SEO Checklist. Satu dari sekian banyak teknik yang wajib untuk Anda pelajari ketika memilih SEO sebagai channel marketing utamanya, adalah mampu membuat konten SEO friendly. Sayangnya, konten SEO friendly ini, tidaklah mudah untuk dikreasikan. Ada banyak hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu sebelum membuat konten SEO friendly.
Dimulai dari memahami proses keyword research yang baik. Memahami jenis-jenis search intent, dan juga memahami cara penulisan konten yang baik dan benar. Semua ini harus dapat dikuasai terlebih dahulu. Jika sudah, maka Anda wajib mempelajari lebih dalam tentang SEO Content Writing dan SEO Copywriting. Memahami keyword density, dan proses perumusan outline konten yang menarik.
Baca Juga: Apakah Sitelink itu Penting untuk SEO Website?
Tidak mudah bukan?.
Nah, bersyukur lah untuk Anda pengunjung setia website Creativism. Di dalam artikel ini, MinTiv akan berbagi SEO Checklist, yang bakal memudahkan Anda melakukan proses pembuatan konten SEO friendly yang berkualitas sekaligus menarik.
Penasaran seperti apa SEO Checklist-nya?. Silahkan simak baik-baik artikel ini ya!.
Daftar Isi
ToggleSEO Checklist
1. Judul Konten Terdiri dari 50-68 Karakter
SEO Checklist pertama dari MinTiv adalah Anda yang harus dapat memastikan judul konten terdiri dari 50-68 karakter. Mengapa demikian?. Jumlah karakter ini dimaksudkan agar judul konten tetap muat ditampilkan pada SERP (Search Engine Result Page). Judul konten yang terlalu banyak memuat karakter di dalamnya, tidak akan tampil rapi di SERP. Judul konten biasanya akan tampil terpotong.
2. Meta Description Terdiri dari 150-160 Karakter
SEO checklist yang kedua adalah Anda yang harus memastikan meta description yang ada, terdiri dari 150-160 karakter. Alasannya, sama dengan alasan jumlah karakter judul konten sebelumnya. Perlu diketahui bahwa meta description adalah keterangan yang muncul di bawah judul konten pada SERP. Keterangan ini muncul sebagai gambaran umum dari keseluruhan isi konten.
3. URL Konten Terdiri Maksimal dari 4-5 Kata
SEO checklist yang ketiga adalah memastikan URL konten terdiri maksimal dari 4-5 kata. Hal ini dimaksudkan agar crawler dapat dengan mudah memahami struktur konten pada URL. Semakin pendek struktur URL yang ada, maka semakin cepat pula crawler dapat memahaminya. Lagi pula, struktur URL yang pendek, dan juga menggunakan keyword yang relevan, jauh lebih shareable ketimbang URL yang panjang.
3. Gunakan Gambar yang Relevan dengan Ukurannya di Bawah 200KB
Berikutnya adalah dengan menggunakan gambar yang relevan untuk konten. Pastikan ukuran file gambar yang digunakan, tidak melebihi 200KB. Hal ini dimaksudkan agar kinerja server website dalam meload konten gambar lebih cepat. Ini jelas akan memberikan user experience positif untuk pengunjung website.
4. Berikan Alt Text Pada Gambar, Gunakan 120-130 Jumlah Karakter
Selanjutnya adalah dengan memberikan alt text pada gambar yang diupload. Pastikan Anda memberikan keterangan yang relevan dengan gambar. Apabila pas, masukan keyword utama konten di dalamnya. Tambahan, maksimalkan 120 hingga 130 karakter di dalamnya.
5. Memberikan Setidaknya 3 Internal Link
SEO checklist kelima adalah Anda yang setidaknya, memberikan 3 internal link. Internal link sendiri adalah link yang mengarahkan pengunjung ke konten atau halaman yang berbeda pada domain website yang sama. Berikan 3 internal link yang relevan dengan topik utama di konten yang ada. Semisal Anda sedang membuat konten tentang kesehatan jantung, maka Anda bisa berikan 3 internal link yang mengarahkan pengunjung ke konten lain yang sudah Anda buat, semisal
- Olahraga yang Cocok untuk Memperkuat Otot Jantung
- Kebiasaan Kebiasan Buruk yang Dapat Memengaruhi Kesehatan Jantung
- Klinik Pengobatan Jantung Tepercaya
Pemberian internal link ini, akan membantu website mendapatkan metrik dwell time yang maksimal dan juga meniadakan kemungkinan terjadinya orphaned content.
6. Memberikan Setidaknya 3 Outbound Link
Menjelang akhir, adalah Anda yang harus dapat memberikan setidaknya 3 outbound link. Prinsipnya sama dengan sebelumnya. Yang membedakan adalah outbound link akan mengarahkan pengunjung website ke konten atau halaman yang berbeda, dengan domain website yang berbeda pula.
7. Konten Memiliki Setidaknya 500 Kata
Terakhir, adalah memastikan konten yang dikreasikan, memiliki setidaknya 500 jumlah kata. Ini adalah referensi dari MinTiv sendiri. Jika Anda menggunakan CMS WordPress dan telah memasang plugin Yoast SEO, maka Anda pasti tahu bahwa rekomendasi jumlah kata untuk konten yang ada dari Yoast SEO adalah 300 kata.
Tapi, MinTiv sendiri merasa bahwa konten dengan 300 jumlah kata, identik dengan thin content.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu SEO checklist?. SEO checklist adalah panduan langkah-langkah atau poin penting yang harus diperhatikan saat membuat konten SEO-friendly. Checklist ini membantu Anda memastikan konten yang dibuat optimal untuk mesin pencari dan memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna.
- Apa manfaat dari struktur konten yang sesuai SEO checklist? 1. Mempermudah indeksasi oleh mesin pencari. 2. Meningkatkan peluang peringkat di SERP. 3. Memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. 4. Mendukung upaya pemasaran digital secara keseluruhan.
Inilah penjelasan lengkap tentang SEO Checklist untuk membuat konten SEO friendly. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, Layanan Lengkap & Tepercaya, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Profesional 2024 Terbaik Creativism!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.