Perbedaan Keyword dan Search Queries – SEO adalah ilmu optimasi website agar dapat tampil di halaman pertama Google melalui keyword tertentu yang ditargetkan.
Dari definisi ini, Anda pasti paham bahwa keyword menjadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan sama sekali. Menjadi wajar pula jika banyak materi SEO untuk pemula berisikan tentang cara riset keyword yang baik. Sayangnya, istilah keyword ini seringkali tertukar dengan search queries.
Banyak yang menganggap bahwa kedua istilah ini adalah sama. Padahal keyword dan search queries adalah dua hal yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang perbedaan keyword dan search queries.
Perbedaan Keyword dan Search Queries
Keywords adalah kata kunci yang digunakan sebagai target dari kampanye SEO yang dijalankan. Ada banyak jenis keywords ini, yang paling sering disebutkan adalah jenis yang diklasifikasikan berdasarkan panjang kata, yakni short-tail dan long-tail. Contoh saja Sepatu Basket Pria.
Baca Juga: Jenis Jenis Keyword untuk SEO
Sedangkan search queries adalah kosa kata yang digunakan oleh pengguna Google untuk mendapatkan informasi tertentu. Misal, Anda ingin mencari informasi tentang Sepatu Basket (keywords), dan Anda menuliskan di Google seperti ini, “Apakah Sepatu Basket Cocok untuk Sehari-hari?”.
Kata “Apakah Sepatu Basket Cocok untuk Sehari-hari?”, inilah yang termasuk search queries. Satu keywords dapat menghasilkan lebih dari 10 search queries.
Dalam hal perbedaan poin penggunaan lainnya, keywords banyak diterapkan untuk kampanye SEO dan PPC (Pay per Click) seperti Google Ads. Keywords biasanya ditempatkan pada judul, meta deskripsi, alt gambar, isi konten, dan juga alamat URL konten.
Cara Optimalkan Search Queries
- Temukan search queries yang digunakan oleh pengunjung website Anda. Untuk ini Anda bisa menggunakan bantuan dari tools Google Search Console. Lihat tepat pada bagian Search result. Pilihlah search queries yang memiliki jumlah clicks terbanyak.
- Desain halaman khusus seperti landing pages untuk search queries yang terpilih sebelumnya. Jangan lupa untuk sematkan elemen penting seperti subscription, contact form, dan lain-lain. Elemen-elemen ini bermanfaat untuk menunjang performa konversi website Anda.
- Desain rencana konten. Ya, yang ketiga adalah dengan merencanakan konten artikel SEO friendly yang ingin dibuat.
Inilah penjelasan singkat dan padat tentang Perbedaan Keyword dan Search Queries.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi segera Creativism.id.
Baca Juga: Cara Membaca Data di Google PageSpeed Insights
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.