Strategi SEO untuk Web Rumah Sakit – SEO adalah salah satu jenis channel marketing yang banyak dipilih oleh para pebisnis karena mampu memberikan mereka banyak manfaat. Satu di antara banyak manfaat SEO ini adalah dapat memberikan pebisnis Return on Investment maksimal, dengan biaya yang minimal.
Terlebih jika dibandingkan dengan biaya yang Anda perlukan untuk menjalankan strategi SEM (Search Engine Marketing) menggunakan Google Ads. Tidak heran jika SEO ini menjadi primadona untuk kebanyakan pebisnis dari berbagai lintas industri, tidak terkecuali yang berasal dari industri kesehatan seperti Rumah Sakit.
Ya, rumah sakit juga memerlukan strategi SEO, terlebih untuk website yang mereka miliki. Ada banyak alasan mengapa website rumah sakit memerlukan penerapan SEO di dalamnya. Beberapa di antaranya seperti;
- Membantu rumah sakit untuk meningkatkan visibilitas pencariannya.
- Membantu rumah sakit untuk meningkatkan kredibilitas yang dimilikinya.
- Website rumah sakit menjadi populer dan dapat mengungguli banyak kompetitornya.
- Mampu membantu rumah sakit untuk meningkatkan prospek positifnya.
Lalu, bagaimana cara menjalankan SEO untuk website rumah sakit?. Sama seperti strategi SEO untuk website berita dan juga website loker sebelumnya, di sini MinTiv akan memberikan rangkuman 7 strategi SEO terbaiknya.
Baca Juga: 7 Strategi SEO Website Loker, Pebisnis Wajib Tahu!
Penasaran apa saja 7 strategi SEO untuk web rumah sakit ini?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
Toggle7 Strategi SEO untuk Web Rumah Sakit
1. Daftarkan Rumah Sakit di Google My Business
Strategi SEO untuk web rumah sakit yang bisa Anda jalankan pertama adalah dengan mendaftarkan rumah sakit di Google My Business. Dengan mendaftarkan rumah sakit di layanan Google ini, itu artinya Anda sudah meringankan salah satu customer effort pasien, yakni untuk bisa mendapatkan informasi rumah sakit yang Anda miliki.
Perlu diketahui juga bahwa mendaftarkan bisnis di Google My Business ini, adalah langkah awal dari penerapan Local SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Sedikit tips, gunakan keyword utama di dalam profil Google Anda.
Semisal Anda memiliki rumah sakit di daerah Sleman, Jogja, maka Anda bisa menggunakan keyword utamanya seperti ini, Rumah Sakit Sleman Jogja, (nama brand Anda).
2. Cari Sebanyak-Banyak Keyword Relevan yang Digunakan oleh Pasien
Strategi SEO kedua yang bisa Anda jadikan sebagai referensi adalah dengan mencari keyword relevan yang digunakan oleh pasien, sebanyak-banyaknya. Sebisa mungkin untuk Anda berpikir layaknya seorang pasien yang ingin mendapatkan informasi Rumah Sakit tertentu.
Sebagai alat bantu, MInTiv akan memberikan beberapa daftar keyword populer yang digunakan pengguna internet untuk mendapatkan informasi rumah sakit. Dimulai dari;
- Rumah Sakit di + (daerah Rumah Sakit Anda berdiri).
- Rumah Sakit + (daerah Rumah Sakit Anda berdiri) + Terbaik/Tepercaya/Terdekat/24 Jam.
- IGD + Terdekat di + (daerah Rumah Sakit Anda berdiri).
- Klinik + (daerah Rumah Sakit Anda berdiri).
3. Pertimbangkan untuk Membuat Halaman Menu yang Informatif
Strategi SEO untuk web rumah sakit berikutnya adalah dengan mempertimbangkan untuk membuat halaman menu yang informatif. Anda tidak bisa mengandalkan landing page untuk dapat menampung keseluruhan informasi rumah sakit.
Dimulai dari halaman utama, informasi Tentang keabsahan rumah sakit Anda, departemen atau klinik yang dimiliki, layanan dan fasilitas, dan juga informasi kontak. Semuanya memerlukan ruang tersendiri untuk tampil. Buatlah informasi-informasi seperti ini dan sejenisnya untuk menjadi halaman web tersendiri, yang saling berkaitan.
4. Jalankan Strategi Blog Marketing, Gunakan Juga untuk Keperluan Press Release
Berikutnya adalah dengan menjalankan strategi blog marketing.
Baca Juga: 5 Cara Optimasi Blog Marketing dalam Website
Anda bisa menambahkan blog ini sebagai menu dari web rumah sakit. Di dalamnya, Anda dapat memproduksi konten-konten seperti;
- Tips dan Trik Sehat.
- Buletin Kesehatan.
- Share Jurnal Ilmiah Terbaru Seputar Kesehatan.
- Dan juga pastinya Press Release berjenis media release. Semisal rumah sakit kedatangan tamu penting, atau sudah melakukan Corporate Social Responsible.
- Dan lain-lain.
5. Lakukan Link Building
Strategi SEO berikutnya adalah dengan melakukan kegiatan link building. Sesuai dengan namanya, link building adalah strategi untuk dapat membangun banyak backlink pada website lain yang relevan, dan pastinya berkualitas. Jika Anda ingin menjalankan strategi SEO satu ini, pastikan terlebih dahulu Anda memilih website backlink yang bukan hanya nichenya saja relevan, tapi juga memenuhi beberapa kriteria penting di bawah ini;
- Memiliki search traffic yang cukup.
- Aktif memberikan konten-konten terbaru.
- Konten yang diberikan berkualitas.
- Memiliki spam score yang rendah.
- Memiliki domain authority yang tinggi, minimal berada di angka 10-15.
- Domain website backlink tidak pernah terafiliasi dengan konten-konten negatif.
6. Pelajari Lebih Banyak Technical SEO
Di banyak web rumah sakit yang bisa kita temui di internet, beberapa di antaranya bukan hanya bertindak sebagai penampung informasi saja. Tapi juga dapat membantu proses administrasi rumah sakit itu menjadi lebih mudah. Semisal web rumah sakit tersebut dapat memudahkan pengunjung untuk mendaftar atau melakukan rujuk dengan dokter terpilih.
Oleh sebab itu, penting untuk pemilik web rumah sakit selalu memperhatikan kekuatan dari Technical SEO yang web miliki. Pastikan website mampu bekerja dengan baik agar fitur-fitur seperti sebelumnya, dapat terus diakses. Anda bisa melakukan konsultasi lebih lanjut dengan tim web programmer yang dimiliki.
Selain itu, Anda juga harus dapat memastikan elemen fundamental dasar Technical SEO lainnya berjalan dengan baik. Contohnya seperti;
- Keamanan website dengan sertifikat SSL yang sudah harus terpasang.
- Sitemap XML & HTML.
- Penggunaan robots.txt yang tepat.
- Tidak ada broken link.
- Penggunaan tag canonical yang tepat.
- Menerapkan Image SEO.
- Dan lainnya yang sejenis.
7. Sharing di Media Sosial
Terakhir dengan rajin sharing informasi web yang ada di media sosial terpilih. Baik itu melalui Instagram, TikTok atau bahkan Facebook. Hal ini penting dilakukan untuk dapat meningkatkan visibilitas pencarian rumah sakit Anda.
FAQ Seputar Konten
- Apakah ada strategi SEO lainnya yang dapat saya jalankan untuk memaksimalkan performa web rumah sakit?. Tentu saja ada. Anda bisa menambahkan fitur di mana pengunjung dapat bertanya langsung dengan dokter di dalam web. Fitur seperti ini, akan membantu performa website terutama dalam metrik engagements, lebih baik.
Inilah penjelasan lengkap tentang 7 strategi SEO terbaik untuk web rumah sakit. Apabila Anda tertarik untuk mendapatkan Jasa SEO Lengkap, Terbaik, dan Tepercaya, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Jasa SEO Jogja Creativism, Pelayanan Lengkap dan Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.