Metrik SEO Penting – Jika Anda sudah membaca artikel sebelumnya di blog Creativism ini, Anda sudah pasti tahu pentingnya sebuah metrik. Ya, metrik adalah sebuah metode pengukuran untuk mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan yang diraih. Metrik adalah bagian penting yang harus dapat didefinisikan, termasuk dalam urusan digital marketing seperti SEO.
Baca Juga: 16 Metrik SEO Wajib Dilacak oleh Pemula
Ada banyak metrik SEO penting yang mesti kita pelajari dan juga pastinya dilacak. Sebelumnya, MinTiv telah membahas tentang 8 metrik SEO yang wajib dilacak. 8 metrik tersebut adalah;
- Organic traffic.
- Keyword click.
- Konversi.
- Keyword ranking.
- Backlink.
- Domain authority.
- Loading speed.
- Rasio klik tayang.
Di dalam artikel tersebut, MinTiv telah berjanji akan membahas 16 metrik SEO penting. Karena MinTiv baru menjelaskan 8, maka di dalam artikel inilah, 8 pembahasan sisanya.
16 Metrik SEO Penting, yang Wajib Dilacak (Bagian 2)
9. Local SEO
Metrik SEO penting yang wajib banget untuk Anda lacak nomor 9 adalah Local SEO. Metrik ini digunakan untuk dapat mengetahui kekuatan daripada teknik Local SEO yang sudah dilakukan.
Local SEO sendiri adalah teknik optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Secara garis besar, Local SEO memiliki 3 turunan metrik di dalamnya. 3 metrik tersebut adalah;
- Session location. Digunakan untuk dapat mengetahui jumlah traffic yang didapatkan dari pencarian lokal bisnis terdekat.
- Google maps rankings. Metrik ini digunakan untuk dapat mengetahui kekuatan profil bisnis di layanan Google Maps.
- Google business profile. Digunakan untuk mengetahui seberapa sering klien datang dari Google Business Profile. Baik itu yang datang dari hasil pencarian, nomor telepon ataupun alamat.
Lalu bagaimana caranya agar kita dapat melacak metrik SEO yang satu ini?.
Baca Juga: Panduan Lengkap Menjalankan Local SEO untuk Pemula
Kita dapat melakukannya dengan mudah melalui tools SEMrush. Ya, Anda cukup mengakses menu Local di dashboard SEMrush, lalu pilih sub menu Listing management. Di dalam listing management tersebut terdapat fitur Local Rankings. Klik dan dapatkan hasil metriknya di sana.
10. Landing Page
Berikutnya ada landing page. Sesuai dengan namanya, metrik ini digunakan untuk dapat mengetahui performa daripada landing page. Ada banyak metrik turunan yang bisa digunakan untuk landing page ini. Secara garis besar, ada 3 aktivitas yang wajib kita lacak di metrik ini. 3 metrik tersebut adalah Acquisition, Behavior, dan juga Conversions.Â
Untuk melacak metrik yang satu ini, kita dapat menggunakan bantuan dari tools Google Analytics. Buka Google Analytics yang ada, lalu pilih sub menu landing pages dari menu site content.
11. Exit Pages
Metrik SEO penting berikutnya adalah Exit Pages. Didapatkan dari Monster Insights, Exit Pages adalah halaman terakhir yang dilihat oleh pengunjung sebelum mereka benar-benar meninggalkan website Anda. Meskipun sering dikatakan mirip dengan bounce rates, nyatanya exit pages adalah hal yang berbeda.
Bounce rates memiliki ruang lingkup penilaian yang lebih luas dengan juga mengukur persentase pengunjung yang tidak melakukan interaksi. Lalu, bagaimana kita dapat mengetahui exit pages ini pada website?.
Sama seperti sebelumnya, kita dapat mengetahui exit pages ini melalui tools Google Analytics. Buka akun Google Analytics Anda, lalu beralih ke sub menu exit pages di dalam menu Site content.
12. Mobile Traffic
Selanjutnya ada mobile traffic. Sesuai dengan namanya, metrik ini digunakan untuk dapat mengetahui jumlah traffic dari perangkat mobile. Ya, apabila mobile traffic yang didapatkan sebuah website tinggi, maka itu bisa menjadi indikasi bahwa website memiliki penampilan yang benar-benar mobile friendly. Kita dapat melacak metrik satu ini dengan mudah melalui tools SEMrush.
Anda cukup mengakses menu Traffic Analytics, lalu SEMrush akan menampilkan visualisasi datanya untuk Anda.
13. Engagements
Berikutnya adalah engagements. Seperti yang sudah pasti Anda ketahui, metrik ini digunakan untuk dapat mengetahui interaksi apa saja yang dilakukan pengunjung di dalam website. Terdapat metrik turunan di engagements ini.
Baca Juga: Cara Menurunkan Bounce Rate Pada Website
Paling sering digunakan adalah bounce rates. Kita dapat mengetahui bounce rates ini dengan melalui SEMrush. Adapun caranya, sama seperti cara sebelumnya saat Anda coba mengecek metrik mobile traffic. Selain bounce rates, 2 metrik turunan lain dari engagements ini adalah pages/visit, dan avg visit duration.
14. Organic CTR
Metrik SEO selanjutnya adalah organic CTR. Metrik ini digunakan untuk dapat mengetahui besar ukuran keterlibatan pengguna saat mereka masih berada di SERP.
Dengan kata lain, metrik digunakan untuk mengetahui kekuatan sebuah website, apakah website tersebut mampu menarik klik calon pengunjung ketika masih berada di halaman hasil pencarian. Untuk dapat mengetahui metrik yang satu ini, kita bisa menggunakan Google Search Console.
15. Returning Visitors
Menjelang akhir, ada metrik returning visitors. Sesuai dengan namanya, metrik ini digunakan untuk dapat mengetahui jumlah traffic yang didapatkan dari pengunjung setia atau pengunjung yang datang berkali-kali. Metrik ini penting untuk kita ketahui karena dapat memudahkan kita menemukan loyal customer. Kita bisa melacaknya melalui Google Analytics, lalu memilih menu Behavior, dan setelahnya, pilih sub menu new vs returning.
16. Crawl Errors
Yang terakhir, adalah crawl errors. Sesuai dengan namanya, metrik SEO penting ini digunakan untuk dapat mengetahui seberapa banyak kesalahan website yang berakibat fatal pada proses crawling. Mengetahui metrik SEO yang satu ini, adalah salah satu cara terbaik untuk Anda mempelajari dasar dari technical SEO. Kita dapat mengetahui metrik ini dengan mudah dan lengkap melalui SEMrush. Caranya adalah dengan;
- Mengakses sub menu dari On Page & Tech SEO. Pilih Site Audit.
- Klik new project, lalu masukan domain website Anda di dalamnya. Berikan nama proyek yang ada sesuai kehendak Anda. Selanjutnya klik create project.
- Lakukan konfigurasi pada bagian limit pages untuk mengatur batasan jumlah halaman website yang diaudit. Lakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda pada bagian lain. Seperti Crawler settings, Allow/disallow URL, remove URL parameters, bypass website, dan juga schedule.
- Setelah klik tombol Start Site Audit dan tunggu hasilnya.
Inilah penjelasan lengkap mengenai metrik SEO penting yang wajib banget untuk Anda lacak. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Google Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Panduan Lengkap Melakukan Technical SEO
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
Wah baru tahu saya ternyata ada banyak metrik yang bisa dibaca dari SEO. Dari sini akhirnya kita bisa tahu bagaimana perkembangan website kita. Makasih ya sharenya, sangat bermanfaat sekali
Metrik seperti ini menjadi panduan banget untuk kami para blogger. Karena kita bisa lihat mana saja artikel yang mendulang view banyak sehingga bisa menulis artikel lain dengan menggunakan kata kunci yang tak jauh berbeda,
Oleh karena itu sangat penting bagi blogger untuk memasang Google Analytics pada blognya. Dengan tools itu, kita bisa memantau performa blog dengan gratis. By the way, apakah ini tampilan GA UA?
Terima kasih banyak telah berkunjung ke Blog Creativism.id
Ya benar, tetapi juga ada tampilan dari Google Search Console, SEMrush, dan tools lainnya.
Yang paling sering cek itu domain authority (DA), karena suka diminta kalo pas ada job wkwkwkw
Kalo di Google analytics seringnya cek page views
Metrik SEO di google analytic dan GA4 membantu banget buat lihat laporan trafik dan kata kunci blog. Sejauh ini saya masih pake yang gratisan, belum pake yang berbayar
Makasih banyak infonya. Sy batu tau trntang metrik seo ini. Ternyata dunia blogger itu bkn hanya sekedar nulis ya tapi harus melek IT juga sampai kadang bingung sendiri belajar seo😂