Karakteristik Konsumen Indonesia – Untuk dapat memenangkan persaingan bisnis di Indonesia, Anda butuh pemahaman yang kuat terhadap karakteristik konsumen. Pemahaman terhadap karakteristik konsumen Indonesia sendiri akan membantu Anda untuk lebih mudah lakukan segmented marketing ataupun behavioral targeting. Ya, pemahaman seperti inilah yang wajib dimiliki oleh pebisnis jika ingin menjalankan bisnis berkelanjutan.
Di sini MinTiv akan berbagi hasil riset terbaru penulis karakteristik konsumen yang ada di Indonesia. Dari hasil riset tersebut didapatkan bahwa ada 10 karakteristik konsumen yang umum dijumpai. 10 karakteristik konsumen tersebut adalah;
10 Karakteristik Konsumen Indonesia
1. Religius atau Keagamaannya Kuat
Karakteristik pertama yang akan sering Anda jumpai adalah religius atau keagamaannya kuat. Hal ini bisa kita maklumi karena Indonesia terkenal sebagai negara yang damai dan teguh dalam pendiriannya memeluk ajaran agamanya masing-masing. Meskipun sekarang gerakan sekuler sudah mulai muncul, tapi tidak mempengaruhi mayoritas masyarakat Indonesia.
Oleh sebab itu, sebagai pebisnis kita harus memaklumi karakteristik ini sebagai bagian dari proses pemahaman pemilihan strategi yang baik. Salah satu contoh penerapan strategi hasil pemahaman karakteristik ini adalah strategi yang melibatkan nilai sosial keagamaan seperti branding perusahaan memanfaatkan acara bukber, atau mudahnya membuat desain konten untuk seluruh hari hari besar keagamaan.
2. Senang Berkomunikasi Satu Sama Lain
Yang kedua adalah senang berkomunikasi satu sama lain. Komunikasi ini dilakukan secara beragam, baik menggunakan media internet atau media lain yang bukan internet. Sebab inilah, Anda akan mudah temukan banyak komunitas yang ada di Indonesia. Anda bisa bergabung ke dalam komunitas tersebut (sesuai niche bisnis) untuk lebih mudah mendapatkan pendekatan efektif dengan konsumen.
3. Berpikir Jangka Pendek
Ketiga adalah mereka yang membeli sesuatu dalam sudut pandang pendek. Artinya mereka cenderung melakukan pembelian karena sifat tergesa-gesa ingin memiliki padahal belum tentu dibutuhkan. Semisal ingin membeli produk minuman A, bukan karena sedang haus tapi karena hanya ingin mencobanya karena sedang ramai di sosmed.
Karakteristik konsumen seperti ini sangat efektif dijadikan target dari Stealth marketing dan juga FOMO marketing.
4. Tanpa Rencana
Lanjutan dari karakteristik sebelumnya, konsumen Indonesia cenderung menjadi impulsive buying. Yang artinya mereka cenderung memutuskan untuk membeli sesuatu di Supermarket ketika sudah sampai di sana, daripada menuliskan terlebih dahulu daftar belanjaan.
5. Berorientasi pada Teknologi
Kelima adalah orientasi pada teknologi. Yaps, hal ini wajar saja dimiliki sebagai salah satu dari karakteristik konsumen karena juga perkembangan teknologi yang pesat. Contohnya ketika seseorang yang ingin membeli smartphone, maka mereka (kebanyakan terutama laki-laki) akan terlebih dahulu mencari spek dengan “daleman” chipset terbaru.
Contoh lainnya adalah ketika konsumen hanya menginginkan Jasa Kelola Instagram Terbaik yang didukung oleh berbagai tools Digital Marketing premium kekinian.
6. Pantang Ketinggalan
Berikutnya adalah pantang ketinggalan atau suka ikut-ikutan. Untuk karakteristik ini, biasanya pembelian mereka akan dipengaruhi oleh pihak ketiga yang mereka percayai, atau yang mereka idolakan.
Semisal Si A memiliki seorang panutan di bidang Sepakbola, anggap saja Cristiano Ronaldo. Dan ketika Ronaldo mempromosikan baju atau produk olahraga atas namanya, si A jadi terpengaruh untuk membeli produk itu segera.
Seperti contoh kasus di atas, Anda pastinya sudah paham bahwa strategi review dari pengguna sebelumnya atau menggunakan influencer efektif untuk karakteristik ini.
7. Tidak Sadar Lingkungan
Ketujuh adalah mereka yang masih belum terlalu sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Salah satu buktinya adalah masih banyaknya masyarakat Indonesia yang lebih suka menggunakan kantong plastik ketimbang tas belanjaan ketika di supermarket.
Hal ini didukung juga fakta bahwa pendekatan untuk karakteristik ini dalam bisnis masih sangat sulit. Kita dapat melihat bagaimana industri sustainable saat ini yang masih kalah dengan industri konvensional.
8. Narsisitik
Sebenarnya seseorang yang memfoto belanjaannya lalu post di sosmed, tidak bisa serta merta kita bilang narsis. Ada beberapa poin penting yang harus kita pahami sebelum melakukan diagnosa apakah seseorang itu narsis atau tidak.
Tapi, agar lebih mudah dipahami, kita anggap saja itu bagian dari “narsis kecil”. Mereka yang tergolong ke dalam karakteristik ini, biasanya membeli sesuatu karena nilai dari barang tersebut, dan bukan fungsionalitasnya. Setelah dibeli mereka akan post produk tersebut di sosmed mereka untuk mempertegas status sosial mereka.
Contohnya saja mereka yang membeli mainan Gundam, yang sejatinya “hanya mainan” tetapi mereka rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah.
9. Orientasi Produk Luar Negeri
Tidak bisa dipungkiri memang, produk luar negeri selalu bisa mencari cara untuk menang dari produk dalam negeri. Selain karena lebih prestisius, produk luar negeri biasanya memiliki kualitas yang jauh di atas produk dalam negeri.
Jika Anda adalah pebisnis produk lokal, maka Anda perlu strategi lebih jitu lagi selain hanya menjual tagline “Karya Anak Bangsa”, semisal peningkatan kualitas.
10. Pro Produk Dalam Negeri
Terakhir, berkebalikan dari yang sebelumnya, yakni pro produk dalam negeri. Mereka yang memiliki karakteristik seperti ini, umumnya tidak mempermasalahkan kualitas produk yang ada selama masih bisa digunakan.
Hanya saja, mereka akan jadi konsumen yang sering memberikan Anda saran untuk perbaikan kualitas produk. Untuk itu Anda perlu meningkatkan kesabaran Anda.
Inilah 10 karakteristik konsumen yang ada di Indonesia.
Apabila Anda ingin mendapatkan jasa digital marketing terpercaya guna dapat membantu Anda mana karakteristik konsumen yang cocok Anda maksimalkan dalam bisnis, hubungi Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 10 Karakteristik Konsumen di Indonesia […]
[…] Baca Juga: Apa Saja Karakteristik Konsumen yang Ada di Indonesia? […]