Cara Mengatasi Traffic Website Anjlok – Ada banyak metrik penting yang mesti Anda ketahui ketika menjalankan SEO marketing. Salah satunya adalah metrik traffic website.
Bahkan bisa dibilang bahwa metrik ini menjadi penilaian utama apakah SEO marketing yang dilakukan berhasil atau tidak. Traffic website sendiri adalah jumlah pengunjung website yang didapatkan dalam kurun waktu tertentu.
Metrik ini dapat kamu ketahui melalui berbagai tools SEO, sebut saja salah satunya adalah SEMrush.
Ada banyak hal yang mempengaruhi naik turunnya metrik ini.
Salah satunya adalah perubahan algoritma terbaru Google. Ini menjadi salah satu sebab naik turunnya traffic website yang tidak dapat kita kontrol. Pada umumnya, perubahan algoritma Google ini akan memberikan dampak penurunan traffic website.
Hal ini wajar mengingat Google akan merefresh kembali hasil SERPs di tiap keyword. Bisa jadi konten Anda yang awalnya berada di halaman pertama Google harus rela kurun kasta di halaman kedua.
Meskipun tidak dapat dihindari, tetapi kita mampu memberikan aksi nyata sebagai respons terbaik agar traffic website yang anjlok bisa kembali normal. Lalu bagaimana cara mengatasi traffic website yang anjlok karena perubahan algoritma Google?.
Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya untuk Anda;
5 Cara Mengatasi Traffic Website Anjlok
1. Fokus Pada Tema yang Spesifik
Cara yang pertama adalah mulai banyak memproduksi konten untuk 1 tema yang spesifik. Yang tema tersebut benar-benar relevan dengan niche bisnis yang dijalankan.
Jangan pernah menjalankan website dengan isi konten gado-gado apabila Anda tidak memiliki kualifikasi yang cukup pada bahasan tersebut. Google dapat membaca Expertise kepemilikan website melalui halaman about.
Dan jika latar belakang Anda tidak relevan dengan topik yang dibahas, semisal Anda adalah ahli digital marketing namun malah membahas soal perikanan, tentu nilai Expertise-nya akan rendah. Lalu, apa jadinya jika website Anda memang ditujukan untuk konten gado-gado?.
Anda bisa mengakali hal ini dengan benar-benar melakukan riset mendalam terkait konten yang akan dituliskan. Tapi jelas ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Saran terbaik MinTiv tetap adalah Anda yang menuliskan konten sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
2. Perkuat Branding Anda
Selanjutnya adalah dengan memperkuat branding Anda. Gunakan nama domain website yang selaras dengan topik konten. Semisal topik konten Anda adalah seputar tips dan trik merawat kucing, dan domain website adalah tahukucing.com.
Atau jika pun tidak, semisal memiliki nama unik layaknya Creativism, pastikan semua elemen link building–nya memiliki nama brand yang sama. Baik itu media sosial Instagram, Facebook, TikTok, Twitter dan lain-lain. Pengguna akan lebih suka mencari informasi pada website dengan brand ternama dan sudah terkenal.
3. Buat Halaman About Us yang Menarik
Cara ketiga berhubungan erat dengan cara yang pertama. Halaman about us sangat penting dikreasikan karena mampu menjelaskan siapa Anda, mengapa website dibuat dan apa saja manfaat yang bisa diperoleh.
Ini penting untuk memenuhi poin Trustworthiness pada algoritma Google E-E-A-T.
4. Memastikan Tampilan Website Sudah Profesional dan Mobile Friendly
Berikutnya adalah memastikan bahwa tampilan website sudah profesional dan pastinya mobile friendly. Anda dapat mengecek performa website pada poin mobile friendly melalui tools seperti GTMetrix atau Google Pagespeed Insights.
Baca Juga: Cara Membaca Data Hasil Google PageSpeed Insights
Pastikan bahwa website Anda tersebut tidak memiliki konten yang dapat mengganggu pandangan pengunjung ataupun kenyaman pengunjung saat membaca konten. Hindari penggunaan iklan berbentuk pop up, apalagi redirect pop up ads otomatis.
5. Menerapkan Strategi Low-Hanging Fruit Keyword
Yang terakhir adalah dengan menerapkan strategi low-hanging fruit keyword.
Apa itu?.Low-hanging fruit keyword adalah buah yang paling rendah di pohon, dan gampang untuk dipetik.
Ditambah kata keyword, maka maknanya berubah menjadi keyword yang paling mudah dioptimalkan karena pencariannya yang rendah. Bahkan, ada yang mengartikan bahwa jenis keyword ini adalah keyword yang pada konten-konten yang berada di halaman 2 hingga 3 Google SERP.
Meskipun terkadang masuk di halaman 1 Google tetapi berada di rank atau baris 10.
Tips Tambahan
Jangan lupa untuk memastikan bahwa setiap konten yang Anda produksi tersebut memiliki nilai keunikan tersendiri. Jauh dari kata plagiat apalagi duplikasi. Lakukan kelima cara di atas ini secara konsisten dan jadwalkan setiap konten agar dapat tampil berurutan dan sistematis.
Jangan lupa untuk memaksimalkan penggunaan internal link. Hal ini penting untuk menghindari orphaned content dan memudahkan Google untuk mengindeks lebih banyak konten website Anda.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara mengatasi traffic website yang anjlok akibat perubahan algoritma Google. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi Creativism.
Baca Juga: Estimasi Harga Jasa SEO
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.