Seberapa Sering Update Konten. Konten adalah salah satu bagian penting yang harus dapat dimaksimalkan ketika Anda memilih SEO sebagai channel marketingnya. Konten untuk SEO sendiri, dapat kita pahami ke dalam 2 jenis bagian besar, yakni konten artikel dan juga konten halaman (baik itu halaman promosi produk atau jasa).
Oleh sebab itu, wajar jika pebisnis yang ingin menjalankan SEO harus dapat memastikan konten yang ia produksi, berkualitas, enak dibaca, dan pastinya SEO friendly.
Masalahnya, untuk dapat membuat konten yang SEO friendly bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus dapat Anda pahami terlebih dahulu sebelum memulai proses pembuatan konten. Salah satunya adalah memahami proses keyword research yang baik dan juga relevan.
Setelah Anda memahami proses ini dengan baik, maka Anda bisa masuk ke langkah berikutnya, yakni mulai belajar cara membuat konten SEO friendly. MinTiv sendiri sudah memberikan 8 tips dan triknya melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: 8 Cara Membuat Konten Website SEO Friendly
8 tips di atas sudah cukup membantu konten website Anda untuk perform. Paling terpenting setelah Anda memahaminya, adalah Anda yang harus konsisten melakukannya. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah, seberapa sering Anda harus melakukannya?. Seberapa sering Anda harus update konten website yang SEO friendly?.
Di dalam artikel ini, MinTiv akan memberikan jawabannya lengkap. Jadi simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
ToggleSeberapa Sering Update Konten Website?
Jika MinTiv ditanya pertanyaan ini, maka jawaban MinTiv akan seperti ini;
“Menyesuaikan kebutuhan promosi website bisnis Anda masing-masing. Selain itu, faktor lain seperti sistem & kemampuan pembuatan konten, juga sangat memengaruhi seberapa sering update konten ini dilakukan”.
Jika kebutuhan website bisnis Anda adalah untuk meningkatkan brand knowledge dari target audience, maka jumlah konten yang dikreasikan tiap harinya, tentu akan lebih banyak. Hal ini wajar mengingat pemahaman terhadap brand akan mendorong target audience masuk perlahan ke dalam funnel marketing yang ada.
Baca Juga: Di Mana Saja Tempat Keyword Utama dalam Sebuah Konten?
Dari pemahaman brand yang baik, mereka dapat mengerti seberapa pentingnya produk atau jasa yang Anda tawarkan. Ketika mereka mengetahui hal ini, maka perlahan namun pasti. hasrat mereka untuk melakukan transaksi bisnis akan timbul.
Sedangkan jika kebutuhan website bisnis Anda adalah untuk meningkatkan lead dan konversi, jumlah konten yang dikreasikan setiap harinya, mungkin tidak akan sebanyak konten yang dikreasikan untuk tingkatkan brand knowledge. Ya, siapa yang bakal betah membaca konten website yang isinya hanya promosi saja bukan?.
Hal ini tentu berlawanan dengan kebanyakan perilaku pembelian konsumen. Di mana kebanyakan dari konsumen yang ada, justru lebih tertarik untuk melakukan transaksi bisnis secara tidak langsung.
Adapun saran terbaik dari MinTiv jika Anda ingin menjalankan konten website dengan tujuan meningkatkan brand knowledge atau brand awareness, maka lakukan update konten setidaknya, 1 konten per hari. Adapun jumlah katanya, dapat menyesuaikan jenis informasi yang ingin ditampilkan. Rekomendasi terbaik dari MinTiv adalah minimal konten berjumlah 500 kata.
Jika tujuannya adalah untuk promosi, maka lakukan update konten tersebut setidaknya, 2 konten per minggu. Ingat, ini hanya saran saja. Lagi-lagi, proses pembuatan atau update konten ini tergantung kepada sistem atau kemampuan Anda.
Cara Membuat Sistem Pembuatan Konten yang Efektif
Penjelasan di atas, MinTiv rasa sudah cukup untuk menjawab pertanyaan seberapa sering kita harus update konten website. Nah, yang mungkin menjadi pertanyaan baru di sini adalah, “bagaimana caranya membuat sistem pembuatan konten yang efektif”.
Perlu diketahui pada bahwa pada umumnya, pembuatan konten memiliki 7 tahap penting, yakni;
- Riset topik dan keyword.
- Penentuan keyword utama konten.
- Perumusan brief atau outline konten
- Mulai menuliskan konten.
- Editing dan proofreading.
- Publish.
- Evaluasi performa konten.
Sudah jelas bahwa sistem pembuatan konten yang baik melibatkan 7 tahapan di atas.
Untuk membantu proses pembuatan konten lebih mudah, Anda tentu bisa mengandalkan tools keyword research mumpuni, layaknya SEMrush ataupun Ahrefs. Kemampuan AI (Artificial Intelligence) yang semakin menggila sekarang, juga dapat Anda manfaatkan.
Baca Juga: Cara Menggunakan Chat GPT untuk Konten SEO Website
FAQ Seputar Konten
- Seberapa sering update konten website dilakukan?. Menyesuaikan kebutuhan promosi website bisnis Anda masing-masing. Selain itu, faktor lain seperti sistem & kemampuan pembuatan konten, juga sangat memengaruhi seberapa sering update konten ini dilakukan.
- Mengapa penting untuk update konten website secara rutin?. Mengupdate konten secara rutin membantu meningkatkan visibilitas website di mesin pencari, menjaga relevansi dengan tren terkini, dan memberikan pengalaman segar kepada pengunjung.
- Apa jadinya jika website jarang update konten?. Untuk jawaban lengkapnya, bisa Anda melalui klik link berikut ini.
Inilah penjelasan lengkap tentang Seberapa Sering Update Konten Website Harus Dilakukan. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, Layanan Lengkap & Tepercaya, hubungi saja Creativism.id
Pesan Sekarang: Jasa SEO Harga Murah, Berkualitas, dan Tepercaya!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.