Kapan Harus Melakukan Research Keyword. Keyword research adalah salah satu bagian penting yang pasti akan Anda pelajari ketika menjalankan strategi SEO. SEO sendiri adalah kependekkan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine.
Ilmu ini biasanya difokuskan pada search engine terpopuler yakni Google, meskipun bukan berarti search engine seperti Bing, Baidu, Yandex, dan lain-lain dapat diabaikan. Kita pasti sudah mengetahui manfaat besar yang bisa didapatkan dari keyword research ini. Beberapa di antaranya mungkin sudah Anda hafal ya, seperti keyword research yang bermanfaat untuk;
- Mengetahui tren perilaku user dan topik populer yang mengarahkan pengunjung ke website utama.
- Website bisa menargetkan keyword yang relevan sesuai dengan kebutuhan promosi bisnis.
- Dapat membantu website utama untuk mendapatkan lebih banyak traffic, lead dan juga konversi bisnis.
- Memudahkan Anda melakukan pengukuran performa website pada keyword utama bisnis.
Saking pentingnya manfaat keyword research untuk website, banyak kelas digital marketing yang menaruh perhatian lebih pada proses ini di bagian awal materinya. Peserta pelatihan biasanya akan diajarkan banyak hal tentang cara keyword research yang baik.
Mempelajari jenis-jenis daripada keyword, memilih keyword yang relevan dengan niche website, serta optimalisasi keyword di dalam konten. Tidak jarang bahkan banyak SEO marketer sepuh, yang mewajibkan proses keyword research ini di dalam proses kampanye SEO.
Lantas benarkah anggapan ini?.
Baca Juga: Apakah Web Hosting Memengaruhi SEO Website?
Benarkah bahwa kita diwajibkan untuk selalu melakukan keyword research sebelum menuliskan sebuah konten website?. Berikut ini adalah pembahasan lengkapnya, simak baik-baik ya!.
Benarkah Keyword Research itu Wajib?
Keyword research untuk proses SEO website, sangatlah diperlukan. Kegiatan ini wajib dilakukan terlebih jika konten website yang Anda kreasikan, ditujukan untuk dapat perform di SERP (Search Engine Result Page). Contohnya saja ketika Anda ingin menuliskan konten artikel promosi tentang Jasa Reparasi Komputer.
Anda ingin website yang dimiliki tampil di urutan teratas pada hasil pencarian keyword tersebut. Maka kamu harus melakukan keyword research yang mendalam. Termasuk di dalamnya adalah memperhatikan kualitas konten web kompetitor untuk tujuan keyword yang sama.
Keyword research juga diperlukan untuk kegiatan SEO lainnya seperti Local SEO. Local SEO sendiri adalah teknik optimasi website yang yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Proses keyword research tentu akan memudahkan strategi Local SEO web Anda tampil pada target audience yang tepat.
Keyword research menjadi tidak diperlukan apabila konten yang Anda kreasikan tidak ditujukan untuk dapat perform di SERP. Semisal saja website yang berisikan tulisan curhat, traveling, blog atau press release perusahaan.
Semua konten yang dikreasikan pada jenis website seperti itu, umumnya akan difokuskan pada satu keyword saja, yakni branded keyword atau domain website tersebut. Melakukan keyword research untuk konten-konten seperti tadi, jelas hanya akan membuang-buang waktu Anda saja. Anda hanya perlu fokus untuk membuat konten yang berkualitas dan juga enak dibaca.
Dari sini, sebenarnya kita sudah bisa mendapatkan jawaban pasti tentang wajibkah keyword research dilakukan.
Seberapa Sering Kita Harus Melakukan Keyword Research?
Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, lakukan keyword research ketika konten yang Anda tuliskan ditujukan untuk perform. Terkait periode waktunya, tergantung dari tujuan dan strategi konten yang Anda tetapkan. Tetapi, penulis sendiri biasanya melakukan keyword research ini 3-6 bulan sekali.
Hasil dari keyword research ini kemudian dapat Anda gunakan untuk menyusun keyword mapping yang tepat. Anda dapat menggunakan berbagai tools digital yang ada untuk menyusunnya. Sebut saja salah satunya adalah Creately. Atau Anda bisa saja menggunakan tools sederhana seperti Excel.
Di setiap peta keyword tersebut, jangan lupa untuk tuliskan konten-konten apa saja yang mau Anda tuliskan. Jangan lupa bahwa setiap konten harus memiliki target keyword unik yang masih relevan dengan target keyword utama.
Jangan Terpaku Pada Keyword Research!
Tambahan, meskipun keyword research itu sangat penting untuk SEO, tetapi Anda jangan hanya terpaku pada proses ini saja. Terlebih lagi jika website yang ingin Anda kembangkan masih baru. Tentu Anda akan lebih banyak menggunakan low-hanging fruit keyword.
Baca Juga: Bagaimana Cara Optimasi Low-Hanging Fruit Keyword
Strategi optimasi website yang fokus pada keyword dengan tingkat persaingan rendah dengan search volume yang juga rendah. Prinsip dari low-hanging fruit keyword ini kurang lebih sama seperti “Tidak apa-apa untung sedikit, tetapi banyak”.
Nah, tools-tools digital seperti Ahrefs Moz, Semrush, dan bahkan Google Keyword Planner terkadang tidak dapat menangkap dengan baik data search volume pada low-hanging fruit keyword.
Hal ini tentunya akan menimbulkan keraguan tersendiri untuk Anda yang awalnya ingin menerapkan strategi low-hanging fruit keyword. Lagi pula, data yang dihasilkan dari tools keyword research tertentu, dapat berbeda satu sama lain.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu keyword research?. Proses analisis keyword yang relevan untuk kampanye website bisnis.
- Apa manfaatnya melakukan keyword research?. Salah satunya adalah kita dapat mengetahui tren perilaku user dan topik populer yang mengarahkan pengunjung ke website utama.
- Kapan harus melakukan research keyword?. Ketika konten yang Anda kreasikan ditujukan untuk dapat perfom.
- Apakah website dengan isi blog curhat atau press release perusahaan perlu dilakukan keyword research?. Sebaiknya tidak, karena website dengan jenis-jenis seperti itu, hanya memerlukan branded keyword.
Inilah penjelasan lengkap tentang kapan kita harus melakukan keyword research. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.