Metrik SEO Wajib Dilacak – Ketika menjalankan SEO, maka ada banyak hal penting yang mesti kita pelajari. Salah satunya adalah belajar memahami metrik-metrik SEO. Melalui metrik-metrik SEO inilah, kita dapat mengetahui tingkat keberhasilan dari kampanye SEO yang sebelumnya dilakukan.
Ya, metrik sendiri adalah satuan yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan kampanye. Hasil yang didapatkan adalah rata-rata, rasio dan juga persentase.
Di dalam SEO, ada banyak metrik penting yang wajib Anda pelajari dan tentunya dilacak nilainya. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang 16 metrik SEO yang wajib banget Anda lacak. Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya!
16 Metrik SEO Wajib Dilacak (Bagian 1)
1. Organic Traffic
Metrik yang pertama adalah organic traffic. Organic traffic adalah jenis traffic website yang didapatkan dari hasil pencarian organik keyword yang dilakukan pengunjung melalui search engine. Dapat dikatakan metrik ini menjadi indikasi paling nyata daripada keberhasilan kampanye SEO. Ya, semakin tinggi organic traffic yang didapatkan, maka kampanye SEO Anda berhasil.
Baca Juga: Jenis Jenis Traffic Website
Ada banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya organic traffic ini. Setidaknya ada 2 jenis faktor yang mempengaruhinya. Yakni faktor yang dapat Anda kontrol, seperti kualitas konten, target keyword relevan dan sejenisnya. Dan juga faktor yang tidak dapat Anda kontrol seperti perubahan algoritma search engine.
Untuk dapat mengetahui nilai daripada organic traffic ini di website tertentu, Anda cukup gunakan tools SEO saja, semisal SEMrush. Anda bisa melakukannya dengan langkah-langkah mudah di bawah ini;
- Login ke tools SEMrush Anda.
- Pilih menu Domain Overview di sidebar menu bagian Competitive Research.
- Masukan domain website Anda di dalam form yang ada. Jangan lupa untuk mengganti tujuan pelacakan di negara yang sesuai.
2. Keyword Click
Kedua adalah keyword click. Ini adalah metrik yang digunakan untuk mengetahui keyword apakah yang paling banyak mendatangkan traffic. Terutama jenis organic traffic. Metrik yang satu ini bermanfaat sebagai pemandu dari riset keyword yang Anda lakukan. Anda bisa langsung menargetkan turunan dari keyword tertentu yang memang banyak digunakan pengguna search engine untuk sampai ke website Anda.
Sama seperti sebelumnya, Anda bisa mengandalkan SEMrush untuk mengetahui metrik ini. Langkah-langkahnya pun sama dengan sebelumnya, hanya saja Anda harus scrolling sedikit ke bawah dari hasil Domain Overview. Lalu klik tombol view details pada bagian Top Organic Keywords.
3. Konversi
Berikutnya adalah melacak metrik konversi. Metrik ini digunakan untuk mengukur tindakan pengunjung website yang Anda inginkan terjadi. Contoh paling mudahnya adalah pengunjung website melakukan pembelian produk atau mengisi formulir pendaftaraan.
Metrik ini wajib untuk Anda lacak, terlebih untuk website bisnis yang dijalankan sebagai tool konversi seperti online shop. Di SEMrush, kita dapat melacaknya dengan mudah melalui fitur One2Target. Anda bisa mengaksesnya dengan mudah di bagian sub menu Trends.
4. Keyword Ranking
Metrik berikutnya adalah keyword ranking. Metrik digunakan untuk dapat mengetahui posisi terbaru daripada keyword yang ditargetkan. Dapat dikatakan bahwa metrik ini menjadi penentu dari keputusan apa yang bakal Anda ambil. Semisal mengoptimalkan kembali keyword yang mengalami penurunan ranking ataupun mengabaikannya dan memilih target keyword yang baru.
Adapun cara untuk dapat melacaknya, melalui SEMrush dimulai dari;
- Login ke tools SEMrush Anda.
- Pilih menu Domain Overview di sidebar menu bagian Competitive Research.
- Masukan domain website Anda di dalam form yang ada. Jangan lupa untuk mengganti tujuan pelacakan di negara yang sesuai.
- Pilih menu Position Tracking di sidebar menu bagian Keyword Research.
- Setelah itu pilih Create Project, lalu set up.
- Akan muncul jendela kampanye position tracking. Pilih pilihan default yakni as Root domain di bagian targeting. Jangan lupa search engine yang dipilih adalah Google. Isi bagian lain jika diperlukan.
- Lanjut ke bagian keywords, isi daftar target keyword yang sebelumnya telah Anda optimalkan di website.
- Selanjutnya pilih Start Tracking, dan tunggulah hasilnya beberapa saat.
5. Backlink
Berikutnya adalah dengan melacak backlink yang didapatkan. Backlink sendiri adalah link yang mengarah ke dalam website utama Anda, dan didapatkan dari platform atau website yang berbeda. Teknik ini biasa dijalankan untuk meningkatkan domain authority website.
Baca Juga: Penyebab Toxic Backlink yang Jarang Disadari
Mengapa metrik ini perlu dilacak, karena dengan itu, Anda jadi bisa tahu backlink dari website manakah yang berkualitas, dan mana yang tidak. Backlink yang tidak berkualitas biasanya akan berakhir dengan menjadi toxic backlink.
Kita dapat melacak backlink ini dengan mudah di SEMrush, juga dari fitur menu Domain Overview.
6. Domain Authority
Metrik SEO wajib dilacak berikutnya adalah domain authority. Metrik ini digunakan untuk mengukur kekuatan atau otoritas website untuk bisa tampil di SERPs (Search Engine Results Pages).
Semakin tinggi nilai Domain Authority yang didapatkan, maka akan semakin baik untuk website. Di SEMrush, kita mengenali metrik yang satu ini dengan sebutan Authority Score. Anda dapat menggunakan alternatif lain, seperti tools Moz Pro yang memang terkenal untuk proses pengecekan Domain Authority website.
7. Loading Speed
Metrik SEO wajib dilacak berikutnya adalah loading speed. Ya, metrik ini wajib untuk Anda lacak, terlebih Google telah melakukan konfirmasi bahwa loading speed adalah salah satu faktor penting SEO.
Baca Juga: Cara Membaca Hasil Google Pagespeed Insights
Sesuai dengan namanya, metrik loading speed, adalah metrik yang digunakan untuk mengukur kecepatan akses website. Anda bisa melacak metrik yang satu ini dengan tools gratis dari Google yakni Google Page Insights.
8. Rasio Klik Tayang (CTR)
Terakhir adalah dengan mengukur rasio klik tayang, atau yang biasa kita kenal sebagai CTR. CTR adalah rasio jumlah pengunjung yang melihat serta mengakses iklan di website. Kita dapat mengeceknya dengan mudah melalui tools gratis dari Google yakni Google Search Console.
Inilah penjelasan lengkap tentang metrik SEO yang wajib banget untuk dilacak. Ini baru 8 dari 16 metrik SEO wajib lacak lainnya yang harus Anda pelajari. Untuk 8 sisanya, akan MinTiv bahas pada artikel berikutnya. Mohon bersabar ya.
Baca Juga: 16 Metrik SEO Penting yang Wajib Banget Dilacak
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Google Terbaik, hubungi saja Creativism.id
Baca Juga: Cara Melakukan Blogwalking dengan Efektif
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 16 Metrik SEO Wajib Dilacak oleh Pemula […]
[…] Baca Juga: 16 Metrik SEO Penting yang Wajib Banget Anda Lacak […]