Cara Mengoptimalkan SEO Medium – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Ilmu ini biasanya difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, ada banyak metode penting yang mesti Anda pelajari. Salah satunya adalah metode Off Page SEO.
Metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website atau platform informasi alternatif. Satu dari sekian banyak cara terbaik demi bisa menjalankan Off Page SEO ini adalah dengan memanfaatkan website UGC.
UGC adalah singkatan dari User Generated Content. Sebuah website di mana pengunjung bisa melakukan interaksi lebih dari sekedar membaca dan klik link di dalamnya. Pengunjung memiliki kesempatan yang sama untuk bisa membuat konten langsung di dalamnya.
Ada banyak website UGC di internet yang bisa kita jumpai. Satu di antara banyak contoh tersebut adalah Medium. Sebuah platform blog online yang diciptakan oleh Evan Williams dan telah eksis sejak tahun 2012. Melalui platform ini, pengguna bisa menuliskan berbagai ide artikelnya dengan mudah, tentunya dengan tampilan yang menarik.
Selain digunakan untuk blogging, Medium juga banyak digunakan untuk proses link building. Hal ini wajar mengingat Medium tidak melarang penggunanya untuk menanamkan link web utama di dalam artikel yang mereka tuliskan. Tidak adanya larangan seperti ini, menjadikan Medium salah satu media favorit untuk proses link building.
Sayangnya, tidak banyak yang tahu bagaimana cara terbaik untuk bisa mengoptimalkan SEO di Medium. Mengoptimalkan SEO untuk konten “pemancing” di Medium tentu akan membantu Anda menciptakan lebih banyak channel marketing baru. Selain tentunya dapat menambah jumlah metrik traffic berjenis redirect ke website utama.
Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan secara lengkap tentang bagaimana cara mengoptimalkan SEO untuk Medium. Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Cara Mengoptimalkan SEO Medium
Karena MinTiv sedang baik hati, tidak tanggung-tanggung di sini MinTiv akan berbagi 6 tips jitunya sekaligus. 6 tips jitu itu dimulai dari;
1. Buat Profil Penulis dengan Deskripsi yang Menarik
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat profil penulis terlebih dahulu. Gunakan foto terbaik yang Anda miliki untuk jadi foto profil. Lebih baik gunakan foto yang dapat mewakili konten atau niche bisnis Anda secara keseluruhan.
Anda bisa saja menggunakan logo sebagai foto profil penulis Medium. Lalu di bagian deskripsi penulis, maksimalkan jumlah karakter yang disediakan oleh sistem. Sama seperti sebelumnya, buatlah deskripsi penulis yang dapat menggambarkan siapa Anda dan juga keahlian yang dimiliki.
Buatlah deskripsi penulis tersebut agar memiliki nilai relevansi yang tinggi dengan konten-konten yang bakal Anda kreasikan untuk Medium. Penulisan seperti ini sangat bermanfaat untuk mendongkrak nilai otoritas dan kepercayaan konten yang ada.
2. Menuliskan Konten Artikel Berkualitas
Kedua adalah dengan mulai menuliskan konten artikel yang berkualitas. Adapun konten artikel yang berkualitas adalah konten artikel yang memiliki relevansi tinggi dengan search intent keyword utama yang ditargetkan.
Selain itu, pastikan konten artikel yang Anda kreasikan memiliki outline konten yang benar-benar menarik perhatian pembaca hingga akhir. Outline ini nantinya akan membantu Anda merumuskan subheading yang tepat di dalam konten.
Baca Juga: Cara Membuat Konten Artikel Berkualitas dan SEO Friendly
Pastikan juga setiap elemen multimedia yang ada, terlebih gambar sudah Anda optimalkan SEOnya. Ya, jangan pernah lupa untuk mengisi alt image yang ada dan beritahukan kepada sistem, dari mana gambar tersebut Anda dapatkan. Tuliskan keterangan tersebut di bagian caption image. Kurang lebih cara untuk dapat membuat konten artikel berkualitas, sama dengan cara kita membuat konten artikel berkualitas di website utama.
3. Memberikan Topik yang Relevan Sesuai dengan Konten
Cara mengoptimalkan SEO Medium yang ketiga adalah dengan memberikan topik yang relevan untuk konten artikel yang telah dikreasikan. Medium sendiri memungkinkan penggunanya untuk dapat menambahkan 5 topik konten yang berhubungan.
Topik ini bermanfaat untuk memudahkan pengguna Medium lainnya menemukan konten Anda. Fungsi topik pada Medium, kurang lebih sama dengan fungsi Kategori dan Tag yang ada di WordPress atau website pada umumnya.
4. Pastikan Judul Artikel Pendek dan Menarik
Selanjutnya adalah dengan memastikan judul dari konten artikel yang dikreasikan pendek, atau setidaknya, tidak melebihi batas karakter yang disediakan oleh Medium, yakni 59 karakter.
Bukan hanya pendek, tapi Anda juga harus dapat memastikan judul konten artikel yang ada, dapat menarik perhatian pembaca. Beruntungnya, MinTiv juga telah menuliskan berbagai teknik keren yang bisa Anda terapkan untuk bisa menemukan judul konten yang menarik.
Anda bisa membaca lebih lengkap teknik-teknik tersebut melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Membuat Judul Konten yang Menarik
Bagian paling penting dari tips ini, adalah jangan lupa untuk selalu menempatkan keyword utama di dalam judul.
5. Jangan Lupa Tuliskan Meta Description
Kelima, adalah dengan menuliskan meta description untuk konten artikel yang ada. Tekniknya kurang lebih sama dengan cara Anda memaksimalkan konten artikel untuk website utama.
Buatlah keterangan di bagian ini sependek mungkin, tetapi tetap dapat menarik perhatian pengunjung. Gunakan kalimat aktif, dan pastikan jumlah karakternya tidak melebihi angka 156. Angka ini adalah batasan dari Medium.
6. Ubah Link Konten Medium Menjadi Lebih SEO Friendly
Yang terakhir, adalah mengubah link konten Medium, menjadi lebih SEO friendly. Gunakan setidaknya 4-5 frasa kata saja. Semakin pendek link konten yang ada, maka semakin besar nilai SEO friendly yang didapatkan.
Link yang pendek cenderung lebih disukai oleh crawler dan shareable untuk pengguna Medium lainnya. Jangan untuk menyematkan keyword utama di dalam link konten ini. Anda bisa merubah link konten Medium jadi lebih SEO friendly melalui opsi Advanced Settings, lalu pilih custom di bagian Customize Story Link.
Hasil Optimalisasi SEO Medium
Anda mungkin tidak percaya dengan tips-tips jitu yang MinTiv berikan di atas. Tidak masalah, karena MinTiv akan dengan senang hati memberikan bukti bahwa tips di atas benar-benar worth it. Anda bisa melihat beberapa bukti nyatanya melalui gambar di bawah ini;
Fakta Unik: Followers Tidak Memengaruhi!
Tambahan, mungkin banyak di antara Anda yang merasa bahwa konten artikel Medium yang berhasil perform, tidak lain adalah karena jumlah followers yang didapatkan.
Ada anggapan bahwa semakin banyak followers yang didapatkan, maka semakin besar pula kemungkinan konten Medium Anda perform di SERP.
Dengan tegas MinTiv menyatakan bahwa followers Medium yang didapatkan, mau sebanyak apapun itu, tidak dapat memengaruhi perform konten Medium Anda. Sekali lagi, kualitas yang berbicara. Jika pun ingin diukur melalui metrik di Medium, maka mungkin saja jumlah clap yang didapatkan lebih bisa jadi patokan utama.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu Medium?. Platform blog online yang diciptakan oleh Evan Williams dan telah eksis sejak tahun 2012. Melalui platform ini, pengguna bisa menuliskan berbagai ide artikelnya dengan mudah, tentunya dengan tampilan yang menarik.
- Apa saja keuntungan menjalankan Medium?. Media terbaik untuk Anda bangun personal branding yang kuat.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara mengoptimalkan SEO untuk Medium. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Website, lengkap dengan layanan backlinknya, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Lebih Banyak Email Subscribers di Blog atau Website Bisnis
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.