Strategi SEO Bulan Ramadan – Ramadan tiba, ramadan tiba, marhaban ya ramadan, marhaban ya ramadan, marhaban ya ramadan.
Mungkin itulah soundtrack lagu yang sering Anda dengar belakangan ini. Ya, bertepatan dengan suasana ramadan 2023, MinTiv berniat “bagi bagi pahala” dengan memberikan insight kepada Anda terkait strategi SEO terbaik di bulan Ramadan.
Bulan di mana umat muslim, penduduk mayoritas di Indonesia melaksanakan ibadah puasa dari terbitnya matahari hingga terbenamnya matahari. Di bulan ini pula aktivitas belanja masyarakat meningkat dengan drastis.
Dilarangnya seseorang untuk makan dan minum, tentunya akan menjadikan kadar aktivitas biasanya menurun. Masyarakat tentu akan lebih banyak melakukan kegiatan di rumah, dengan memanfaatkan perantara teknologi. Salah satunya adalah Google untuk akses informasi.
Oleh sebab itu penting bagi Anda pebisnis cerdas untuk memanfaatkan momentum yang ada. Dan salah satunya adalah dengan melakukan banyak promosi menggunakan teknik SEO marketing. Tahun lalu, Google menyatakan sekitar 48% penggunanya menghabiskan budget untuk kebutuhan yang berkaitan dengan Idul Fitri dan juga ramadan.
Baca Juga: 5 Tips SEO Copywriting Keren 2023
Persentase jumlah yang terbilang fantastis. Mengabaikannya, jelas adalah kesalahan yang besar.
Anda butuh strategi SEO yang matang. Berikut adalah strategi SEO bulan ramadan yang dapat Anda jadikan referensi;
Strategi SEO Terbaik untuk Bulan Ramadan
Sumber: Pixabay.com
1. Memahami Tren Konten
Agar lebih mudah, kita akan membagi tren konten ini berdasarkan 4 bagian waktu. Yakni sebelum ramadan, ramadan minggu 1-2, minggu 3-4, dan juga pasca ramadan.
Adapun sebelum ramadan, strategi SEO yang diterapkan akan memberikan hasil yang maksimal jika Anda memfokuskan konten pada beberapa kategori seperti;
- Konten religius, seperti doa-doa saat Ramadan. Semisal membuat konten tentang doa niat berpuasa, doa berbuka puasa, waktu-waktu yang mustajab ketika ramadan, tata cara shalat tarawih dan lain-lain.
- Konten-konten yang bertemakan fashion juga akan naik drastis di bulan ramadan.
Di minggu 1-2, Anda bisa beralih dengan fokus pada beberapa kategori konten seperti;
- Konten resep makanan khas ramadan.
- Resep takjil yang enak dan lezat.
- Resep berbuka dan sahur yang sehat, dan juga konten seputar ibadah di bulan ramadan. Semisal tata cara tarawih dan witir.
Berikutnya, di minggu 3-4, Anda bisa fokus untuk memperbanyak konten religi. Terlebih lagi dalam ajaran umat muslim yakni Islam, terdapat keutamaan di 10 hari terakhir ramadan.
- Anda bisa menggenjot banyak artikel di kategori religi, terutama yang berkaitan dengan lailatul qadar. Konten-konten hiburan jelang lebaran seperti tips mudik pun bisa Anda andalkan.
Terakhir adalah pasca ramadan. Di sini kamu bisa mulai mengaktifkan konten yang bernuansa lebaran. Seperti konten kado untuk lebaran, konten info traveling dan liburan bersama keluarga.
2. Pahami Audiens Anda
Yang kedua adalah memahami tipe audiens Anda selama ramadan.
Untuk ini bisa Anda sesuai dengan data buyer persona yang sebelumnya Anda rancang. Pastikan bahwa konten Anda benar-benar tepat sasaran, dan hal itu dapat terlihat dari tata bahasa yang digunakan.
Baca Juga: Karakteristik Konsumen di Indonesia
Adapun di bulan ramadan, Anda akan temukan tambahan audiens baru, yakni audiens mualaf. Ya, di bulan ramadan, akan ada banyak warga di Indonesia yang memutuskan untuk pindah agama. Anda bisa memaksimalkan lebih banyak konten Anda pada panduan untuk mualaf.
3. Sesuaikan dengan Niche Bisnis Anda
Terakhir adalah dengan menyesuaikan konten-konten tersebut dengan niche bisnis Anda. Apabila Anda menjalankan bisnis di bidang konsultasi bisnis, maka Anda bisa menjalankan konten tentang tips mengelola bisnis ala Nabi.
Terpenting jangan sampai membawakan konten yang itu sudah menyebrang jauh dari niche bisnis Anda. Ingat bahwa Google bekerja dengan memanfaatkan algoritma E-E-A-T.
Inilah penjelasan rinci tentang strategi SEO terbaik di bulan ramadan. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa SEO Terbaik, hubungi Creativism.
Baca Juga: Apa Saja Strategi SEO Terbaik Tahun 2023?
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.