Alasan Traffic Website Menurun – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine, melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Ilmu ini biasanya difokuskan pada search engine terpopuler di dunia yakni Google.
Di dalam prosesnya, ada banyak hal penting yang perlu Anda pelajari. Terlebih yang menyangkut pada 4 metode SEO utama, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Technical SEO dan juga Local SEO. Masing-masing dari 4 strategi SEO utama tersebut, harus dapat Anda pelajari dan jalankan secara maksimal.
Lalu, bagaimana Anda tahu jika proses pemaksimalan 4 metode SEO tersebut berhasil atau tidak?. Jawabannya adalah dengan mempelajari metrik-metrik penting serta menetapkan nilai standarnya tersendiri, sesuai dengan tujuan website bisnis. Metrik sendiri adalah metode pengukuran kuantitatif, seperti rata-rata, rasio dan juga persentase.
Di dalam SEO, ada banyak metrik penting yang bisa Anda pelajari dan tetapkan sebagai standar keberhasilan kampanye SEO. Satu di antara banyak metrik penting tersebut adalah metrik traffic website. Apa itu traffic website?. Traffic website adalah metrik yang digunakan untuk dapat mengukur jumlah pengunjung yang datang ke website utama dalam periode atau kurun waktu tertentu.
Dapat dikatakan bahwa metrik ini menjadi metrik yang paling sering jadi patokan keberhasilan kampanye SEO. Tetapi, perlu diingat bahwa keberhasilan pada metrik ini, didorong pada performa website yang juga mumpuni pada metrik-metrik penting lainnya. Seperti dwell time, page views, engagements, dan lain-lain.
Tantangan terbesar untuk metrik ini sebenarnya bukanlah bagaimana cara meningkatkannya. Tetapi berpikir, bagaimana cara traffic websitenya bisa stabil dan cenderung terus menanjak.
Naik dan turunnya traffic website itu biasa. Tetapi, apabila proses penurunan traffic website yang terjadi sangat drastis, maka pasti ada sesuatu yang salah. Anda harus segera melakukan perbaikan kualitas konten website. Lantas, apa alasan traffic website menurun?.
Penasaran jawabannya?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Apa Saja Alasan Traffic Website Menurun?
Secara garis besar, kita dapat mengatakan bahwa alasan traffic website menurun terdiri dari 2 jenis faktor. 2 jenis faktor tersebut adalah Faktor yang Bisa Anda Kontrol, dan Faktor yang Tidak Anda Bisa Kontrol. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya, simak baik-baik ya!.
Faktor yang Bisa Anda Kontrol
1. Kualitas Konten Website
Ya, kualitas konten website yang rendah biasanya akan berdampak pada menurunnya traffic website. Hal ini wajar saja terjadi dikarenakan konten berkualitas rendah tidak dapat memenuhi search intent dari pengunjung. Konten berkualitas rendah biasanya memiliki sifat clickbait yang hanya menang di bagian judul konten saja.
Konten seperti ini pasti akan memberikan dampak yang buruk untuk website. Salah satunya adalah “membantu” website untuk mendapatkan peningkatan bounce rate yang tinggi. Bounce rate sendiri metrik yang digunakan untuk menggambarkan persentase pengunjung website yang langsung beralih ke SERP setelah membuka halaman web Anda. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin buruk dampak yang website Anda dapatkan.
Baca Juga: Cara Membuat Konten Website yang Berkualitas
Tingginya bounce rate akan sangat memengaruhi jatah crawling yang didapatkan oleh website Anda. Website Anda tidak lagi diprioritaskan untuk mendapatkan kesempatan masuk ke dalam proses indexing. Pada akhirnya, website bisnis yang Anda rancang menjadi sia-sia karena visibilitasnya yang rendah.
2. Loading Speed Rendah
Alasan kedua pada faktor yang pertama ini adalah loading speed website yang rendah. Ini juga jadi salah satu alasan besar mengapa bounce rate yang dimiliki website tinggi. Loading speed website yang rendah disebabkan oleh banyak hal.
Yang paling umum tentu saja adalah kualitas file server website dan bandwidth yang tidak memadai. Semakin lama konten website dapat diakses oleh pengunjung, maka semakin buruk pula page experience yang didapatkan. Ingat, bahwa page experience adalah salah satu faktor ranking SEO yang sudah dikonfirmasi oleh Google.
3. Desain dan Navigasi Website yang Membingungkan
Alasan ketiga adalah desain dan navigasi website yang membingungkan. Ini juga menjadi sebab mengapa page experience yang dimiliki sebuah website rendah. Desain yang tidak ramah dengan pengunjung, tidak responsive atau mobile friendly jelas akan menyulitkannya untuk perform, karena terbatasnya nilai aksesibilitas yang dimiliki.
Ditambah lagi navigasi website yang kacau. Banyaknya dead link di dalam website tentu akan memberikan bad experience pada pengunjung. Navigasi website yang MinTiv maksud di sini tidak hanya terbatas pada navigasi website di bagian header, footer, atau sidebar saja.
Tetapi juga navigasi website yang meliputi internal link dan outbound link. Ya, ini meliputi tentang struktur desain konten website secara keseluruhan. Apabila website memiliki banyak orphaned content di dalamnya, maka sulit untuknya bisa perform.
4. Anda Menjalankan Strategi Black Hat SEO
Alasan keempat adalah Anda yang secara tidak sadar atau sadar menjalankan strategi Black Hat SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh teknik penerapannya menyalahi aturan daripada search engine. Satu di antara banyak teknik dari Black Hat SEO ini adalah dengan melakukan keyword stuffing.
Baca Juga: Apa Saja Teknik SEO yang Termasuk Black Hat SEO?
Memang di beberapa kasus, website yang menerapkan cara ini bisa dengan mudah mendapatkan peningkatan traffic yang drastis. Tapi, itu tidak akan berlangsung lama, karena Google selalu punya cara terbaik untuk menghadapi orang-orang culas yang menerapkan Black Hat SEO.
Faktor yang Tidak Bisa Anda Kontrol
1. Google Melakukan Update
Alasan pertama untuk jenis faktor yang kedua ini adalah Google yang melakukan update algoritma. Ya, ini jelas alasan menurunnya traffic website yang tidak bisa Anda kontrol. Sekalipun Anda adalah karyawan dari Google itu sendiri. Google melakukan update algoritmanya semata-mata hanya untuk meningkatkan kualitas pencarian informasinya.
Peningkatan ini juga dimaksudkan agar webmaster yang bermain culas dengan Black Hat SEO semakin menderita. Akhir-akhir ini juga, kita telah melihat berbagai perubahan drastis yang Google lakukan pada SERPnya. Semisal menempatkan hasil pencarian dari sistem AI.
2. Keinginan Target Pasar yang Memang Cepat Berubah
Alasan kedua untuk jenis faktor yang kedua ini adalah keinginan target pasar Anda yang memang cepat berubah. Sudah barang tentu ini menjadi alasan menurunnya traffic website yang tidak bisa Anda kontrol.
Yang bisa Anda lakukan adalah mengalir bersama dengan keinginan pasar tersebut, alias menjalankan bisnis yang fleksibel dan cepat beradaptasi. Menjadi idealis di target pasar yang cenderung FOMO (Fear of Missing Out) itu sulit.
3. Kebiasaan Browsing
Terakhir, adalah kebiasaan browsing dari target pasar yang berubah. Hadirnya integrasi search engine dengan AI sebenarnya cukup sukses membuat ngeri-ngeri sedap webmaster. Di mana zero click berpeluang menjadi lebih besar daripada sebelumnya.
Hal ini wajar mengingat AI dapat menampilkan informasi yang dicari pengguna lengkap di SERP, tanpa mereka harus masuk ke dalam sumber utama konten websitenya.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu traffic website?. Metrik yang digunakan untuk dapat mengukur jumlah pengunjung yang datang ke website utama dalam periode atau kurun waktu tertentu.
- Apa saja tools untuk dapat melihat traffic website?. SEMrush, Ahrefs, Google Analytics, Ubersuggest, dan lain-lain.
- Penyebab atau alasan traffic website menurun drastis?. Terdiri dari 2 faktor utama, yakni faktor yang bisa Anda kontrol dan yang tidak bisa Anda kontrol.
- Apa yang harus dilakukan jika traffic website Anda tiba-tiba menurun drastis?. Silahkan baca lengkap melalui link artikel ini.
Inilah penjelasan lengkap tentang alasan traffic website menurun drastis. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Kelola Website Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Kapan Kita Harus Melakukan Keyword Research?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.