Strategi SEO untuk B2B – Business to Business adalah salah satu jenis model bisnis yang banyak dijalankan sekarang ini. Business to Business atau biasa disingkat dengan B2B adalah model bisnis, di mana transaksi terjadi antara satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Lazimnya, model bisnis seperti ini terjadi karena perusahaan membutuhkan barang atau jasa dari perusahaan lain.
Ada banyak perusahaan yang menjalankan konsep ini. Dimulai dari Amazon, Slack, Siemens, dan lain-lain. Creativism sendiri pun masuk ke dalam kategori perusahaan Business to Business.
Di dalam prosesnya, B2B memiliki pendekatan yang berbeda jika dibandingkan dengan B2C (Business to Customer). Di mana B2B fokus untuk membangun hubungan jangka panjang, edukasi dan transfer brand knowledge lebih mendalam dan lainnya yang sejenis.
Baca Juga: SEO is Dead? Jangan Pernah Percaya Perkataan Ini!!
Oleh sebab itu, wajar jika perusahaan model B2B lebih memilih untuk menjalankan strategi marketing jangka panjang. Salah satunya adalah SEO. Search engine optimization, sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, melalui keyword tertentu yang ditargetkan.
Lantas, bagaimana cara menjalankan SEO untuk B2B ini?. MinTiv akan memberikan 5 strategi SEO untuk B2B lengkap di dalam artikel ini. Jadi, simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
Toggle5 Strategi SEO untuk B2B
1. Memahami Audiens B2B dan Search Intent Keyword Utama
Strategi SEO untuk B2B yang pertama adalah dengan memahami terlebih dahulu, siapa target audience Anda. Setelah Anda menentukan target audience yang relevan, saring lebih banyak dengan mencari buyer persona terbaik.
Pahami setiap data demografi yang melekat pada buyer persona ini. Dimulai dari umur, lokasi atau alamat, gender, tingkat pendidikan, profesi, gaya hidup, hobi atau minat, dan lain-lain. Semakin banyak data yang Anda dapatkan, maka semakin bagus pula konten yang nantinya Anda kreasikan.
Konten akan jauh lebih tertarget dan memiliki elemen personalisasi yang lebih kuat. Data-data akan buyer persona terbaik ini pula, bisa Anda gunakan untuk mengetahui keyword apakah yang mereka gunakan demi bisa menemukan website Anda di SERP (Search Engine Results Page) Google.
Agar prosesnya lebih mudah, Anda bisa saja mengandalkan tools seperti Google Keyword Planner, Ahrefs, atau SEMrush. Sedikit tambahan, fokuskan kampanye SEO ini terlebih dahulu pada jenis long-tail keyword. Pahami setiap search intent dari long-tail keyword yang Anda gunakan.
Semisal seseorang menggunakan keyword seperti “Jasa SEO Jogja Terbaik”, maka search intent yang ada pada keyword ini bersifat komersial atau transaksional.
2. Membuat Konten Berkualitas yang Menyediakan Solusi
Setelah Anda menemukan daftar long-tail keywords untuk keperluan kampanye SEO nya, maka Anda bisa langsung ke proses pembuatan konten. Tentu saja sebelumnya Anda sudah membuat rencana atau brief konten dari keyword tertarget. Pastikan Anda membuat lebih banyak konten berkualitas yang bersifat solusi.
Artikel blog, whitepapers, studi kasus, atau e-book adalah beberapa jenis konten yang sangat efektif untuk audiens B2B pada umumnya. Hal ini wajar mengingat audience B2B mencari informasi yang mendalam dan juga tepercaya. Penempatan elemen social proof di dalam konten, seperti portofolio dan testimoni akan menjadi sangat krusial di sini.
3. Mengoptimalkan Halaman Produk dan Layanan
Strategi SEO untuk B2B yang ketiga adalah dengan mengoptimalkan halaman produk dan halaman layanan. Hal ini wajar mengingat kedua halaman inilah, tempat di mana konversi terjadi. Pastikan Anda menempatkan keyword utama di beberapa bagian penting halaman ini, seperti;
- Title tag.
- Meta description.
- Heading & subheading.
- Alt text.
- Intro konten.
Selain itu, pastikan Anda membuat konten deskriptif yang merinci fitur dan manfaat produk atau layanan Anda.
4. Optimasi Local SEO
Seperti yang kita tahu, model B2B sangat menonjolkan kepercayaan dan keterbukaan. Oleh sebab itu, Anda sebagai pebisnis di perusahaan model B2B, harus dapat menunjang kedua poin penting tersebut.
Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memastikan profil singkat perusahaan, mudah ditemukan di hasil pencarian Google. Terlebih untuk calon mitra yang berada di lokasi atau daerah yang sama.
Anda bisa melakukan itu dengan menerapkan metode Local SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Anda bisa mulai dari;
- Mendaftarkan bisnis di Google My Business. Verifikasi bisnis Anda dan optimalkan profil dengan informasi lengkap, termasuk alamat, jam kerja, nomor telepon, dan situs web.
- Membuat halaman web atau konten yang spesifik untuk lokasi Jika Anda melayani beberapa kota atau negara bagian, buat halaman spesifik untuk setiap lokasi dan optimalkan dengan keywords yang sesuai.
- Maksimalkan Google Reviews.
5. Membangun Backlink Berkualitas
Strategi SEO untuk B2B yang terakhir adalah dengan membangun backlink berkualitas. Ya, Anda bisa melakukannya melalui website lain, yang niche kontennya masih relevan, berkualitas tinggi, memiliki DA PA yang tinggi, dan lain sebagainya. Anda bisa membaca tips dan trik memilih backlink berkualitas lebih lanjut, melalui klik link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Memilih Backlink Berkualitas Jauh dari Bad Links
FAQ Seputar Konten
- Mengapa SEO penting untuk bisnis B2B?. SEO mampu membantu bisnis B2B menarik prospek berkualitas yang sedang mencari solusi atau produk tertentu. Mampu meningkatkan visibilitas online dari bisnis B2B.
- Apa perbedaan SEO B2B dan B2C?. SEO B2B berfokus pada keywords industri, konten teknis, dan proses pembelian yang lebih panjang, sedangkan SEO B2C cenderung fokus pada konsumen umum.
- Bagaimana cara mengukur kesuksesan strategi SEO B2B?. Dengan memonitor konversi, lalu lintas situs, ranking keywords, dan interaksi pengguna melalui alat analitik seperti Google Analytics.
- Apakah SEO B2B bisa memberikan hasil instan?. Tidak, SEO B2B adalah strategi jangka panjang yang membutuhkan waktu untuk membangun visibilitas dan otoritas secara konsisten.
Inilah penjelasan lengkap tentang SEO untuk B2B. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan layanan SEO lengkap untuk model bisnis B2Bnya, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Jogja Terbaik, Lengkap dan Tepercaya
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Bagaimana Cara Menjalankan SEO untuk Model B2B? […]