SEO untuk Fashion E-Commerce. SEO adalah salah satu jenis channel marketing, yang bisa Anda pilih ketika menjalankan bisnis fashion e-commerce. Anggapan ini wajar saja muncul dikarenakan SEO mampu memberikan penggunanya return on investment maksimal, dengan biaya yang minimal. Jelas saja manfaat seperti ini sangat bersahabat untuk pebisnis di dunia fashion, terlebih yang sedang berusaha menghemat banyak biaya operasional bisnis, dan lebih memfokuskannya pada biaya produksi produk fisik.
Tapi, seperti yang kita tahu, SEO bukanlah perkara yang mudah untuk dijalankan. Terlebih jika niche bisnis yang dijelajah adalah niche bisnis yang berada di ranah red ocean market seperti fashion. Lantas, seberapa sulitkah menjalankan SEO untuk fashion e-commerce ini?. MinTiv akan mengulasnya lengkap menjadi 3 bagian bahasan menarik.
Penasaran?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
Toggle1. Anda Harus Siap Melawan Website dengan Otoritas Tinggi
Hal pertama yang harus Anda ketahui, adalah lawan atau kompetitor yang Anda hadapi, adalah website-website dengan otoritas tinggi. Sebut saja seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dan lain-lain. Anda bisa membuktikannya dengan mencoba keyword pada gambar bawah ini;
Sumber: Google.com
Coba hitung berapa jumlah domain yang bukan marketplace tampil di halaman pertama keyword di atas?.
2. Anda Hanya Kebagian “Sisa-Sisa” Keyword dengan Search Volume Rendah
Ya, Anda kemungkinan besar, hanya akan kebagian “sisa-sisa” keyword dengan search volume rendah. Ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk Anda dapat membangun visibilitas website bisnis.
3. Butuh Waktu yang Lama
Efek domino dari bahasan sebelumnya, website fashion e-commerce Anda, akan memerlukan waktu yang lama untuk bisa perform di search engine.
Solusi Terbaik SEO untuk Fashion E-Commerce
3 tantangan di atas, sebenarnya sudah cukup untuk membuat pebisnis di bidang fashion, bertanya-tanya, “sia-siakah saya menjalankan SEO selama ini?”.
Jika Anda bertanya kepada MinTiv, maka MinTiv dengan tegas mengatakan tidak. Yang perlu Anda lakukan hanyalah sedikit bersabar dan mulai mengganti strategi SEO yang dijalankan, menjadi lebih relevan. Anda bisa menjalankan beberapa strategi SEO untuk fashion e-commerce di bawah ini;
1. Mulai Fokus Pada Brand Keyword
Orang-orang yang ingin membeli baju, celana atau produk fashion lainnya, biasanya tidak menggunakan Google, melainkan menggunakan aplikasi marketplace tertentu, seperti Tokopedia, Shopee dan kawan-kawannya. Nah, mereka yang menggunakan aplikasi ini, secara tidak langsung menggunakan brand keyword.
Brand keyword sendiri adalah jenis keyword spesifik, yang di dalamnya terdapat nama atau produk brand tertentu. Oleh sebab itu, pastikan web e-commerce Anda memiliki keyword density dari brand keyword yang ada, di setiap halaman web.
Baik itu di halaman beranda, layanan, kontak, produk dan juga halaman serta postingan blog website. Memilih brand keyword akan membantu Anda untuk terhindar dari persaingan ketat dengan web-web berotoritas tinggi. Meskipun search traffic yang didapatkan rendah, tapi strategi seperti ini, secara perlahan dapat mengangkat visibilitas web e-commerce Anda.
2. Pastikan Website Memiliki Performa Halaman Produk yang Baik
Ketika Anda memilih untuk menjalankan SEO pada web e-commerce, maka itu artinya Anda akan lebih banyak mempelajari product-led SEO. Sebuah metode SEO yang menjadikan produk sebagai poros utamanya. Salah satu teknik untuk dapat memaksimalkan metode ini adalah menciptakan halaman produk yang memudahkan pengunjung untuk melakukan sorting.
Sumber: Walmart.com
Anda juga bisa menerapkan teknik product inventory optimization, seperti yang dilakukan oleh website Walmart. Sesuai dengan namanya, ini adalah proses optimasi hasil pencarian produk yang dilakukan oleh pengunjung. Di mana mereka bisa mendapatkan hasil pencarian produk yang spesifik dan website dapat mengoptimalkan long-tail keyword yang dihasilkan dari pencarian tersebut.
3. Tingkatkan Visibilitas Web dengan Link Building
Strategi SEO berikutnya yang dapat membantu meningkatkan performa web e-commerce adalah dengan menjalankan link building. Anda bisa membuat daftar backlink yang nichenya relevan untuk dijadikan tujuan backlink. Selain niche yang relevan, Anda juga menggunakan beberapa kriteria penting di bawah ini;
- Memiliki search traffic yang cukup.
- Aktif memberikan konten-konten terbaru.
- Konten yang diberikan berkualitas.
- Memiliki spam score yang rendah.
- Memiliki domain authority yang tinggi, minimal berada di angka 10-15.
- Domain website backlink tidak pernah terafiliasi dengan konten-konten negatif.
4. Lakukan Promosi di Marketplace
Berikutnya adalah dengan mengambil keuntungan dari strategi SEO yang dilakukan oleh marketplace populer itu sendiri. Ya, Anda bisa membuat akun bisnis Anda sendiri di Tokopedia, Shopee dan kawan-kawannya. Maksimalkan akun bisnis tersebut untuk menjual produk Anda, sembari “curi-curi” sedikit perhatian dari audience nya.
Anda bisa menempatkan nama website Anda di dalam keterangan produk, atau pun profil toko yang ada. Strategi lain, Anda bisa memberikan watermark berisikan nama website Anda untuk setiap produk yang ada di-upload pada marketplace tersebut.
5. Manfaatkan TikTok Shop
Hampir mirip dengan sebelumnya, hanya saja platform yang digunakan adalah Online Shop. Adapun jenis online shop yang MinTiv rekomendasikan untuk Anda adalah TikTok Shop. Mengapa?. Didapatkan dari survei Populix di tahun 2022 lalu, sebanyak 1.020 responden orang Indonesia, mayoritas menggunakan TikTok untuk aktivitas belanja online.
TikTok Shop mengalahkan WhatsApp dan juga Facebook Shops yang berada di urutan 2 dan 3.
FAQ Seputar Konten
- Apakah ada strategi SEO lainnya yang bisa saya gunakan untuk web e-commerce ini?. Anda bisa mulai mempelajari lebih dalam apa itu Local SEO. Baca panduan lengkapnya untuk pemula, dengan klik link ini.
Inilah penjelasan lengkap tentang seberapa sulitkah menjalankan SEO untuk Fashion E-Commerce. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, Terbaik, dan Tepercaya, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Jasa SEO Jogja Creativism, Pelayanan Lengkap dan Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.