Semua Hal Tentang Channel Instagram – Instagram adalah salah satu media sosial terpopuler di dunia. Popularitas Instagram sekarang ini bersaing ketat dengan media sosial lain seperti TikTok, Twitter, dan juga YouTube. Hal ini dapat tergambarkan dengan jelas melalui jumlah pengguna Instagram yang setiap tahun terus bertambah.
Di Indonesia sendiri, jumlah pengguna Instagram telah mencapai angka 109.33 juta jiwa. Angka ini sekaligus menjadikan Indonesia sebagai negara keempat terbesar di dunia dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak. Hanya kalah dari India, Amerika Serikat, dan juga Brazil.
Ada banyak alasan mengapa Instagram terus diminati oleh netizen, salah satunya adalah Instagram yang tidak pernah berhenti memberikan inovasi fitur terbaru. Salah satu dari sekian banyak fitur inovasi terbaru tersebut adalah fitur Channel.
Baca Juga: Hal-Hal Terlarang dalam Instagram
Fitur channel adalah salah satu fitur terbaru dari Instagram yang dirilis di tahun ini. Fitur ini berguna untuk memudahkan pengguna mengirimkan pesan ke banyak followersnya sekaligus (broadcast). Pesan yang dikirimkan pun beragam, bisa teks, link website, gambar, audio dan juga pastinya video.
Berikut ini adalah contohnya
Lalu apa saja sih manfaat dari fitur ini, bagaimana cara membuatnya, dan bagaimana cara tepat untuk mengoptimalkannya?. Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang semua hal yang harus Anda ketahui dari Instagram Channel. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Semua Hal Tentang Instagram Channel
Manfaat
1. Bantu Anda Ciptakan Brand Identity
Yang pertama adalah membantu Anda untuk ciptakan brand identity yang kuat. Melalui fitur ini Anda bisa menciptakan identitas brand yang informatif dan dekat dengan followers. Keterlibatan followers dalam akun Anda bisa terus meningkat, terutama soal interaksi yang mereka lakukan di konten Instagram Anda.
2. Membantu Anda untuk Tingkatkan Customer Loyalty
Kedua adalah membantu Anda untuk tingkatkan customer loyalty. Tingkat churn rate atau akun yang unfollow akun bisnis Anda bisa berkurang dengan drastis. Hal ini bisa saja terjadi terlebih jika di dalam fitur broadcast channel Anda selalu menyematkan informasi spesial.
Seperti giveaway khusus followers, program diskon khusus followers, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menciptakan komunitas baru yang setia dengan brand Anda.
3. Niche Konten Akun Anda Lebih Mudah Dimengerti Algoritma Instagram
Ketiga, adalah bantu niche konten Anda lebih mudah dimengerti oleh algoritma Instagram. Algoritma Instagram mempertimbangkan segala hal terkait interaksi pengguna untuk tentukan relevansi konten.
Apabila niche konten Anda adalah tentang bisnis fashion, dan mendapatkan banyak interaksi dari akun yang memiliki minat tinggi di kategori fashion, maka visibilitas akun pada niche tersebut tentunya akan jadi lebih tinggi.
Konten Anda akan lebih sering tampil di explore pengguna Instagram yang punya minat relevan. Hal ini tentunya memudahkan Anda lakukan targeting audiens.
Cara Membuat
- Pastikan terlebih dahulu Anda mengupgrade aplikasi Instagram.
- Setelah itu ke profil Anda. Klik icon plus, dan setelahnya pilih Saluran
- Lanjutkan proses yang ada dengan klik tombol mulai
- Tentukan nama saluran yang Anda inginkan. Setelah itu tekan tombol Buat saluran siaran.
- Inilah hasil percobaannya. Anda bisa memulai obrolan yang ada di fitur ini melalui Video Sambutan, Tanyakan Apa Saja, Rekam Suara, atau bahkan dengan selfie.
- Untuk menghapus siaran yang ada, tekan icon nama broadcast channel Anda, lalu pilih Akhiri.
Cara Mengoptimalkan
1. Perjelas Kesan Eksklusif. Meskipun isi pesan dari Channel Instagram hanya bisa dilihat oleh followers, yang artinya sudah eksklusif, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakannya jadi lebih eksklusif lagi.
Usahakan untuk memberikan konten eksklusif yang itu tidak ada di feed Instagram Anda. Atau bisa juga dengan menggunakan strategi anggota Channel dapat melihat konten Anda terlebih dahulu sebelum benar-benar diupload di feed. Semisal konten itu baru akan diupload di feed 24 jam setelah diupload di channel Instagram.
2. Giveaway Terselubung. Yang kedua adalah dengan melakukan giveaway terselubung. Strategi ini sendiri terinspirasi dari salah satu influencer tanah air Irfan Ghafur. Dengan menggunakan strategi ini, Anda tidak perlu lagi membuat desain khusus untuk konten pengumuman mulainya giveaway dan pemenang giveaway.
3. Memaksimalkan Fitur Collaboration. Anda bisa mengajak akun bisnis lain, yang sekiranya relevan dengan niche konten Anda.
4. Manfaatkan Fitur Polling untuk Melibatkan Audiens dalam Proses Content Marketing. Ya, Anda bisa memanfaatkan fitur polling untuk bertanya tentang jenis konten apa yang disukai oleh followers Anda. Anda tentunya bisa bertanya hal-hal lain.
Baca Juga: Cara Menjalankan User Generated Content
Inilah penjelasan lengkap tentang semua hal yang harus Anda ketahui dari Instagram Channel.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Instagram Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.