Manfaat Audit Website – Ketika menjalankan SEO, maka ada banyak hal penting yang mesti kita terapkan. Salah satunya adalah audit website. Audit website sendiri adalah sebuah proses untuk kita dapat mengetahui kelebihan serta kekurangan sebuah website. Baik itu yang dapat diukur menggunakan metrik tertentu ataupun yang tidak sama sekali. Untuk bisa menjalankan audit website ini, kita memerlukan alat bantu khusus atau tools digital.
Google, sebagai search engine terpopuler sekaligus menjadi platform untuk ilmu SEO kebanyakan diterapkan, memang telah memberikan kita banyak opsi tools audit website. Kita bisa menyebutnya dimulai dari Google Keyword Planner, Google Analytics, Google Pagespeed Insights, Google Search Console dan lain-lain. Tetapi, mereka pebisnis yang sudah tergolong ke level yang tinggi, biasanya akan menggunakan tools digital lain yang lebih powerful, seperti SEMrush dan juga Ahrefs.
Baca Juga: Konten Manusia vs Konten AI, Mana yang Lebih Unggul?
Lalu kenapa sih banyak pebisnis yang memiliki website seperti wajib untuk melakukan audit. Jawabannya adalah karena audit website mampu memberikan pebisnis banyak manfaat. Terutama untuk dasar pengambilan keputusan mengenai masa depan website bisnis. Di sini, MinTiv akan menjelaskan tentang 3 manfaat audit website secara menyeluruh. Penasaran apa saja manfaat tersebut?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Manfaat Audit Website untuk Pebisnis
1. Kita Dapat dengan Mudah Mengetahui Bagian Website yang Belum Optimal
Manfaat pertama yang bakal kita dapatkan dari audit website, adalah kita bisa dengan mudah mengetahui bagian website yang belum optimal. Setelah kita tahu, tentunya kita bisa dengan mudah menyusun rencana terbaik untuk bisa mengoptimalkannya kembali. Baik itu rencana penyusunan ulang struktur website, perbaikan sesuai titik masalah, dan lain-lain. Kita bisa menerapkan metode Technical SEO jauh lebih mudah dan juga tertarget.
Tools seperti Ahrefs, SEMrush, dan Ubersuggest bisa Anda andalkan untuk proses ini.
2. Sarana Data Enrichment untuk IT
Manfaat audit website yang selanjutnya adalah mampu menjadikan proses data enrichment untuk tim IT lebih mudah. Jauh lebih akurat daripada sebelumnya. Ini tentu akan memudahkan tim IT terlebih untuk tim technical writer untuk dapat menuliskan laporan audit lebih insightful. Penuh dengan visualisasi data yang mudah dimengerti dan dapat diaplikasikan ke dalam berbagai platform dan juga proses.
Laporan audit yang dibuat dapat memberikan panduan yang jelas kepada tim IT untuk melakukan identifikasi masalah, perbaikan, pengembangan solusi, dan juga pencegahan masalah yang sama di masa mendatang.
3. SEO Website Jadi Lebih Berkembang
Efek domino dari pengelolaan data sebelumnya, adalah proses SEO website jadi lebih berkembang. Ya, hal ini wajar saja mengingat audit website adalah salah satu langkah penting untuk kita bisa menerapkan Technical SEO. Keputusan yang diambil sebelumnya oleh tim IT, tentu akan memberikan insight baru kepada keseluruhan tim, tentang metode SEO apakah yang seharusnya mereka optimalkan, sesuai keadaan website.
Cara Melakukan Audit Website Secara Fundamental
Di sini MinTiv tidak akan menjelaskan cara melakukan audit website secara teknis. Kita bisa melakukan itu dengan mudah melalui berbagai tools digital, seperti SEMrush, Ahrefs, dan lain-lain. Ditambah lagi kita bisa dengan mudah menemukan banyak tutorial penggunaan tools tersebut untuk audit website di YouTube.
Oleh sebab itu, di sini MinTiv akan menjelaskan tentang cara melakukan audit website secara fundamental. Melibatkan keterangan melalui poin-poin penting yang harus dilibatkan selama proses audit website berlangsung. 5 di antara poin-poin penting tersebut adalah ukuran website, kompetisi, kondisi dan kesehatan website, tujuan, dan algoritma Google.
5 poin penting ini akan sangat mempengaruhi proses audit, terutama soal seberapa sering Anda harus melakukannya.
Poin Penting untuk Audit Website
- Ukuran website. Untuk ukuran website yang kecil, tentunya proses audit yang dilakukan tidak akan sesering website yang besar. Besar kecilnya website dapat kita ketahui dengan melihat performa pagespeed, ukuran file website, tampilan, plugin atau function yang terpasang, dan lain-lain. Proses audit yang dilakukan pada website kecil biasanya akan berkutat pada masalah performa konten website saja.
- Kompetisi. Melibatkan poin kompetisi dalam proses audit website sangatlah penting. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat mengetahui tren konten atau bisnis yang memang cepat berubah. Anda bisa menerapkan beberapa strategi untuk menghadapi kompetisi yang ada. Dimulai dari segmented marketing, flanking marketing dan lain-lain.
- Kesehatan website. Poin ini berkaitan erat dengan masalah teknis website. Dimulai dari broken link, redirect yang tidak tepat sasaran, loading website lambat, dan lain-lain. Masalah-masalah seperti ini sudah seharusnya Anda atasi untuk menghindari terjadinya user experience yang negatif.
- Tujuan. Ya, Anda harus dapat memastikan bahwa proses audit yang dilakukan benar-benar berada di jalur yang sehat sesuai koridor tujuan Anda. Apabila Anda menjalankan website untuk keperluan monetisasi, maka metrik traffic serta dwell time yang didapatkan harus tampil dengan maksimal.
- Algoritma Google. Google adalah search engine terpopuler di dunia, tidak heran jika perubahan algoritma pada Google, mempengaruhi strategi SEO pebisnis. Anda diwajibkan untuk tahu perubahan algoritma Google ini, karena dengan begitu, website Anda bisa terus eksis dan beradaptasi di berbagai perubahan algoritma.
Inilah penjelasan lengkap mengenai manfaat audit website. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Google Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apa itu Disavow Link, dan Bagaimana Cara Melakukannya?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.