yang ada. Memproduksi konten artikel berkualitas itu memang perlu, tapi itu saja jelas tidak akan dapat menolong performa website secara keseluruhan.
Ada banyak faktor faktor penting yang tidak bisa terpenuhi hanya dengan membuat konten artikel berkualitas saja. Contoh saja seperti page experience. Di mana metrik ini sangat bergantung kepada waktu load konten, navigasi yang mudah, interaksi atau JavaScript yang menarik dan lain-lain. Ya, dapat MinTiv katakan dengan jelas bahwa SEO bukan sekedar konten artikel.
Hal Hal Penting SEO yang Perlu Diperhatikan Selain Konten Artikel
Ada banyak hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan, selain dapat membuat konten artikel berkualitas. Secara garis besar, Anda harus dapat memahami setiap teknik penerapan dari 4 metode SEO utama, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan Technical SEO.
- On Page SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website utama. Secara garis besar, metode ini memiliki fokus yang mendalam pada proses pembuatan konten yang berkualitas.
- Off Page SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website atau platform media alternatif. Metode ini biasanya dijalankan dengan menerapkan beberapa teknik penting seperti brand mention maupun backlink.
- Local SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Contoh penerapan daripada metode ini adalah penggunaan keyword local dan juga optimasi Google My Business.
- Technical SEO: Metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada hal-hal yang berkaitan dengan teknis. Salah satu contoh penerapan daripada teknik ini adalah dengan melakukan audit website.
Harus Paham Perkembangan Tren Konten dan Algoritma Terbaru Search Engine
Selain harus dapat memahami setiap teknik penerapan dari masing-masing metode SEO di atas, pebisnis yang menjalankan SEO juga harus paham akan tren konten. Terutama tren konten yang berkaitan dengan niche bisnisnya langsung. Tentu saja untuk bisa memahami tren konten ini, Anda memerlukan proses riset yang mendalam.
Beruntung, kita bisa melakukan proses riset ini dengan mudah melalui tools SEO digital seperti SEMrush, Ahrefs, atau Ubersuggest. Melalui tools SEO tersebut, Anda bisa dengan mudah menemukan keyword utama yang tepat. Mengetahui content gap dengan website kompetitor, dan perkembangan metrik-metrik penting website.
Untuk versi gratisnya, Anda bisa mengandalkan tool dari Google yakni Google Trends. Hanya saja memang, visualisasi data yang ditampilkan terbatas pada keyword yang paling banyak dicari search engine Google saja.
Selain memahami tren konten sesuai dengan niche bisnis yang ada, Anda diwajibkan untuk peka terhadap perubahan terbaru algoritma search engine.
Baca Juga: Search Generative Experience Muncul, Apa yang Harus Anda Lakukan?
Terlebih lagi sekarang konsep dari Search Generative Experience perlahan-lahan mulai diperkenalkan. Memahami perubahan algoritma ini, jelas akan memberikan banyak sudut pandang bau pada Anda terkait proses optimasi website. Rancangan strategi content marketing yang dilakukan akan lebih tertarget.
Jika SEO Hanya Fokus Ke Pembuatan Konten, Apa yang Terjadi?
Secara garis besar, kekuatan SEO pada website tersebut tidak akan maksimal. Seperti yang sudah MinTiv katakan di awal artikel, ada banyak metrik penting website yang tidak bisa dipenuhi hanya dengan membuat konten artikel berkualitas.
Diperlukan kolaborasi epic dengan berbagai teknik penting SEO lainnya. Untuk bisnis, konten berkualitas yang dikreasikan bisa saja tidak tepat sasaran. Hal ini tentunya akan menjadi perkara yang sia-sia. Waktu dan tenaga yang Anda dedikasikan untuk membuat konten, menjadi terbuang percuma.
Baca Juga: Cara Meningkatkan Lead dari SEO Website
Inilah penjelasan lengkap mengapa SEO bukan hanya sekedar konten artikel saja. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik dan Lengkap, hubungi saja Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: SEO Bukan Sekedar Buat Konten Artikel Berkualitas […]