Menulis Headline Konten Website – SEO adalah kependekkan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Ilmu ini biasanya difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalam prosesnya, Anda harus dapat memahami berbagai metode SEO penting.
Jika Anda masih pemula, maka metode SEO pertama yang bakal Anda pelajari adalah On Page SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website utama. Metode ini memiliki banyak teknik penerapan, dan yang paling terkenal tentu saja adalah teknik untuk bisa memproduksi konten artikel berkualitas.
Proses produksi konten artikel berkualitas ini jelas bukan perkara yang mudah untuk kita lakukan. Diperlukan pemahaman yang kuat terhadap search intent keyword tertentu yang menjadi target utama. Selain itu, Anda juga harus peka terhadap gaya penulisan yang pas untuk konten dan target audience yang ingin dituju.
Tidak kalah penting, konten tersebut harus memiliki hook kuat yang dapat mengundang calon pengunjung mengklik konten dan membacanya hingga akhir. Berbicara tentang hook pada konten website, maka pastinya kita akan berbicara tentang headline atau judul konten.
Baca Juga: Cara Membuat Headline Konten Menarik untuk Seluruh Platform
Ya, headline konten yang Anda buat harus dapat menarik perhatian calon pengunjung terutama dari SERP (Search Engine Results Page). Hal ini penting Anda pastikan karena dapat membantu website ranking ke posisi terbaik. Metrik traffic website terutama yang berjenis organik dapat dengan mudah Anda maksimalkan.
Lalu, bagaimana cara membuat atau menulis headline konten website menarik, yang mampu membantu website untuk ranking?. Di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi tips dan triknya. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
7 Tips dan Trik Cara Menulis Headline Konten Website untuk Ranking
1. Menempatkan Keyword Utama di Dalamnya
Tips yang pertama adalah dengan menempatkan keyword utama konten di dalamnya. Hal ini penting dilakukan untuk mempertegas keberadaan keyword utama pada crawler search engine. Di mana crawler dapat memahami kalau penulis konten ingin kontennya dapat perform pada keyword yang ia inginkan. Menempatkan keyword utama pada headline sendiri adalah cara terbaik untuk kita bisa memaksimalkan keyword density sebuah konten.
Baca Juga: Jenis Jenis Keyword untuk SEO Website
Semisal Anda ingin menargetkan keyword Sepeda Gunung Bekas untuk perform. Maka headline yang Anda tuliskan bisa seperti ini “Rekomendasi Sepeda Gunung Bekas Terbaik Tahun 2024”, atau “Sedang Cari Sepeda Gunung Bekas, Murah, Tapi Berkualitas?, di Sini Aja!”.
2. Pastikan Judul Tidak Terlalu Panjang
Tips kedua adalah memastikan bahwa judul atau headline yang dikreasikan tersebut tidak terlalu panjang. Biasanya headline yang tampil baik di SERP memiliki 50-60 jumlah karakter. Apabila headline yang dituliskan terlalu panjang, maka hasilnya di SERP akan terpotong, dan itu bisa saja mengurangi hasrat calon pengunjung untuk mengkliknya.
Anda bisa melihat perbedaannya secara nyata melalui gambar di atas.
Jika Anda menggunakan CMS (Content Management Service) seperti WordPress, maka Anda bisa mendapatkan preview konten tampil di SERP sebelum di-publish. Anda bisa melihatnya melalui bantuan plugin Yoast SEO.
3. Gunakan Nomor ataupun List
Tips ketiga adalah menggunakan nomor atau dengan menuliskan headline bergaya list. Headline yang dituliskan dengan menggunakan nomor atau bergaya list, sangat cocok untuk konten listicle atau daftar rekomendasi. Konten seperti ini terkenal sukses untuk bantu webmaster mendapatkan lebih banyak keyword click.
Ditambah lagi, konten listicle lebih mudah untuk diorganisasikan. Setiap bagian dari daftar konten listicle dapat Anda berikan internal link untuk pembahasan yang lebih mendalam.
4. Gambarkan Bahwa Konten Anda Benar-Benar Penting
Tips keempat cara menulis headline konten website menarik adalah dengan menggambarkannya benar-benar penting. Ya, ini seperti penekanan jikalau target audience tidak mengkliknya, mereka akan rugi.
Contohnya seperti:
“Ini Dia 7 Tips Local SEO Mudah yang Pemula Wajib Tahu!”
“Jangan Sampai Tidak Tahu!, 7 Teknik ini Ternyata Masuk ke Black Hat SEO”.
Anda tentu saja bisa menggunakan kosa kata lain yang sejenis.
5. Menggunakan Kalimat Tanya
Tips berikutnya adalah dengan menggunakan kalimat tanya. Teknik penulisan headline seperti ini, sangat cocok Anda terapkan sebagai bagian dari optimasi keyword jenis question keyword. Headline dengan menempatkan kalimat tanya di dalamnya, akan membangkitkan rasa penasaran calon pengunjung. Terlebih lagi jika topik yang disasar akan topik yang lagi hangat dibicarakan atau trending.
Contohnya “Apa yang dimaksud dengan Skibidi, Sigma dan Mewing?”.
Apakah harus bergantung pada topik yang lagi tren saja?, tentu saja tidak. Anda bisa menerapkan teknik ini dengan melibatkan FAQ (Frequently Asked Question) niche bisnis Anda.
6. Spesifik
Selanjutnya adalah dengan membuatnya jadi lebih spesifik, jelas dan mudah dipahami. Semisal Anda ingin membuat konten dengan headline “Apa yang dimaksud dengan Skibidi, Sigma dan Mewing”. Tentu saja mereka yang mau mengklik konten Anda tahu bahwa mereka akan mendapatkan informasi tentang definisi singkat.
7. A/B Testing
Terakhir adalah dengan melakukan banyak A/B testing. A/B testing adalah metode untuk bisa membandingkan 2 hal yang berbeda untuk satu tujuan yang sama, dan mencari manakah di antara keduanya yang terbaik.
FAQ Seputar Konten
- Mengapa headline menarik begitu penting untuk konten website?. Melalui headline yang menarik, website bisa mendapatkan lebih banyak keyword click, yang itu dapat membantunya perform di SERP. Metrik traffic pun akan meningkat drastis.
Inilah penjelasan lengkap tentang cara menulis headline konten website menarik. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Apa itu Over-Optimization dan Dampaknya Bagi Website?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.