Tempat Keyword Utama. Satu dari sekian banyak metode SEO penting yang harus kita pelajari adalah On Page SEO. Sebuah metode SEO yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website utama. Di dalam metode SEO ini, kita akan menemukan banyak teknik-teknik turunannya. Satu yang paling sering disebut tentu saja adalah teknik produksi konten website berkualitas.
Teknik ini sendiri, bukanlah perkara yang mudah untuk dijalankan. Ada banyak hal penting yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah keyword density. Keyword density sendiri adalah persentase munculnya keyword utama di dalam konten. Biasanya, keyword utama di dalam konten ini, disarankan muncul dengan persentase 1-2%. Ingat ya, disarankan, bukan diwajibkan, terlebih jika memang peletakan keyword utama tersebut di dalam konten, menyebabkan konten jadi kurang natural.
Baca Juga: Strategi SEO untuk Industri SaaS, Bantu Buat Bisnis Lebih Berkembang!
Lalu, di mana saja sih, tempat keyword utama ini?. MinTiv akan memberikan jawabannya lengkap di dalam artikel ini. Jadi, simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
Toggle1. Judul Konten
Ya, tempat keyword utama pertama adalah judul konten. Hal ini wajar saja mengingat judul konten adalah pemikat nomor 1 untuk calon pengunjung melakukan klik dari SERP (Search Engine Results Page). Apabila judul konten menempatkan keyword utama yang itu juga sedang dicari atau banyak dicari oleh calon pengunjung, hasrat mereka untuk mengkliknya akan tinggi.
Pastikan juga Anda menempatkan keyword utama secara natural. Pastikan judul konten yang ada tetap menarik dan tidak monoton. MinTiv sendiri sudah memberikan tips dan trik membuat judul konten yang menarik. Anda bisa membacanya lengkap melalui klik link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Membuat Konten SEO-Friendly yang Menjual
2. URL Konten
Tempat keyword utama kedua adalah URL konten. URL (Uniform Resource Locator) yang di dalamnya terdapat keyword utama, tentu akan memudahkan crawler memahami maksud dari konten yang ada. Crawler jadi dapat memahami konten ingin perform di keyword apa. Tambahan, URL konten yang di dalamnya terdapat keyword utama, dan dibuat singkat, akan memiliki nilai shareable yang lebih baik.
3. Meta Description
Ketiga adalah meta description. Meta description adalah keterangan yang muncul di bagian bawah judul konten website di SERP. Keterangan ini muncul sebagai deskripsi singkat untuk calon pengunjung website mengetahui sekilas tentang isi konten. Selain digunakan untuk itu, meta description juga sering digunakan sebagai bagian dari taktik call to action konten.
Menempatkan keyword utama konten di meta description, akan bantu memudahkan crawler memahami maksud dari konten yang ada.
4. Paragraf Pertama
Berikutnya adalah paragraf pertama. Ya, seperti yang dapat Anda lihat pada kebanyakan konten di blog Creativism. Setiap konten yang MinTiv kreasikan, selalu diawali dengan keyword utama konten. Strategi ini, sebenarnya adalah saran dari Yoast SEO.
Tapi, Anda bisa menggunakan cara yang berbeda, semisal tidak harus berada di awal konten, tapi cukup di paragraf pertama. Strategi seperti ini, diharapkan mampu menambah pemahaman crawler akan maksud sebenarnya dari sebuah konten. Ingin perform di keyword apakah konten tersebut.
5. Alt Text Gambar
Menjelang akhir, ada alt text gambar. Alt text sendiri adalah alternatif teks yang muncul apabila sebuah gambar gagal diload. Fungsinya adalah untuk memudahkan pengunjung yang alami masalah load untuk tahu gambar apakah yang bermasalah tersebut. Selain itu, pengisian alt text gambar adalah salah satu terbaik untuk Anda terapkan metode Image SEO.
5. Subheading
Terakhir adalah subheading, baik itu heading 2 dan heading 3. Strategi seperti ini, digunakan untuk mempertegas keberadaan keyword utama konten.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu keyword utama dalam SEO? Keyword utama adalah istilah atau frasa yang menjadi fokus utama optimasi konten untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari. Kata kunci ini membantu crawler memahami topik utama konten Anda.
- Mengapa penting untuk menempatkan keyword utama di lokasi tertentu dalam konten?. Penempatan keyword utama di lokasi strategis, seperti judul atau URL, membantu mesin pencari memahami konten Anda lebih baik, meningkatkan peringkat di hasil pencarian, dan menarik lebih banyak pengunjung.
- Apakah ada dampak negatif jika keyword utama digunakan berlebihan? Ya, penggunaan keyword secara berlebihan dapat dianggap sebagai keyword stuffing, yang dapat menyebabkan penalti dari mesin pencari dan menurunkan peringkat.
Inilah penjelasan lengkap tentang tempat keyword utama berada dalam konten. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, Layanan Lengkap & Tepercaya, hubungi saja Creativism.id
Pesan Sekarang: Jasa SEO Harga Murah, Berkualitas, dan Tepercaya!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.