Cara Meningkatkan Penjualan Via SEO – Strategi digital marketing yang paling ampuh untuk mendatangkan lead dan konversi dalam waktu yang cepat adalah PPC marketing. PPC sendiri adalah kependekan dari Pay Per Click, yang artinya pengguna harus dapat membayar uang sejumlah klik iklan yang berhasil didapatkan. Besaran bayaran tersebut, tergantung dari performa iklan yang dijalankan, terutama pada metrik penting seperti Click-through rate, Cost per mile, dan Cost per click.
Adapun tools digital yang banyak digunakan untuk kegiatan PPC ini, adalah Google Ads dan Meta Ads. Lantas, apakah PPC satu-satunya strategi digital marketing yang ampuh datangkan lead dan konversi?. Jawabannya sudah pasti tidak. Bahkan ada satu strategi digital marketing lainnya, yang mampu membantu pebisnis mendapatkan lead dan konversi maksimal, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya seperti metode PPC.
Strategi tersebut juga memiliki platform utama yakni website. Strategi yang MinTiv maksud adalah SEO. SEO sendiri adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine melalui keyword tertentu yang ditargetkan.
Meskipun ampuh, tetapi menjalankan SEO untuk dapat meningkatkan lead dan konversi atau secara garis besarnya, penjualan, bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu.
Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi tips dan trik, cara meningkatkan penjualan via SEO. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Cara Meningkatkan Penjualan Via SEO
1. Memahami Search Intent
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan memahami apa itu search intent terlebih dahulu. Search intent sendiri adalah tujuan utama pengguna ketika mengetikan kata kunci tertentu. Semisal pengguna mengetikan kata kunci Jasa SEO Jogja Terbaik, maka tujuan pencariannya bersifat commercial atau transaksional.
Informasi yang ia butuhkan lebih kepada layanan SEO yang didapatkan, kelebihan jasa SEO, penawaran menarik, dan pastinya harga jasa. Memahami search intent dengan baik, akan memudahkan Anda dalam proses pembuatan konten website, jadi lebih terarah.
2. Menemukan Keyword Utama
Selanjutnya adalah dengan menemukan keyword utama. Anda bisa menemukan keyword utama untuk konten website dengan mudah apabila business plan yang dimiliki, sudah matang. Anda juga bisa memaksimalkan tools research keyword untuk membantu proses yang ada lebih cepat.
3. Pelajari Lebih Apa itu SEO Copywriting
Selanjutnya adalah dengan mempelajari lebih dalam apa itu SEO copywriting.
SEO copywriting adalah proses pembuatan konten website SEO friendly yang tidak hanya memenuhi search intent keyword yang ditargetkan. Melainkan juga mengandung nilai-nilai dari teknik copywriting. Outputnya adalah membuat konten website yang tidak hanya mudah dipahami oleh crawler tapi tidak monoton dan enak dibaca oleh manusia.
MinTiv sendiri sudah cukup sering membahas tentang apa itu SEO copywriting. Anda bisa membaca beberapa tips kerennya melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: 5 Tips Keren SEO Copywriting
5. Mulai Mempelajari Local SEO
Apabila kampanye SEO yang dijalankan bertujuan untuk meningkatkan penjualan, maka metode SEO yang perlu Anda tingkatkan adalah Local SEO. Local SEO sendiri adalah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Metode ini akrab dengan optimalisasi Google My Business dan keyword spesifik yang merujuk daerah bisnis utama.
Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan Local SEO adalah dengan memastikan Google Reviews berjalan baik. Semakin banyak pelanggan yang memberikan ulasan positif di Google Reviews di Local Pack Business Anda, maka semakin besar pula visibilitas website Anda di pencarian lokal.
Proses ini berkaitan erat dengan customer journey yang efektif. Apabila Customer Journey Anda benar-benar memudahkan pelanggan, maka mereka akan dengan sukarela memberikan feedback positif kepada Anda. Anda bahkan bisa meminta pelanggan Anda untuk menuliskan reviews mereka di Google Reviews ketika proses follow up.
Sebagai informasi tambahan, didapatkan dari Search Engine Journal, Local SEO memiliki banyak prospek data yang menjanjikan. Dimulai dari;
- 76% pengguna Google melalui smartphone melakukan pencarian lokal. 28% di antara 76% tersebut berakhir dengan pembelian di lokasi bisnis.
- 30% pencarian Google, baik dari mobile atau desktop berkaitan dengan lokasi bisnis.
- 82% pengguna Google membaca Google Review di Local Pack Google My Business sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu.
- Waktu rata-rata yang dihabiskan pengguna Google untuk membaca Google Review adalah 14 menit.
- 74% pembeli yang datang di toko, adalah mereka yang berawal dari pencarian lokal.
5. Perluas Area Link Building Anda
Terakhir, adalah dengan memperluas area link building Anda. Jangan hanya terpaku untuk menjalankan link building pada platform website saja. Pastikan Anda juga memaksimalkan penggunaan social media marketing, email marketing, dan lain-lain.
FAQ Seputar Konten
- Manakah yang lebih baik antara strategi PPC marketing dengan SEO marketing?. Anda bisa mengetahui jawabannya lebih lengkap melalui link artikel ini.
- Apa itu SEO copywriting?. Proses pembuatan konten website SEO friendly yang tidak hanya memenuhi search intent keyword yang ditargetkan. Melainkan juga mengandung nilai-nilai dari teknik copywriting.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara meningkatkan penjualan via SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Website Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Cara Belajar SEO yang Efektif untuk Pemula
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.