SEO Halaman Produk – Di dalam artikel sebelumnya, kita telah membahas lengkap 8 cara untuk bisa menjalankan SEO di halaman produk website. Tapi perlu diketahui bahwa 8 cara tersebut hanyalah setengah dari 16 cara yang ingin MinTiv berikan kepada Anda. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan secara lengkap 8 sisanya. Jadi simak baik-baik ya!.
Cara Menjalankan SEO untuk Halaman Produk
9. Memaksimalkan Penggunaan Call to Action
Ya, call to action di dalam halaman produk memiliki peran yang sangat vital untuk pengunjung. Adanya call to action akan memudahkan pengunjung untuk melakukan kegiatan transaksi lebih mudah.
Di mana ketika mereka sudah mulai tertarik dengan produk Anda, mereka bisa langsung segera menghubungi Anda. Oleh sebab itu, penting untuk dapat menempatkannya di posisi yang mudah terlihat.
Jangan lupa juga untuk pastikan link yang tertaut di dalamnya benar dan tidak salah. Jangan sampai nilai link yang ada pada tombol call to action adalah #. Dead link akan memberikan pengalaman buruk kepada pengunjung website. Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan kata-kata persuasif di dalam call to action, seperti;
“Buruan Pesan Sebelum Kehabisan”
“Simpan Dulu di Keranjang”
“Tambahkan ke dalam Wishlist”
dan lain-lain.
10. Informasi Pengiriman Produk yang Detail
Berikutnya, adalah dengan memuat informasi pengiriman produk secara detail dan jelas. Informasi pengiriman seperti ini jelas akan menambah nilai kredibilitas yang website Anda miliki, dan itu juga akan berimbas pada meningkatnya rasa percaya pelanggan.
Usahakan untuk menempatkan informasi seperti ini dekat dengan call to action ataupun dengan keterangan harga yang Anda kreasikan.
11. Deskripsi Produk Lengkap dan Memuat Kata Kunci
Berikutnya adalah dengan membuat deskripsi produk yang lengkap dan memuat kata kunci. Gunakan keterangan-keterangan yang memang diperlukan saja, dan sekiranya dapat membuat calon pelanggan tertarik. Mirip dengan saat kita mengoptimalkan meta description, keterangan yang diberikan pada bagian ini biasanya akan tampil sebagai hasil dari deskripsi konten di SERPs.
12. Spesifikasi Produk
Hampir sama dengan sebelumnya, Anda juga harus dapat membuat keterangan di spesifikasi produk ini lengkap tapi menarik.
13. Adanya FAQ
Berikutnya dalam tips SEO untuk halaman produk adalah menampilkan bagian FAQ. FAQ sendiri adalah kependekan dari Frequently Asked Questions. Bagian dari halaman produk yang menjelaskan tentang jawaban untuk setiap pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan seputar produk.
Bagian dari halaman produk seperti ini tentunya akan membantu calon pelanggan untuk lebih mudah memahami produk yang Anda jual.
Mereka jadi tak perlu lagi banyak bertanya terkait produk Anda sebelum membelinya. Menggunakan FAQ di bagian halaman produk juga akan membantu website Anda untuk perform di bagian question keyword.
14. Menampilkan Opsi Related Products
Berikutnya adalah dengan menampilkan opsi related produts. Teknik yang digunakan untuk opsi ini sebenarnya sama dengan saat kita mengoptimalkan internal link di dalam konten SEO. Terpenting adalah membuatnya relevan. Ingat juga fakta bahwa pengunjung online shop ataupun e-commerce tidak akan langsung tertarik dengan halaman produk pertama yang ia temukan.
Tentukan ia memerlukan pembanding dari produk pertama yang ia temukan di dalam website. Biasanya pencarian tersebut dilakukan pada produk yang masih relate. Menampilkan opsi related post di dalam halaman produk tentu akan bantu website mendapatkan metrik dwell time lebih maksimal.
15. Memuat Poin User Generated Content
Tips ke-15 dalam menjalankan SEO halaman produk adalah dengan memuat poin User Generated Content. User Generated Content sendiri adalah istilah untuk menggambarkan kemampuan suatu sistem untuk dapat menyediakan kesempatan kepada pemakainnya memproduksi konten tersendiri. Konsep seperti ini biasanya banyak digunakan pada website-website kontributor.
Untuk website yang dipenuhi halaman produk, tentu saja ini bisa menjadi nilai terlebih jika digunakan untuk halaman testimoni khusus.
16. Memaksimalkan Penggunaan Schema Markup
Terakhir adalah dengan memaksimalkan penggunaan schema markup. Schema markup sendiri adalah kode yang dapat digunakan untuk menyempurnakan elemen website secara visual di hasil pencarian search engine. Halaman produk yang memiliki schema markup teratur akan menampilkan kontennya di SERP seperti gambar di bawah ini;
Inilah penjelasan lengkap tentang SEO untuk halaman produk. Untuk Anda yang berminat mendapatkan Jasa Pembuatan Toko Online sekaligus dapatkan layanan SEO, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: 16 Cara Menjalankan SEO untuk Halaman Produk (Bagian 1)
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.