Manfaat SEO Audit – SEO adalah kependekan dari search engine optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pencarian search engine melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Ilmu ini mengharuskan Anda sebagai pebisnis untuk memahami banyak hal. Salah satunya adalah memahami proses SEO audit website yang baik.
Ya, proses SEO audit menjadi salah satu bagian penting yang mesti dipahami oleh pebisnis sebelum menjalankan kampanye SEO-nya. Lantas, apa sih itu SEO audit dan apa saja manfaatnya?. Untuk bisa mengetahui jawaban dari pertanyaan ini, silahkan simak baik-baik artikel ini ya!.
SEO Audit Adalah…
SEO audit adalah proses pengujian dan pemeriksaan performa website secara menyeluruh. Pengujian dan pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan website memiliki kualitas konten terbaik di sisi mesin pencarian.
Dari proses pengujian dan pemeriksaan ini pastinya akan ditemukan sejumlah data yang nantinya akan melahirkan informasi. Informasi inilah yang akan memandu pemilik website untuk melakukan evaluasi perbaikan atau tidak.
Di dalamnya, Anda mungkin akan mempelajari berbagai metrik pengukuran keberhasilan SEO. Dimulai persentase metrik traffic, dwell time, bounce rate, authority, backlink dan lain-lain. Data-data metrik di atas tentunya penting untuk diketahui dan dicek secara berkala.
Dengan begitu, proses peningkatan metrik keberhasilan SEO marketing ke arah yang positif jadi lebih mudah dilakukan. Lalu mengapa SEO audit ini begitu penting untuk dijalankan?.
SEO audit akan memberikan Anda banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah;
Manfaat SEO Audit
1. SEO Audit Memudahkan Anda untuk Mengetahui Kecepatan Akses Website
Yang pertama adalah SEO audit memudahkan Anda untuk mengetahui kecepatan akses data website. Apakah website mampu memberikan informasi yang diminta oleh pengunjung dalam waktu yang cepat. Biasanya lama waktu terbaik untuk website bisa memproses permintaan data dari pengunjung adalah 3 detik.
Lebih dari itu, maka perlu ada perbaikan dari kualitas server website Anda. Atau diperlukan perbaikan dengan mengurangi beban fungsi website. Baik itu dengan menggunakan banyak konten embed, mengurangi plugin, minify HTML, CSS, JavaScript, menambah jumlah bandwidth, dan lain-lain.
2. SEO Audit Memudahkan Anda untuk Mengetahui Tingkat Keamanan Website
Kedua adalah SEO audit memudahkan Anda untuk mengetahui tingkat keamanan website. Apakah website bisnis yang dimiliki benar-benar dapat menjamin keamanan pengunjung atau tidak. Hal penting untuk Anda pastikan, terlebih lagi untuk website bisnis yang bersifat Online Shop atau marketplace.
3. Pebisnis Lebih Mudah Mengetahui Trend SEO Terbaru
Manfaat yang ketiga adalah pebisnis jadi lebih mudah untuk mengetahui trend SEO terbaru. Ya, hal ini terjadi karena di dalam proses SEO Audit terdapat bagian riset kompetitor.
Dari proses riset kompetitor inilah kita dapat mengetahui trend SEO terbaru pada konten-konten yang dikreasikan kompetitor. Kemudian kita dapat melakukan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).
Baca Juga: Trends SEO Terbaru di Tahun Depan
Melihat kualitas konten SEO kompetitor juga akan menambah wawasan kita akan berbagai strategi SEO baru yang mungkin belum diketahui sebelumnya.
4. Toxic Backlink Jadi Lebih Mudah Dilacak
Manfaat SEO audit yang terakhir adalah memudahkan kita untuk mendeteksi toxic backlink dengan mudah. Toxic backlink sendiri adalah backlink yang didapatkan dari konten website yang tidak berkualitas dan relevan sama sekali.
Semakin banyak website mendapatkan toxic backlink, maka kemungkinan besar website tersebut akan terkena penalti Google.
Cara Melakukan SEO Audit
Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk SEO audit ini. Di sini MinTiv akan berbagi 4 cara sederhananya saja, dimulai dari;
- Memastikan website memiliki sertifikat SSL, atau lebih mudahnya website memiliki URL dengan awalan HTTP ditambahkan huruf S di akhirnya. Contohnya pada gambar di atas di mana website yang memiliki sertifikat SSL akan memiliki tanda gembok di URLnya. Tanda ini menandakan bahwa website aman dan dapat dipercaya.
- Mengecek link yang error. Untuk yang satu ini, kamu bisa melakukanya secara manual dengan mengecek menu navigasi atau hypertext di konten website satu per satu. Atau kamu bisa menggunakan cara instan dengan install Extension Check My Links di Chrome.
- Membaca ulang konten yang sudah dipublish. Memastikan setiap tata bahasa yang digunakan mudah dimengerti oleh target audience Anda, dan tidak ada terjadi typo.
- Memastikan gambar di setiap halaman dan konten website dapat di-load dengan sempurna.
Ingat bahwa ini hanyalah 4 cara sederhana saja. Selebihnya MinTiv mungkin akan membahasnya lebih lengkap pada artikel mendatang. So pantengin terus blog ini ya!.
Inilah penjelasan lengkap tentang apa saja manfaat SEO audit.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap dengan Layanan Audit Website-nya, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan SEO untuk Bisnis
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.