Konten SEO Friendly yang Menjual. Salah satu tujuan utama pebisnis ketika menjalankan SEO sebagai channel marketingnya, tentu saja adalah untuk bisa mendapatkan peningkatan metrik lead dan konversi dari website bisnis. Tujuan seperti ini tentu saja bisa diraih melalui strategi SEO. Terlebih lagi jika metode SEO yang dijalankan memang menjurus langsung ke kedua metrik penting tersebut.
Satu dari sekian banyak metode SEO yang menjurus ke kedua metrik ini adalah membuat konten SEO Friendly yang menjual. Sayangnya, kebanyakan pebisnis, terutama pemula di bidang SEO kurang mengerti bagaimana caranya membuat konten SEO friendly yang menjual.
Baca Juga: Strategi SEO untuk Bisnis Lokal
Mereka hanya fokus untuk membuat konten yang SEO friendly saja, alias hanya fokus untuk kegiatan transfer brand knowledge. Tidak salah memang. Tapi, Anda tidak akan bisa mendapatkan manfaat SEO secara maksimal.
Nah, untuk membantu masalah Anda ini, MinTiv akan menjelaskan 7 tips sederhana, cara membuat konten SEO friendly yang menjual. Penasaran apa saja tipsnya?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
ToggleCara Membuat Konten SEO Friendly yang Menjual
1. Lakukan Riset Kata Kunci
Tips pertama untuk Anda bisa membuat konten SEO friendly yang menjual adalah dengan melakukan riset kata kunci mendalam. Untuk tips yang pertama ini, Anda bisa mengandalkan tools seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, SEMrush, Ubersuggest atau yang lainnya. Pelajari baik-baik setiap search intent dari kata kunci tertarget.
Karena tujuan utama kita adalah untuk meningkatkan lead dan konversi, maka pastikan Anda memilih kata kunci dengan search intentnya berjenis transaksional atau komersial. Jangan lupa untuk mempertimbangkan Latent Semantic Indexing Keyword dari kata kunci utama yang terpilih.
2. Pilih Judul yang Menarik dan Mengandung Kata Kunci
Tips yang kedua adalah memilih judul konten yang benar-benar menarik. Sebisa mungkin untuk menyematkan kata kunci utama di dalam judul konten. Adapun untuk bagian judul, ada banyak teknik penulisan yang bisa Anda gunakan. MinTiv sendiri sudah menerangkan beberapa teknik penulisan judul konten melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Menuliskan Judul Konten yang Menarik Perhatian Banyak Pengunjung Web
3. Struktur Konten yang Mudah Dipahami
Tips yang ketiga adalah memastikan struktur konten yang dimiliki, mudah dipahami oleh target audience Anda. Anda bisa saja membuat template konten terlebih dahulu. Seperti menentukan urutan sub topik di dalamnya, semisal setiap konten harus memiliki kesimpulan atau FAQ nya tersendiri.
Gunakan subjudul tag H2 dan H3 untuk membantu meningkatkan struktur dan hierarki konten. Tag H2 dan H3 ini dapat membantu Google lebih mudah memahami konten website Anda. Ini akan berimbas pada mudah dan cepatnya konten terindeks.
4. Optimalkan Konten Visual dan Multimedia
Berikutnya adalah dengan memanfaatkan konten dari jenis elemen multimedia lainnya. Seperti gambar, audio, animasi atau video. Penggunaan elemen multimedia ini, akan membantu konten mendapatkan lebih banyak dwell time. Jangan lupa untuk selalu menyematkan alt text pada gambar yang Anda masukan di dalam konten. Untuk alt text ini, Anda bisa juga menyematkan kata kunci utama di dalamnya.
5. Gunakan Internal dan Eksternal Link Secara Strategis
Berikutnya adalah dengan memberikan internal dan eksternal link yang relevan, sesuai dengan topik utama konten yang Anda buat. Pastikan Anda memberikan kedua jenis link secara strategis, dan dapat memicu lebih banyak interaksi dari pengunjung website. Banyaknya interaksi pengunjung website ini, akan membantunya dalam metrik engagements.
6. Perbanyak Konten Lokal
Menjelang akhir dari tips cara membuat konten SEO friendly yang menjual, adalah Anda yang harus lebih banyak memproduksi konten-konten lokal. Di mana konten yang ditujukan untuk metode Local SEO lebih banyak. Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang mengandung nama daerah atau area bisnis, dari lokasi fisik bisnis Anda berada.
Semisal Anda adalah pebisnis Cafe di Sleman, Jogja. Maka Anda bisa membuat konten lokal seperti “5 Rekomendasi Cafe Nyaman di Sleman untuk Mahasiswa Mengerjakan Tugas”.
7. Pelajari Lebih Banyak SEO Copywriting
Terakhir, adalah dengan mempelajari lebih banyak tentang SEO Copywriting. SEO Copywriting adalah proses pembuatan artikel SEO friendly yang tidak hanya memenuhi search intent keyword yang ditargetkan. Melainkan juga mengandung nilai-nilai dari teknik copywriting. Outputnya adalah membuat konten artikel mudah dipahami oleh crawler tapi tidak monoton dan enak dibaca oleh manusia.
Anda bisa membaca lebih banyak tentang SEO Copywriting ini melalui klik link artikel di bawah;
Baca Juga: Apa itu SEO Copywriting dan Bagaimana Cara Menjalankannya?
FAQ Seputar Konten
- Apa itu konten SEO-friendly?. Konten SEO-friendly adalah konten yang dioptimalkan untuk mesin pencari agar lebih mudah ditemukan, dengan penggunaan kata kunci yang relevan dan struktur yang jelas
- Mengapa riset kata kunci penting dalam membuat konten SEO-friendly?. Riset kata kunci membantu Anda dalam menentukan istilah pencarian yang paling relevan dan berpotensi menarik audiens
- Seberapa sering konten SEO-friendly perlu diperbarui?. Konten sebaiknya diperbarui secara berkala, seperti per kuartal atau saat ada informasi baru, untuk memastikan tetap relevan dan mempertahankan peringkat di mesin pencari.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara membuat konten SEO friendly yang menjual. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik lengkap dengan layanan Local SEO nya, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Jogja Terbaik, Lengkap dan Tepercaya
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.