Strategi SEO Website Loker – Apa yang Anda cari pertama kali ketika ingin mendapatkan informasi lowongan kerja?. Satu di antara banyak jawaban yang ada, mungkin akan mengarahkan Anda, pada jawaban mencari informasi lowongan kerja tersebut di website khusus info lowongan kerja. Hal ini wajar mengingat informasi lowongan kerja yang diberikan oleh website khusus di niche ini, menawarkan pengunjungnya info yang lengkap.
Tapi, bagaimana caranya agar website bisa muncul dan mudah ditemukan di internet, atau lebih tepatnya di search engine, Google oleh para pencari kerja?.
Jawaban dari pertanyaan ini, jelas adalah dengan mengembangkan website tersebut menggunakan kaidah SEO (Search Engine Optimization). Metode ini, jauh lebih bersahabat untuk pemilik website lowongan kerja (loker) mengembangkan bisnis infonya. Apalagi jika kita coba bandingkan dengan metode lain semisal SEM (Search Engine Marketing) menggunakan Google Ads.
Baca Juga: Ingin Punya Website Berita?, Ini Dia 7 Strategi SEO Terbaiknya!
Lantas, bagaimana caranya menjalankan SEO untuk website loker ini?. MinTiv punya 7 strategi jitunya untuk Anda. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
Toggle7 Strategi SEO untuk Website Loker
1. Segmented Marketing
Kurang lebih sama seperti penjelasan pada strategi SEO untuk website berita sebelumnya. MinTiv menyarankan kepada Anda untuk menerapkan strategi segmented marketing. Anda bisa melakukan strategi SEO seperti memberikan nama domain yang memiliki makna kata lowongan kerja lalu diikuti nama daerah. Semisal lokerjogja.
Atau, Anda bisa memberikan nama domain yang langsung menjurus pada jenis pekerjaan tertentu. Semisal lokerdesainer. Strategi SEO segmented seperti ini dapat kita sebut sebagai bagian dari Exact Match Domain. Untuk beberapa kasus website, strategi seperti ini ampuh digunakan. Terlebih untuk website loker yang memang memiliki pasar yang spesifik.
2. Memaksimalkan Fitur Sorting dan Kategori
Strategi SEO kedua yang bisa Anda terapkan sebagai pemilik website loker adalah dengan memaksimalkan fitur sorting, kategori. Ya, lagi-lagi mirip dengan strategi SEO untuk website berita sebelumnya. Banyaknya kategori tentu akan sangat memudahkan para pencari kerja, mencari info loker yang sesuai dengan referensinya.
Pastikan website memiliki fitur search yang bekerja dengan baik. Kedua fitur ini, sorting, kategori dan juga search adalah poros utama untuk website loker mendapatkan dwell time maksimal. Anda bisa saja memasukan beberapa kategori pekerjaan di bawah ini sebagai referensi.
Lokasi Kerja. semisal Anda ingin membangun website loker untuk daerah Banyumas, maka kategorinya bisa menggunakan kategori kecamatan Banyumas itu sendiri, seperti;
- Ajibarang.
- Baturaden.
- Cilongok.
- Gumelar.
- Kalibagor.
- Kembaran.
- Jatilawang.
- Dan lain-lain.
Untuk Lulusan;
- SD-SMP.
- SMA-SMK.
- D1-D3.
- S1-D4.
- S2 – Profesi.
- S3.
Status Pekerjaan;
- Part Time.
- Full Time.
- Freelance.
- On-Call.
- Kontrak.
- Volunteer.
Bidang Industri
- Manufaktur.
- Teknologi.
- Pendidikan.
- Kesehatan.
- Marketing.
- Dan lain-lain.
Kebijakan Kerja
- Work From Home.
- Work From Office.
- Remote.
- Hybrid.
Pengalaman yang Dibutuhkan
- Tidak Berpengalaman.
- Fresh Graduate.
- Kurang dari Setahun.
- 1-3 tahun
- 3-5 tahun.
- 5-10 tahun.
- Lebih dari 10 tahun.
Informasi Di-Upload
- 24 Jam Terakhir.
- 1 Minggu Terakhir.
- Sebulan Terakhir.
- Kapan Pun.
Dan kategori-kategori lainnya.
3. Tampilan Mobile Friendly
Berikutnya adalah dengan memastikan website loker yang ada, memiliki tampilan yang mobile friendly. Meskipun website loker juga mendapatkan sumber traffic yang cukup banyak dari platform berjenis desktop, tapi tidak bisa dipungkiri bahwa mengakses website melalui mobile lebih sering dilakukan.
Sumber: SEMrush.com
Sumber: SEMrush.com
SEMrush.com
Dari 3 gambar di atas, terlihat dengan jelas bahwa 3 website loker tersebut, mendapatkan traffic yang cukup besar dari platform mobile. Ya, terkadang pengguna internet yang sedang mencari informasi kerja, ingin melakukannya sambil rebahan atau bersantai.
Baca Juga: Jenis Jenis Traffic Website
Oleh sebab itu, pilih template website yang mobile friendly.
4. Keterangan Loker yang Jelas dan Konsisten
Strategi SEO website loker berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan memastikan informasi loker yang diberikan jelas dan konsisten. Untuk bisa mendukung strategi SEO ini, Anda perlu menetapkan terlebih dahulu template postingan loker yang ada.
Membagi postingan ke dalam subheading yang memudahkan pengunjung untuk membaca dan memahami keseluruhan informasi. Anda bisa menggunakan outline konten di bawah ini sebagai referensi untuk membuat template postingan tersebut.
- Judul Info Lowongan Kerja
- Intro (berisikan deskripsi singkat tentang perusahaan pemberi loker).
- Subheading 2: Ringkasan. (Berisikan info kualifikasi kerja singkat).
- Subheading 2: Deskripsi Pekerjaan.
- Subheading 2: Syarat & Kualifikasi Standar yang Diperlukan.
- Subheading 2: Keuntungan Bekerja dengan (nama perusahaan pemberi loker).
- Subheading 2: Kontak yang Bisa Dihubungi
- Subheading 2: Laporan Pertanggungjawaban Admin Website Loker (Berisikan keterangan terkait disclaimer, bahwa informasi loker yang diterima sudah disaring dengan baik. Tambahkan juga keterangan bahwa pelamar kerja juga wajib melakukan check and recheck. Berikan peringatan hati-hati penipuan dan tetaplah waspada).
5. Pastikan Anda Mendapatkan Sumber yang Jelas
Meskipun Anda sudah menuliskan disclaimer di postingan loker yang ada, itu bukan berarti Anda melepas tanggung jawab yang ada. Terlebih jika website loker yang Anda miliki, cukup sering menerima informasi loker yang tidak jelas entitas pemiliknya.
Ingat, salah satu alasan mengapa website loker ramai dikunjungi, adalah website loker tersebut dapat dipercaya. Hal ini juga berkaitan erat dengan salah satu faktor ranking Google yakni Page Experience. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan salah satu elemen penting algoritma terbaru dari Google, yakni E-E-A-T, terlebih pada elemen trustworthiness.
6. Berikan Call to Action
Berikutnya adalah dengan memberikan call to action yang jelas. Adanya call to action di dalam postingan loker, tentu akan sangat memudahkan pengunjung untuk segera mengirimkan lamaran kerjanya pada perusahaan terkait.
7. Sharing di Media Sosial
Terakhir adalah dengan melakukan sharing di media sosial. Anda bisa membuat akun Instagram bisnis tersendiri untuk memperkuat visibilitas website loker di internet.
FAQ Seputar Konten
- Apakah ada strategi SEO lainnya untuk website loker ini?. Tentu saja ada. Anda bisa menerapkan strategi blog marketing, di mana di dalam blog tersebut, Anda bisa memproduksi konten seputar dunia kerja. Anda juga bisa menerapkan strategi link building, memasang backlink di website-website lain yang relevan. Anda bisa mendaftar di Google My Business untuk memperkuat kredibilitas yang dimiliki.
- Apakah website loker seperti ini dapat dimonetisasi?. Tentu saja, Anda bisa melakukan kegiatan monetisasi ini dengan membayar biaya kepada perusahaan yang ingin memasang info lokernya. Mendaftarkan website ke layanan Google Adsense dan sejenisnya, lalu iklan yang muncul Anda tampilkan ke dalam blog. Anda juga bisa melakukan kegiatan monetisasi lain seperti bekerjasama dengan perusahan pelatihan kerja.
Inilah penjelasan lengkap tentang 7 strategi SEO untuk website loker. Apabila Anda memiliki website loker dan ingin performanya maksimal di Google, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Jasa SEO Jogja Creativism, Pelayanan Lengkap dan Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.