Strategi SEO Website Berita – Sebutkan salah satu jenis website yang banyak dikunjungi oleh pengguna internet?. Satu di antara banyak jawaban yang ada, mungkin akan mengarahkan Anda kepada jenis website berita. Hal ini wajar mengingat internet menawarkan penggunanya untuk mendapatkan informasi aktual dengan cepat, mudah, dan gratis.
Bahkan data dari SEMrush Traffic Analytics 2024, menyatakan bahwa 2 di antara 20 website popular yang dikunjungi oleh warga Indonesia adalah website berita. 2 website berita yang dimaksud ini, tidak lain dan tidak bukan adalah Detik.com dan juga Kompas.com. Detik.com berada di urutan keempat dengan total kunjungannya mencapai angka 393,239,246. Sedangkan Kompas.com berada di urutan 16 dengan total kunjungannya mencapai angka 195,288,686.
Ini artinya, website berita selalu punya potensi yang kuat untuk mendapatkan traffic yang besar. Selain potensi traffic yang besar, website berita juga banyak dijalankan karena mampu memudahkan pemiliknya, menjalankan berbagai strategi monetisasi.
Baik itu monetisasi melalui layanan iklan digital seperti menjadi publisher dari Google Adsense sejenisnya, menyediakan jasa content placement, artikel backlink, dan lain-lain. Tidak heran jika bisnis untuk membuat website berita sendiri, laris manis. Baik itu yang berasal dari media independen atau perusahaan media informasi. Sayangnya, bisnis seperti ini bukanlah perkara yang mudah, terlebih untuk Anda yang baru memulai perjalanannya.
Baca Juga: Apa itu SEO Cloud Stacking, Manfaat dan Tantangannya?.
Website yang baru Anda bangun, tentu saja bukan tandingan untuk kedua website berita sebelumnya. Anda harus berpikir realistis dan memanfaatkan segmen berita pasar lainnya. Anda harus dapat memastikan website berita yang dijalankan, memenuhi dengan baik kriteria SEO friendly.
Nah, untuk penjelasan yang terakhir ini, MinTiv akan berbaik hati memberikan 7 strategi terbaik menjalankan SEO untuk website berita. Tenang saja, strategi yang MinTiv berikan ini, bukanlah “strategi permukaan”.
7 Strategi SEO Website Berita
7 strategi ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin menjalankan bisnis website berita secara independen, atau bersama tim kecilnya. Anda yang membaca artikel ini lengkap, akan sangat sangat bersyukur!. Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya!.
1. Fokus ke Berita Lokal/Topik Tertentu
Strategi SEO pertama, adalah Anda yang dapat memilih topik berita yang lebih spesifik. Menjalankan website berita dengan banyak kategori layaknya Kompas atau Detik, tentu akan sangat melelahkan. Terlebih untuk Anda yang bekerja independen atau bersama tim kecil.
Oleh sebab itu, lakukanlah strategi segmented marketing. Pilih segmen yang sekiranya banyak dicari, tetapi tidak banyak yang mengulasnya. Meskipun website berita dari perusahaan media besar juga menerapkan strategi seperti ini, metrik performa yang mereka dapatkan tidak sebaik metrik performa mereka di topik atau lokasi berita yang lebih luas.
Contoh saja Kompas.com dengan Kompas.com/tag/inhu. Dapat Anda lihat melalui gambar di bawah, laman Kompas.com/tag/inhu mendapatkan traffic lebih kecil jika dibandingkan dengan laman Kompas.com
Sumber: SEMrush.com
Sumber: SEMrush.com
Sebaliknya, website yang memilih fokus pada lokasi berita tertentu, malah mendapatkan traffic lebih besar.
Sumber: SEMrush.com
Hal yang juga kurang lebih sama berlaku untuk segmented marketing yang diterapkan pada topik bahasan tertentu. Laman Kompas.com/food/tips-kuliner tidak mendapatkan traffic yang lebih besar jika dibandingkan dengan website yang fokus pada topik tersebut.
Melakukan segmented marketing seperti ini sendiri, akan memberikan Anda banyak keuntungan. Beberapa di antaranya seperti;
- Proses riset lebih cepat dengan skala atau ruang lingkup data yang lebih kecil.
- Website punya kesan unik tersendiri.
- Lebih mudah dikenal karena bersifat lokal, dan juga mampu mendapatkan domain authority yang cukup tinggi di segmennya.
2. Template Website yang Penuh Informasi
Strategi yang kedua adalah dengan memilih template website yang penuh dengan informasi, alias penuh dengan kategori dan juga tag. Strategi kedua ini dimaksudkan agar website berita yang Anda buat, bisa menekan rasio bounce rate yang didapatkan.
Ya, perlu diketahui bahwa ketika Anda menjalankan website berita, maka risiko website tersebut mendapatkan bounce rate yang cukup tinggi, relatif besar. Hal ini dapat dilihat melalui 2 website berita populer di Indonesia yang memiliki rasio bounce rate yang besar. Detik.com punya rasio bounce rate 48.63% dan Kompas.com punya rasio bounce rate 64.39%.
Penyebab bounce rate pada website berita ini terbilang wajar mengingat kebanyakan pengguna internet, hanya akan mencari informasi yang diperlukan atau sedang viral saja. Ketika mereka sudah mendapatkan informasi tersebut, mereka akan langsung beralih kembali ke SERP (Search Engine Results Page).
Memilih template website yang penuh informasi juga akan memberikan Anda banyak keuntungan. Salah satunya adalah memudahkan strategi internal link yang efektif. Sedikit tambahan dari MinTiv, sebisa mungkin untuk menyematkan internal link yang membahas topik yang selaras atau relevan dengan konten yang ada. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung bisa setidaknya melakukan interaksi dalam web, lebih dari 1 halaman saja.
3. Daftarkan Website di Google News
Sumber: News.google.com
Strategi SEO untuk website berita berikutnya adalah mendaftarkan website di Google News. Sesuai dengan namanya, Google News sendiri adalah agregator berita dari Google, yang mengumpulkan serta menampilkan berita dari berbagai sumber berita online.
Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari mendaftar website di Google News. Secara garis besar, keuntungan tersebut berkutat pada performa website untuk faktor ranking, yakni Page Experience yang lebih baik.
Ya, Google News memudahkan pengunjung untuk mendapatkan diversitas sumber berita, personalisasi berita dan keterbukaan informasi. Website yang mendukung 3 hal ini, tentu punya nilai di mata pengunjung.
Lalu, bagaimana caranya mendaftarkan website di Google News?. Anda bisa melakukan beberapa langkah sederhana di bawah ini;
- Login ke Publisher Center menggunakan akun Google.
- Tambahkan website Anda pada opsi Add Publication.
- Lakukan verifikasi di Google Search Console.
- Tunggu review beberapa hari dari Google.
4. Daftar di Google My Business, Tingkatkan Kredibilitas yang Ada.
Langkah selanjutnya adalah dengan mendaftar website berita Anda ke dalam Google My Business. Langkah ini penting untuk Anda lakukan karena selain dapat memudahkan website untuk perform di versi lokalnya, ini juga bisa meningkatkan kredibilitas Anda.
Ingat, salah satu alasan mengapa website berita ramai dikunjungi adalah karena website tersebut memiliki kredibilitas yang tinggi.
5. Buat Halaman agar Pengunjung Bisa Mengirimkan Berita Lokalnya Sendiri
Sumber: Korankaltim.com
Strategi SEO berikutnya, sedikit berhubungan strategi SEO yang kedua. Hubungan tersebut dapat dilihat melalui tujuan yang sama. Di mana strategi SEO ini diperuntukan agar pengunjung bisa memberikan dwell time maksimal kepada website.
Memberikan halaman berisikan penjelasan pengunjung bisa mengirimkan berita lokalnya, akan memberikan pebisnis banyak keuntungan. Satu yang paling kentara tentu saja adalah memudahkan Anda untuk mendapatkan berita yang benar-benar aktual.
Hanya saja, Anda perlu memastikan berita yang dikirimkan oleh pengunjung benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Buat keterangan yang ada di halaman ini sejelas mungkin. Sematkan kriteria penulisan berita khusus yang Anda miliki sebagai standar kualitas yang ada.
6. Sharing di Media Sosial
Menjelang akhir adalah dengan melakukan sharing di media sosial. Hal ini dilakukan untuk dapat memperluas visibilitas website di internet.
7. Lakukan Strategi Tanam Backlink di Website Relevan
Untuk strategi SEO website berita yang terakhir adalah dengan melakukan strategi tanam backlink di website yang relevan. Untuk strategi yang terakhir ini, tips dan triknya bisa Anda baca lengkap melalui klik link buletin di bawah ini;
Baca Juga: Tips dan Tips Memilih Backlink yang Bukan Badlinks
FAQ Seputar Konten
- Berapa lama waktu yang diperlukan agar konten website berita ini dapat perform? Tidak ada waktu yang pasti. Yang jelas Anda harus konsisten dan percaya pada proses.
- Apakah ada strategi SEO website berita tambahan lainnya?. Anda bisa saja menerapkan strategi seasonal keywords, menuliskan konten yang ada dengan bahasa daerah sesuai target lokalnya, dan lain-lain.
Inilah penjelasan lengkap tentang strategi SEO website berita. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, Tepercaya dan Lengkap, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: Jasa SEO Jogja Creativism, Pelayanan Lengkap dan Terbaik
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.