Instagram Marketing Anti Gagal – Instagram marketing adalah salah satu dari sekian banyak jenis marketing channel yang banyak dipilih oleh pebisnis. Hal ini wajar mengingat Instagram sebagai media sosial memiliki banyak kelebihan untuk datangkan lead atau RoI (Return of Investment) yang maksimal.
Media sosial yang sekarang ini dipimpin oleh CEO Adam Mosseri telah banyak mengalami perubahan yang signifikan. Hal itu dapat kita lihat dengan jelas melalui berbagai fitur terbaru yang mereka rilis.
Bahkan di tahun 2023 ini saja, setidaknya ada 4-5 fitur revolusioner yang dikeluarkan. Dimulai dari fitur Restrict, Audio Trending, Channel, Subscription, Gift, Avatar, Screenshot story yang bakal ketahuan, Threads, Notes, dan lain-lain.
Baca Juga: Daftar Fitur Terbaru Instagram
Tidak heran jika pengguna Instagram di seluruh dunia terus bertambah. Indonesia sendiri tercatat sebagai negara keempat terbesar di dunia dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak, mencapai angka 109.33 juta jiwa.
Sayangnya, banyaknya fitur yang dirilis dan besarnya jumlah pengguna Instagram bukanlah jaminan bahwa strategi Instagram marketing Anda akan berjalan dengan sukses. Diperlukan perencanaan konsep konten yang matang agar audiens benar-benar tertarik untuk Follow, Like, Share dan mencoba produk Anda.
Ya, menjalankan Instagram marketing bukanlah perkara yang mudah. Untuk membantu Anda, berikut ini adalah 5 tips jitu jalankan Instagram Marketing Anti Gagal. Penasaran apa saja?.
Tips Instagram Marketing Anti Gagal
1. Menentukan Tujuan Instagram Marketing Terlebih Dahulu
Langkah pertama yang mesti Anda lakukan pertama kali adalah dengan menetapkan tujuan. Langkah ini penting Anda rumuskan, karena dengan itu proses pelaksanaan Instagram marketing jadi lebih sistematis. Konten-konten yang direncanakan pun benar-benar dapat mengarahkan audiens pada sisi terdalam marketing funnel Anda.
Ada banyak tujuan pebisnis menjalankan Instagram marketing ini. Ada yang menjalankannya untuk bisa mendapatkan;
- Peningkatan brand awareness.
- Mendapatkan lead.
- Link building ke website utama.
- dan lain-lain.
2. Memilih Strategi yang Tepat
Ada banyak strategi Instagram marketing yang bisa Anda terapkan. Dimulai dari strategi 302, 80/20, 502, dan lain-lain. Untuk Anda yang masih pemula, bisa saja menerapkan strategi 80/20. Apa itu strategi 80/20?.
80 merujuk pada taktik bahwa 80% konten di Instagram harus bersifat informasi kepada audiens. Sedangkan 20 merujuk pada taktik bahwa 20% konten di Instagram harus bersifat promosi.
Baca Juga: Apa itu Strategi 502 Instagram?
Mudahnya, konten tentang soft selling lebih banyak ketimbang konten tentang hard selling. Apalagi jika bisnis yang coba Anda tawarkan kepada audiens berbentuk produk non fisik (jasa).
3. Timeline yang Rapi
Berikutnya adalah dengan merancang timeline konten yang rapi. Untuk langkah yang satu ini, Anda bisa menggunakan tools seperti Trello, Asana, Google Sheets, Microsoft Teams, Notion dan lain-lain. Karena konten Instagram nantinya akan berbentuk feed, sebisa mungkin untuk memastikan setiap konten tampil dengan rapi.
Jangan lupa juga untuk sisipkan konten khusus untuk perayaan atau peringatan hari-hari besar.
4. Penggunaan Budget Iklan yang Tepat
Berikutnya dalam tips dan trik Instagram marketing anti gagal adalah dengan menghitung penggunaan budget iklan yang tepat. Hal ini penting dilakukan, apalagi jika Anda memutuskan untuk menggunakan Instagram Ads. Maksimalkan dengan budget iklan yang Anda miliki dengan tujuan yang telah ditetapkan.
5. Menggunakan Hashtag yang Menarik
Yang terakhir adalah dengan menggunakan hashtag yang menarik. Bukan hanya menarik, tapi juga tertarget serta relevan. Anda bisa menggunakan berbagai jenis taktik penggunaan hashtag. Salah satunya adalah mixed hashtag.
Apa itu mixed hashtag?. Mixed hashtag sendiri adalah strategi penggunaan hashtag, yang hashtag tersebut memiliki search volume tinggi dan rendah. Artinya dicampur antara hashtag yang memiliki search volume yang tinggi dengan search volume yang rendah.
Semisal ketika Anda menggunakan hashtag dengan jumlah 15, Anda bisa membagi hashtag yang Anda gunakan tersebut ke dalam 3 bagian.
Yakni 5 hashtag pertama untuk hashtag dengan search volume tinggi, 5 hashtag kedua dengan jumlah search volume rendah, dan 5 hashtag yang terakir untuk hashtag yang spesifik dengan niche akun Instagram Anda.
Inilah penjelasan lengkap tentang tips dan trik Instagram Marketing Anti Gagal. Kunci penting dari 5 tips ini adalah bagaimana Anda dapat menjalankannya dengan konsisten.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Instagram Terbaik, hubungi segera Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] potensial untuk bisnis. Bisa dibilang bahwa ini adalah langkah paling awal sebelum Anda melakukan Instagram marketing. Anda harus dapat menentukannya terlebih […]