Apakah Sitelink Penting. Sebutkan salah satu strategi digital marketing terpopuler yang banyak diterapkan oleh pebisnis yang memiliki website profesionalnya sendiri?. Satu di antara banyak jawaban yang ada, mungkin akan mengarahkan Anda kepada SEO. Hal ini wajar mengingat SEO memang mampu memberikan website bisnis banyak manfaat.
Beberapa di antara banyak manfaat tersebut seperti;
- Mampu meningkatkan organic traffic website. Menjadikan visibilitas pencariannya meningkat di internet.
- SEO mampu menjadikan nama website begitu mudah ditemukan pada target audience di pasar lokal.
- Metrik lead dan konversi yang didapatkan dari website menjadi lebih maksimal.
- Memudahkan Anda untuk melakukan data enrichment.
- Memberikan Anda Return on Investment maksimal dengan modal yang minimal.
Lalu, bagaimana caranya untuk Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat dari SEO ini?. Satu di antara sekian banyak cara tersebut adalah dengan mempelajari istilah-istilah SEO penting. Tentu, kita akan menemukan banyak istilah SEO yang ada. Di dalam blog Creativism ini, Anda pasti sudah mengetahui banyak istilah daripada SEO.
Baca Juga: Seberapa Sering Kita Harus Update Konten Website?
Dimulai dari Black Hat SEO, White Hat SEO, Gray Hat SEO, E-E-A-T, Cloaking, Pagespeed Mobile, Vertical Search, Voice Search, LSI Keyword, Low-hanging fruit keyword, keyword research, search intent dan lain sebagainya. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan membahas lebih dalam tentang istilah Sitelink.
Apa itu sitelink?. Apakah sitelink penting untuk SEO website?. Jika iya, bagaimana cara mendapatkan sitelink ini?. Semua pertanyaan ini, akan MinTiv jawab lengkap di dalam artikel. Jadi, silahkan simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
ToggleApa itu Sitelink?
Agar lebih mudah dipahami, silahkan Anda buka halaman pencarian Google. Lalu, di kolom pencarian yang ada, silahkan ketik keyword Creativism.id.
Apa yang Anda lihat ini, adalah sitelink. Ya, sitelink adalah sekumpulan link atau sub-page dari domain yang sama dan dikumpulkan pada SERP (Search Engine Results Page). Sitelink biasanya akan muncul apabila kita mencari keyword berjenis branded keyword atau lebih tepatnya nama website lengkap dengan domainnya.
Sitelink sendiri Google kreasikan untuk dapat mempermudah pengguna menemukan halaman yang mereka butuhkan, atau terpopuler pada sebuah website. Adapun link atau sub-page yang muncul, biasanya adalah representasi dari menu navigasi website. Atau bisa juga merepresentasikan konten website yang paling banyak dilihat oleh pengguna Google.
Lantas, apakah sitelink penting untuk perkembangan SEO website?.
Apakah Sitelink Penting untuk SEO Website?
Jawabannya, iya penting. Sitelink dapat memberikan kesan wow tersendiri untuk calon pengunjung website Anda. Hal ini wajar mengingat untuk bisa mendapatkan sitelink, tidak semua website mampu. Selain itu, terdapat banyak manfaat lainnya dari sitelink ini. Dimulai dari;
1. Meningkatkan CTR
Ya, adanya sitelink yang muncul pada SERP untuk pencarian keyword website, akan berdampak pada meningkatnya CTR (Click-through rate). CTR sendiri adalah metrik yang digunakan untuk mengukur rasio jumlah klik yang didapatkan sebuah website terhadap impresi. Impresi sendiri adalah metrik yang digunakan untuk dapat mengukur jumlah orang yang melihat website di SERP.
Mudahnya, CTR digunakan untuk mengukur peluang seseorang melakukan klik website Anda dari SERP. Website yang muncul dengan sitelink tentu akan lebih menarik untuk pengguna Google klik.
2. Mampu Meningkatkan User Experience Jadi Lebih Nyaman
Manfaat kedua dari sitelink ini adalah mampu meningkatkan user experience dari pengunjung, jadi lebih nyaman. Mereka dapat langsung menuju halaman informasi tertentu yang memang mereka butuhkan, tanpa harus membuka website, menekan menu navigasi, dan melakukan klik halaman informasi yang dibutuhkan.
Sitelink menjadikan proses tersebut lebih pendek dan cepat, alias “tidak kerja dua kali”. Sitelink yang terkadang menampilkan konten populer pun juga akan memudahkan calon pengunjung dapatkan informasi trending dari website Anda.
3. Meningkatkan Traffic
Manfaat ketiga dari adanya sitelink adalah mampu meningkatkan traffic website. Tentu saja traffic website yang didapatkan adalah berjenis organic traffic. Jika sitelink yang Anda miliki ternyata menampilkan konten terpopuler yang ada, maka tentu saja itu bisa menjadi peluang bagus untuk konten tersebut dapat perform di keyword tujuannya.
4. Wadah untuk Website Lebih Cepat Lakukan Promosi Bisnis
Manfaat berikutnya, adalah sitelink yang mampu menjadi wadah untuk website lebih cepat lakukan promosi bisnis. Ya, hal ini bisa saja terjadi terlebih jika sitelink yang Anda dapatkan menampilkan halaman promosi atau produk. Calon pengunjung akan sangat tergiur dengan link yang diberikan dan membukanya.
5. Brand Perception yakni Dapat Dipercaya, Tercipta
Manfaat terakhir dari sitelink yang akan kita bahas adalah mampu memberikan brand perception, dapat dipercaya. Google hanya akan memberikan sitelink ini pada website yang kredibel, memiliki ranking tinggi, dan lain-lain. Tentu saja ada banyak faktor yang memengaruhi sitelink ini bisa muncul.
Bagaimana Cara Mendapatkan Sitelink?
Setelah mengetahui bahwa jawaban pasti dari Apakah Sitelink Penting untuk SEO?, Anda pastinya penasaran bagaimana cara mendapatkannya?.
Di sini, MinTiv akan berbagi sedikit tips dan triknya. Dimulai dari yang pertama;
- Memilih template website yang responsive, mobile friendly, dan menu navigasi yang mudah dipahami oleh target audience.
- Pastikan setiap link dari menu navigasi tersebut aktif dan mengarah pada halaman-halaman penting website. Hindari broken link.
- Daftarkan sitemap XML website Anda pada Google Search Console. Langkah ketiga ini akan membantu crawler Google lebih mudah memahami struktur website Anda.
- Pastikan Anda mengoptimalkan penggunaan internal link. Hindari orphaned content, apalagi untuk setiap halaman menu website.
- Lakukan produksi konten website SEO friendly, baik itu artikel atau halaman promosi jasa/produk secara konsisten dan berkala. Untuk langkah keenam ini, Anda bisa membaca tips dan triknya lengkap melalui klik link artikel ini.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu sitelink?. Sitelink adalah kumpulan link atau sub-halaman dari domain yang sama yang ditampilkan di hasil pencarian Google (SERP). Sitelink biasanya muncul saat pengguna mencari branded keyword, seperti nama domain atau nama bisnis tertentu.
- Apakah sitelink penting untuk SEO?. Ya, sitelink sangat penting karena memberikan berbagai manfaat seperti yang sudah MinTiv jelaskan sebelumnya.
- Bagaimana cara Google menentukan sitelink?. Google secara otomatis memilih sitelink berdasarkan struktur website, popularitas halaman, dan relevansi konten untuk pengguna.
- Apakah semua website bisa mendapatkan sitelink? Tidak semua website bisa mendapatkan sitelink. Hanya website yang memenuhi kriteria tertentu, seperti kredibilitas tinggi, struktur navigasi yang baik, dan relevansi konten, yang akan mendapatkan sitelink.
- Apakah jumlah sitelink yang ditampilkan di SERP selalu sama? Tidak. Google dapat menampilkan 2, 4, atau lebih banyak sitelink tergantung pada relevansi pencarian dan struktur navigasi website.
- Apakah bisa menghapus sitelink yang tidak diinginkan?. Sitelink tidak dapat dihapus secara manual, tetapi Anda bisa memengaruhi pengaturan sitelink dengan mengoptimalkan struktur navigasi dan menonaktifkan link yang tidak relevan di Google Search Console.
- Apakah sitelink hanya muncul di Google?. Tidak, beberapa mesin pencari lain juga memiliki fitur serupa, meskipun implementasinya mungkin berbeda.
Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, Layanan Lengkap & Tepercaya, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Profesional 2024 Terbaik Creativism!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.