Cara Mendatangkan Pelanggan ke Website – Satu dari sekian banyak tujuan pebisnis menjalankan website adalah untuk mendapatkan peningkatan lead dan konversi bisnis. Hal ini wajar mengingat website memang dikenal sebagai salah satu tool transfer brand knowledge efektif untuk pelanggan. Di dalamnya, kita bisa menempatkan berbagai informasi bisnis menggunakan 5 jenis elemen multimedia utama.
Dimulai dari teks (hyperlink), gambar, video, audio dan juga animasi. Memiliki website juga akan meningkatkan brand perception positif pada bisnis secara keseluruhan. Bisnis akan dianggap lebih kredibel dan juga tepercaya. Dorongan untuk melakukan transaksi bisnis dari pelanggan yang datang ke dalam website pun meningkat.
Sayangnya, untuk bisa menjalankan website yang mampu menunjang fungsi seperti ini bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan banyak perhatian daripada pebisnis, terutama menyangkut dua faktor penting yakni keamanan dan kenyamanan. Keduanya adalah faktor penting yang memengaruhi faktor ranking website di search engine terpopuler Google, yakni User Experience.
Kedua faktor ini dapat Anda maksimalkan apabila Anda memahami beberapa proses penting yang dapat mendatangkan pelanggan ke website. Beberapa proses penting tersebut, akan MinTiv kupas lengkap di dalam artikel ini. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Cara Mendatangkan Pelanggan ke Website
1. Menjalankan Strategi SEO Secara Menyeluruh
Cara mendatangkan pelanggan ke website pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalankan strategi SEO secara menyeluruh. SEO sendiri adalah kependekkan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama search engine Google. Ilmu ini biasanya difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama.
Di dalamnya, kita akan mempelajari banyak metode penting, terutama yang menyangkut soal 4 metode SEO yakni On-Page SEO, Off-Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO. Selain 4 metode SEO utama ini, Anda juga diharuskan untuk paham perkembangan terbaru daripada algoritma Google.
Memahami perkembangan terbaru daripada algoritma Google ini, akan membantu Anda untuk terhindar dari praktik Black Hat SEO. Pada akhirnya, kita menyadari bahwa menjalankan SEO itu tidak mudah. Ada banyak tantangan yang perlu dihadapi. Tidak heran jika kebanyakan pebisnis lebih memilih untuk menjalankan SEO menggunakan jasa dari pihak ketiga alias Agency SEO.
Baca Juga: Apa Saja Tugas Utama dari Agency SEO untuk Website Klien?
2. Kembangkan Media Sosial Bisnis yang Anda Miliki
Cara kedua agar Anda bisa mengonversikan pelanggan menjadi pengunjung website adalah dengan mengembangkan media sosial bisnis. Baik itu melalui Instagram, Facebook, WhatsApp maupun TikTok. Anda bisa saja melakukan teknik link building dengan menanamkan website di bio profil media sosial. Melakukan brand mention dengan desain konten yang menarik. Semisal di Instagram dengan membuat desain konten microblog menarik.
Jika Anda menggunakan TikTok, maka Anda bisa membuat video hook atau mengikuti trend video yang sedang viral. MinTiv biasa menyebutnya sebagai penerapan dari teknik riding the wave.
Selain dengan menjalankan content marketing di media sosial terpilih, Anda bisa saja memanfaatkan tool Pay Per Click dari setiap platform tersebut. Semisal Anda menggunakan Instagram atau Facebook, maka Anda bisa menggunakan Meta Ads. Jika Anda memilih TikTok, maka Anda bisa menggunakan TikTok Ads.
3. Memanfaatkan Layanan Google Ads
Ketiga adalah dengan memanfaatkan layanan Google Ads. Google Ads sendiri adalah tool iklan digital yang disediakan gratis untuk pengguna Google. Kita bisa memanfaatkannya untuk melakukan promosi bisnis melalui website. Ada banyak jenis iklan yang dapat kita pilih. Dimulai dari iklan yang tampil di Google Search, tampil di display seperti di website, video YouTube dan bahkan aplikasi.
Banyaknya pilihan iklan ini, menjadikan Google Ads primadona untuk kebanyakan pebisnis. Sayangnya, Google Ads atau strategi PPC pada umumnya, kurang bersahabat untuk pebisnis pemula, yang belum memiliki kekuatan finansial memadai.
4. Menjalankan Email Marketing
Berikutnya adalah dengan menjalankan email marketing. Sesuai dengan namanya, email marketing adalah teknik pemasaran yang memanfaatkan email sebagai poros utamanya. Teknik pemasaran seperti ini, sangat bergantung terhadap banyaknya database email pelanggan yang didapatkan.
Lalu dari mana Anda bisa mendapatkan itu jika pelanggan tersebut melakukan interaksi apapun di dalam website?.
Anda bisa saja menerapkan strategi sederhana seperti menerapkan buku tamu lengkap dengan form email untuk setiap pelanggan yang datang ke toko fisik bisnis. Agar pelanggan tersebut memiliki motivasi lebih, berikan embel-embel bahwa pelanggan yang beruntung akan mendapatkan diskon spesial.
Adapun kunci penting untuk bisa menjalankan email marketing sukses, adalah segmentasi audience. Adanya segmentasi audience tentu akan menjadikan email marketing yang Anda lakukan tertarget, dan memiliki nilai lebih pada bagian personalisasi konten.
5. Kembangkan Blog Website
Cara kelima sekaligus terakhir adalah dengan mengembangkan blog website. Blog website ini dapat Anda gunakan untuk sharing kegiatan bisnis, terlebih yang berkaitan dengan Corporate Social Responsible. Anda juga dapat memanfaatkan blog website ini untuk berbagi lebih banyak unique selling point dari produk bisnis yang dijual. Dapat dikatakan bahwa cara kelima ini, berada di satu jalur yang sama dengan cara pertama (menerapkan SEO) yang sudah MinTiv terangkan sebelumnya.
FAQ Seputar Konten
- Berapa lama kita dapat mengonversikan pelanggan untuk menjadi pengunjung website?. Tidak ada jawaban yang pasti, tapi yang pasti semakin menarik konten website yang ada, maka semakin tinggi pula traffic yang dimiliki. Traffic tinggi yang dimiliki sebuah website, menandakan bahwa ada banyak pelanggan yang datang ke web.
- Metrik apa saja yang perlu diperhatikan ketika menjalankan website marketing?. Ada banyak metrik-metrik penting yang harus Anda perhatikan. Beberapa di antaranya sudah MinTiv terangkan di sini.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara mendatangkan pelanggan ke website. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Memilih Kata Kunci yang Tepat untuk Kampanye SEO
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.