Strategi SEO untuk Industri SaaS. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, sebuah strategi optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama search engine. Terutama search engine terpopuler di dunia yakni Google. Strategi optimasi website ini, dilakukan pada keyword tertentu yang menjadi target utama.
Di dalamnya, kita akan menemukan banyak hal penting yang mesti dipelajari. Salah satunya adalah mempelajari keempat metode SEO penting, yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO. Keempat metode SEO penting ini, harus dapat Anda jalankan secara maksimal jika ingin mendapatkan berbagai manfaat SEO.
Adapun manfaat SEO yang bisa kita dapatkan seperti;
- Mampu meningkatkan visibilitas pencarian website bisnis.
- Organic search website meningkat.
- Website menjadi lebih optimal sebagai tool bisnis.
- Mampu memberikan return on investment maksimal dengan modal yang minimal.
- Memudahkan nama bisnis meningkat di pasar lokal.
- Dan lain-lain.
Tidak heran jika kebanyakan pebisnis dari seluruh jenis industri, menjalankan strategi SEO ini untuk website bisnisnya. Tidak terkecuali pebisnis dari jenis industri SaaS.
SaaS sendiri adalah akronim dari Software as a Service, perangkat lunak yang menyediakan banyak layanan. Biasanya memiliki sistem kerja berbasis cloud. Adapun contoh dari SaaS ini seperti, email, Office 365, streaming video, dan berbagai alat analisis lainnya.
Baca Juga: Cara Meningkatkan Experience Website untuk Algoritma E-E-A-T
Lalu, bagaimana caranya mengoptimalkan atau menjalankan strategi SEO untuk industri SaaS ini?. MinTiv akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini. Jadi, silahkan simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
ToggleStrategi SEO untuk Industri SaaS
Di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi 5 strategi SEO yang relevan sekaligus. Dimulai dari;
1. Melakukan Keyword Research yang Relevan
Ya, sama seperti strategi SEO pada umumnya, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan proses keyword research, berjalan relevan. Pastikan Anda menggunakan lebih banyak long-tail keywords ketimbang short-tail keywords. Lebih spesifik lagi, Anda dapat mengandalkan deretan low hanging fruit keywords yang tersedia.
Untuk prosesnya, Anda bisa menggunakan tools SEO premium seperti SEMrush, Ahrefs, dan juga Ubersuggest.
2. Memperhatikan Keyword Density
Setelah mendapatkan deretan target keyword yang relevan, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan, adalah jelas dengan mulai membuat konten berkualitas. Satu di antara banyak hal penting yang harus Anda perhatikan adalah keyword density.
Apa itu keyword density?. Keyword density adalah persentase munculnya keyword utama di dalam sebuah konten. Biasa, keyword utama harus dapat dimunculkan di dalam konten dengan persentase mencapai 1-2%. Berikut adalah beberapa elemen-elemen penting konten yang harus memuat keyword utama konten, dimulai dari;
- Judul.
- Url.
- Meta description.
- Intro atau paragraf pertama konten.
- Alt text gambar.
3. Membuat Konten yang Berkualitas
Kelanjutan dari strategi SEO untuk industri SaaS berikutnya, adalah Anda yang harus dapat membuat konten yang berkualitas. Pada umumnya, konten yang dikreasikan untuk kegiatan SEO ini adalah konten artikel atau halaman informasi (produk/jasa). Untuk strategi ketiga ini, Anda bisa membaca artikel di bawah untuk dapatkan petunjuk lebih lengkap.
Baca Juga: 8 Cara Membuat Konten SEO Friendly
4. Membangun Backlink dari Web Relevan dan Berkualitas
Strategi SEO untuk industri SaaS berikutnya adalah dengan membangun backlink dari web relevan dan juga berkualitas. Anda bisa membangun backlink ini dari banyak kegiatan. Dimulai dari kegiatan guest blogging, kolaborasi dengan website mitra bisnis, atau dengan membayar content placement.
Ada banyak kriteria penting yang wajib untuk Anda pahami sebelum memilih web tertentu sebagai sumber backlink. Berikut adalah beberapa kriteria penting tersebut;
- Memiliki rekam jejak yang baik. Domain website tidak pernah terafiliasi konten-konten negatif.
- Selalu update memberikan konten yang berkualitas.
- Domain dan page authority berada di angka 20 atau lebih.
- Umur yang dimiliki website minimal adalah 6 bulan atau 1 tahun.
- Memiliki spam score yang rendah.
- Search traffic yang cukup per bulannya.
- Niche konten yang relevan.
5. Maksimalkan Strategi Local SEO
Strategi SEO untuk industri SaaS yang terakhir adalah dengan memaksimalkan strategi Local SEO. Local SEO sendiri adalah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya difokuskan pada pencarian lokal. Metode ini, akrab dengan proses optimalisasi Google My Business.
Ya, Anda harus dapat memastikan profil bisnis yang ada di tool Google satu ini, lengkap dan mudah dibaca. Pastikan juga Anda memaksimalkan fitur Google Reviews yang ada. Pancing lebih banyak target audience, pengunjung dan pengguna software Anda untuk mau memberikan reviews positif di Google Reviews.
Honorable Mention: Maksimalkan Technical SEO Website!
Tidak kalah penting dari kelima strategi SEO untuk industri SaaS sebelumnya, di sini MinTiv juga menyarankan kepada Anda untuk memaksimalkan Technical SEO website. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya fokus pada aspek teknis web. Hal ini wajar untuk diperhatikan mengingat website SaaS umumnya memiliki metrik engagements yang tinggi. Oleh sebab itu, pastikan setiap elemen website dapat dimuat dengan sempurna oleh pengunjung.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu SEO dan mengapa penting untuk SaaS? SEO, atau Search Engine Optimization, adalah proses mengoptimalkan website agar tampil di hasil pencarian teratas mesin pencari seperti Google. Untuk bisnis SaaS, SEO membantu meningkatkan visibilitas, menarik audiens yang relevan, dan mendorong konversi melalui lalu lintas organik.
- Konten seperti apa yang efektif untuk SEO SaaS?. Konten yang efektif meliputi panduan teknis, studi kasus, artikel tentang tren industri SaaS, dan halaman informasi produk. Konten harus relevan, informatif, dan menarik bagi target audiens.
Inilah penjelasan lengkap tentang strategi SEO untuk industri SaaS. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, Layanan Lengkap & Tepercaya, hubungi saja Creativism.id
Pesan Sekarang: Jasa SEO Harga Murah, Berkualitas, dan Tepercaya!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.