Strategi SEO untuk Bisnis Lokal – SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, search engine terpopuler di dunia. Ilmu optimasi website ini diterapkan bersamaan sebagai bagian dari strategi marketing. Hal ini wajar mengingat SEO mampu menjadikan website bisnis lebih optimal.
SEO mampu menjadikan website sebagai tools untuk pebisnis mendapatkan metrik lead dan konversi secara maksimal. Tentu saja ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari penerapan SEO marketing ini di dalam website bisnis. Satu hal yang pasti, SEO mampu menawarkan Anda return on investment maksimal dengan biaya yang minimal.
Di dalam prosesnya, Anda diwajibkan untuk dapat memahami setidaknya 4 metode SEO penting yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO dan juga Technical SEO. Apabila tujuan Anda menjalankan website adalah untuk menunjang performa bisnis lokal, maka metode yang paling banyak Anda perhatikan, sudah pasti adalah Local SEO.
Local SEO sendiri adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal, terdekat dengan lokasi fisik bisnis.
Ada banyak seluk beluk teknik dari metode SEO ini yang harus Anda pelajari demi dapat mengembangkan bisnis lokal. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang 6 strategi SEO yang cocok diterapkan untuk bisnis lokal. Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
Toggle6 Strategi SEO untuk Bisnis Lokal
1. Optimasi Google My Business (GMB)
Strategi SEO untuk bisnis lokal yang pertama adalah dengan mengoptimalkan penggunaan Google My Business. Ya, Google My Business atau sering disingkat dengan GMB adalah aset penting dalam metode Local SEO. Anda bisa memulai perjalanan optimasi bisnis lokalnya dengan mengklaim dan mengoptimalkan profil GMB nya.
Pastikan Anda mengisi kolom profil yang ada dengan keterangan yang jelas dan juga pastinya menarik. Berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda mengisi profil GMB nya.
- Pastikan informasi yang diberikan akurat dan terperinci. Isi nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan jam operasional dengan benar. Jika ada perubahan, selalu perbarui.
- Gunakan kata kunci lokal yang relevan dengan lokasi bisnis Anda seperti “Warung Ikan Terdekat dari [nama kota].”
- Maksimalkan penggunaan Google Review. Ajak lebih banyak pelanggan Anda untuk meninggalkan review atas pelayanan yang telah diberikan. Review positif yang Anda dapatkan, akan memperkuat reputasi bisnis dan itu akan meningkatkan peringkat website di GMB.
2. Gunakan Lebih Banyak Kata Kunci Lokal
Strategi SEO untuk bisnis lokal yang kedua adalah dengan menggunakan lebih banyak kata kunci lokal sebagai target optimasi konten atau halaman website Anda. Selalu masukan nama daerah atau area bisnis di mana lokasi fisik bisnis Anda berada. Jika Anda adalah pengusaha cafe di Jogja, tepatnya di jalan Timoho, maka Anda bisa saja menggunakan kata kunci seperti “Cafe Terdekat di Jalan Timoho, Jogja”.
Baca Juga: Belajar Cara Riset Keyword SEO untuk Pemula
Untuk bisa menemukan kata kunci lokal yang tepat sasaran, Anda bisa mengikuti 2 tips sederhana di bawah ini;
- Gunakan tools seperti Google Keyword Planner atau SEMrush untuk menemukan kata kunci yang sering digunakan di daerah Anda.
- Lakukan kombinasi kata kunci dan juga layanan atau produk yang Anda miliki. Semisal “Toko Jaket Anime di Jogja”.
3. Perbanyak Produksi Konten Lokal
Berikutnya adalah dengan memperbanyak produksi konten lokal. Dapat MinTiv katakan bahwa ini adalah kelanjutan dari strategi SEO sebelumnya. Manfaatkan daftar kata kunci lokal yang sebelumnya telah Anda rumuskan untuk jadi bahan konten website, baik itu untuk artikel ataupun halaman promosi atau produk.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan demi memaksimalkan strategi SEO bisnis lokal ketiga ini, dimulai dari;
- Memastikan tag judul dan meta description mengandung kata kunci lokal. Seperti Jasa SEO Jogja.
- Pastikan konten yang dibuat relevan dengan area bisnis Anda. Bila perlu singgung sedikit tentang daerah bisnis Anda di awal atau intro konten website.
4. Membangun Link Lokal Berkualitas
Hampir mirip dengan sebelumnya, ini adalah strategi SEO untuk bisnis lokal, yang prosesnya “agak” melenceng dari metode Local SEO pada umumnya. Di mana Anda MinTiv sarankan untuk membangun banyak backlink dari website-website lokal yang berkualitas. Seperti yang kita ketahui bersama, membangun backlink adalah bagian dari metode Off Page SEO.
Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website atau platform alternatif. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk Anda bisa membangun backlink lokal yang berkualitas;
- Lakukan kolaborasi dengan bisnis lain di sekitar Anda. Hal ini bisa memberikan keuntungan backlink sekaligus memperkuat networking.
- Daftarkan website bisnis Anda di direktori lokal. Seperti di Yellow Pages Indonesia.
- Pastikan Anda aktif melakukan kegiatan content placement dengan web blogger lokal terpilih.
5. Maksimalkan Google Reviews
Kelima adalah dengan memaksimalkan Google Reviews. Ya, ini memang sudah MinTiv terangkan sedikit di strategi SEO bisnis lokal yang pertama. Tapi, agar lebih jelas, di sini MinTiv akan memberikan beberapa tips dan trik agar pelanggan mau memberikan review positifnya di Google Reviews.
Adapun beberapa tips dan trik tersebut dimulai dari;
- Membuat pesan ajakan yang menarik, seperti memberikan diskon bagi siapa saja yang mau memberikan review.
- Menerapkan strategi affiliate marketing, di mana setiap affiater wajib mendapatkan 1 reviews positif dalam kurun waktu tertentu.
- Menanggapi setiap review yang diberikan, baik itu review positif atau tidak sekalipun. Kegiatan seperti ini, menandakan bahwa Anda sebagai pebisnis, dapat dipercaya dan benar-benar bertanggung jawab.
- Tampilkan ratings Google Review yang didapatkan di dalam konten website Anda.
6. Memastikan Website Mobile-Friendly dan Mudah Diakses
Terakhir, adalah dengan memastikan website tampil mobile friendly dan juga mudah untuk diakses. Hal ini wajar mengingat pencarian lokal, biasanya didominasi oleh pencarian yang didapatkan dari perangkat mobile.
Baca Juga: Panduan Local SEO Lengkap untuk Pemula
Sama seperti sebelumnya, berikut ini adalah beberapa tips untuk Anda dapat memastikan website tampil mobile friendly secara maksimal;
- Menggunakan template website.
- Gunakan tool seperti Google PageSpeed Insights untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah yang mempengaruhi kecepatan situs.
FAQ Seputar Konten
- Mengapa Google My Business penting?. Karena GMB dapat meningkatkan visibilitas bisnis lokal di pencarian dan Google Maps, membantu calon pelanggan menemukan bisnis Anda dengan mudah.
- Bagaimana caranya menemukan kata kunci lokal yang tepat?. Anda bisa mengandalkan tool Google Keyword Planner, SEMrush, Ahrefs, Ubersuggest, dan yang sejenisnya.
- Apa peran backlink dalam strategi SEO untuk bisnis lokal?. Backlink mampu memperkuat otoritas bisnis Anda di wilayah terkait serta meningkatkan visibilitas sekaligus di pencarian lokal.
Inilah penjelasan lengkap tentang strategi SEO bisnis lokal. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik lengkap dengan layanan Local SEO nya, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Jogja Terbaik, Lengkap dan Tepercaya
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Strategi SEO untuk Bisnis Lokal […]