Belajar Strategi SEO Nike – SEO adalah salah satu jenis channel marketing yang banyak dipilih oleh para pebisnis. Hal ini wajar mengingat SEO mampu menawarkan pebisnis banyak manfaat. Satu di antara banyak manfaat tersebut adalah mampu memberikan return on investment maksimal dengan biaya yang minimal.
SEO sendiri adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google, melalui keyword tertentu yang ditargetkan. Di dalam prosesnya, ada banyak hal yang harus pebisnis perhatikan dan jalankan.
Baca Juga: Seberapa Sulit Menjalankan SEO untuk Fashion E-Commerce
Tidak mudah memang, tapi mengingat manfaat besar yang ditawarkan oleh SEO ini, menjadikan banyak pebisnis untuk tidak mudah menyerah. Apalagi, jika mereka tahu bahwa ada banyak brand-brand besar yang juga menerapkan strategi SEO ini. Salah satunya adalah Nike.
Lalu, bagaimana sih cara Nike menjalankan SEO nya?. Di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang beberapa strategi SEO Nike. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
Toggle4 Strategi SEO Nike yang Wajib Anda Pelajari
1. Optimalisasi Website dan Pengalaman Pengunjung
Strategi SEO Nike yang pertama, adalah mereka yang melakukan optimalisasi konten website dan juga memastikan pengunjung mendapatkan pengalaman yang baik. Nike merancang websitenya dengan pendekatan mobile-first. Menjadikan pengunjung dapat dengan mudah mengakses web utama melalui smartphone.
Nike menggunakan teknologi modern yang dapat mempercepat waktu loading halaman, tanpa harus banyak mengurangi kualitas gambar produk yang ditawarkan. Hal ini, membantu mereka mendapatkan dampak positif pada peringkat SEO.
Selain itu, Nike juga memaksimalkan struktur halaman dan internal link nya. Strategi ini mereka terapkan untuk memaksimalkan crawl budget. Kita dapat melihatnya melalui halaman produk Nike, yang dioptimalkan dengan keywords spesifik seperti Nike Air Force dan Nike Jordan.
2. Nike Menerapkan Konsep Konten Dinamis
Strategi SEO Nike yang kedua adalah mereka yang menerapkan konsep konten dinamis. Mereka memanfaatkan banyak halaman splash untuk menarik perhatian pengunjung website. Terutama agar pengunjung website mau mengunduh aplikasi Nike, salah satu tool konversi andalan dari Nike itu sendiri.
Penerapan konsep konten dinamis ini juga telah membantu Nike untuk mengoptimalkan lebih dari 112.000 keywords yang mencakup produk dan juga kategori spesifik. Mereka juga membuat landing page yang disesuaikan dengan berbagai keywords produk. Hal ini menjadikan pengalaman pengunjung lebih personal.
3. Pemanfaatan SEO Off-Page
Strategi SEO Nike berikutnya, adalah mereka yang menerapkan metode SEO Off-Page. Sebuah metode SEO, yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada website atau platform informasi yang berbeda. Mereka memanfaatkan platform seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya, sebagai media kampanye.
Baca Juga: Format Artikel Tutorial Terbaik
Setiap media kampanye ini, mereka sematkan backlink atau brand mention. Bahkan mereka juga melakukan strategi ini dengan level penerapan yang berbeda. Kita dapat melihat contoh nyatanya melalui kampanye Reactland, di mana pengguna bisa mencoba sepatu terbaru Nike dalam pengalaman berbasis teknologi Augmented Reality.
Selain itu, mereka juga menerapkan strategi influencer marketing untuk brand mention. Seperti yang kita tahu, Nike punya banyak brand ambassador terkenal. Sebut saja Michael Jordan, Mbappe, Haaland, Serena Williams, dan pastinya Cristiano Ronaldo. Kolaborasi ini jelas meningkatkan kredibilitas Nike sebagai produsen peralatan olahraga ternama dunia.
4. Kampanye Media Sosial dan Konten yang Menginspirasi
Strategi SEO Nike yang terakhir adalah dengan memanfaatkan kampanye media sosial. Kita dapat mengatakan bahwa strategi ini, masih berkaitan erat dengan strategi yang ketiga, yakni SEO Off-Page. Dalam menjalankan strateginya, Nike secara rutin menggunakan formula emotional marketing.
Nike memiliki banyak konten yang bukan hanya fokus pada produk saja, tapi juga pada isu-isu sosial yang relevan. Semisal lingkungan, kesehatan, anti-rasisme dan inklusivitas, dan lain-lain. Apabila Anda penasaran tentang emotional marketing ini lebih banyak, silahkan klik link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Emotional Marketing: Cara Ampuh Brand Brand Besar Mendapatkan Banyak Pelanggan
FAQ Seputar Konten
- Bagaimana Nike mengoptimalkan pengalaman pengunjung webnya?. Nike menggunakan pendekatan mobile-first dan memastikan situsnya memuat dengan cepat untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal. Mereka juga fokus pada struktur halaman yang rapi dan tautan internal yang kuat.
- Mengapa Nike fokus pada konten emosional di media sosial?. Pesan promosi yang penuh dengan emosional akan lebih mudah mengundang rasa simpati audience. Mereka jadi lebih termotivasi untuk melakukan share konten promosi Anda kepada orang lain.
Inilah penjelasan lengkap tentang strategi SEO Nike. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap dan Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Jogja Terbaik, Lengkap dan Tepercaya
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Mengintip Strategi SEO Nike […]