Perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO. SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sebuah strategi optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman pertama Google. Strategi ini, difokuskan pada keyword tertentu yang menjadi target utama. Di dalamnya, kita akan mempelajari banyak hal-hal penting.
2 di antaranya adalah metode On Page SEO dan juga metode Off Page SEO. 2 metode SEO ini, adalah metode SEO yang paling utama dipelajari untuk pemula. Ya, pemula di bidang SEO harus dapat memahami kedua metode ini dengan baik sebelum berpindah materi, ke SEO Advanced, yakni metode Local SEO dan juga Technical SEO.
Lantas, apa itu metode On Page SEO dan Off Page SEO?. Apa saja perbedaan On Page SEO & Off Page SEO?. Pertanyaan Anda ini, akan MinTiv jawab lengkap di dalam artikel. Jadi, simak baik-baik ya!.
Daftar Isi
ToggleApa itu Metode On Page SEO?
Metode On Page SEO, adalah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya fokus dilakukan pada website utama. Metode ini, memiliki fokus utama untuk dapat membantu ranking website di SERP (Search Engine Results Page) meningkat. On Page SEO ini memiliki fokus yang tinggi untuk dapat menghasilkan banyak konten website yang mudah terindeks dan juga pastinya berkualitas tinggi.
Baca Juga: Panduan On Page SEO Lengkap untuk Pemula
Karena proses optimasinya dilakukan pada website utama, maka seluruh elemen-elemen yang ada, berada tepat di bawah kontrol Anda. Adapun elemen-elemen yang dimaksud ini adalah;
- Konten website.
- Meta title.
- Meta description.
- URL.
- Heading tags.
- Gambar
- Penampilan website
- Struktur navigasi menu dan konten website.
- Dan lain-lain.
Apa itu Metode Off Page SEO?
Metode Off Page SEO adalah metode optimasi website yang seluruh langkah-langkahnya dilakukan pada website alternatif, orang lain atau juga dengan platform yang berbeda. Dibandingkan dengan metode On Page SEO, fokus utama daripada Off Page SEO ini adalah untuk membantu website utama meningkatkan kredibilitasnya.
Baca Juga: Panduan Off Page SEO Lengkap
Ini dapat dilihat dengan jelas melalui metrik domain authority dan juga page authority. Domain authority dan page authority sendiri adalah metrik khusus yang dibuat oleh perusahaan analisis Moz. Kedua metrik ini digunakan untuk dapat mengukur otoritas domain dan halaman sebuah website. Skala yang digunakan berkisar dari angka 1-100. Semakin tinggi, maka semakin baik.
Adapun elemen-elemen penting Off Page SEO antara lain adalah;
- Backlink building.
- Social media marketing.
- Brand mentions.
- Influencer outreach.
Perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO
Dari pengertian di atas, sebenarnya kita sudah memahami sedikit perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO ini. Tapi, agar Anda mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, berikut ini MinTiv akan jabarkan perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO ke dalam 5 bagian penting. Dimulai dari;
Dimulai dari;
1. Fokus Optimasi
Perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO yang pertama, dapat kita lihat dari sisi fokus optimasi keduanya. On Page SEO memiliki fokus utama untuk dapat membantu website meningkatkan rankingnya di SERP.
Tidak heran jika teknik-teknik di dalamnya fokus pada optimasi elemen konten agar mudah terindeks, dan pastinya berkualitas tinggi. Sedangkan fokus utama dari Off Page SEO adalah untuk dapat membantu website meningkatkan kredibilitasnya.
2. Teknik di dalamnya
Perbedaan kedua dapat dilihat dari teknik yang ada pada kedua metode SEO ini. Pada umumnya, teknik di dalam On Page SEO berkutat pada proses pembuatan konten website yang SEO friendly, baik itu artikel atau halaman promosi jasa/produk. Memastikan setiap elemen website seperti menu navigasi mudah dipahami oleh pengunjung.
Sedangkan untuk Off Page SEO, secara garis besar teknik ini berkutat pada proses link building dan juga brand mention. Link building adalah proses menanamkan link utama website pada website atau platform informasi yang berbeda, yang itu memiliki niche konten relevan. Sedangkan brand mention adalah proses menyebutkan brand utama Anda di website atau platform informasi yang berbeda, tanpa disertai dengan hyperlink.
3. Metrik yang Digunakan
Perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO berikutnya dapat dilihat dari metrik yang digunakan. Ada banyak metrik yang bisa digunakan untuk dapat mengukur performa On Page SEO website Anda. Dimulai dari;
- Bounce rate.
- Organic traffic.
- Time on page.
- Keyword ranking.
- Konversi.
- Click-through rate.
- Dan lain-lain.
Sedangkan untuk metrik Off Page SEO, bisa seperti ini;
- Backlink profile.
- Referring domains.
- Referral traffic.
- Domain dan page authority.
- Social signals.
- Dan lain-lain.
4. Kemampuan yang Diperlukan
Perbedaan berikutnya, dapat dilihat dari kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang pebisnis jika ingin menjalankan keduanya.
Jika Anda ingin menerapkan metode On Page SEO, maka Anda wajib menguasai kemampuan SEO Content Writing dan juga SEO Copywriting. Jika Anda ingin menerapkan metode Off Page SEO, maka Anda wajib menguasai kemampuan networking, public relations dan juga guest blogging.
5. Waktu yang Diperlukan untuk Menjalankannya
Perbedaan terakhir, antara On Page SEO dan Off Page SEO, dapat dilihat dari sisi waktu yang diperlukan untuk menjalankannya. Untuk bisa menjalankan On Page SEO, Anda tidak memerlukan waktu yang lama karena memang website yang dikendalikan adalah milik sendiri. Sedangkan untuk Off Page SEO, karena dilakuan pada web atau platform informasi yang berbeda/ milik orang lain, waktu yang diperlukan akan sedikit lebih lama.
Ya, ini seperti Anda yang melakukan guest blogging dan menunggu konten Anda di-publish oleh pihak tempat di mana Anda mengirimkan konten.
FAQ Seputar Konten
- Apa itu On Page SEO?. On Page SEO adalah metode optimasi yang dilakukan langsung pada website utama. Fokusnya adalah meningkatkan kualitas konten dan elemen-elemen di dalam website agar mudah diindeks oleh mesin pencari serta memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna.
- Apa itu Off Page SEO?. Off Page SEO adalah metode optimasi yang dilakukan di luar website utama. Fokusnya adalah meningkatkan kredibilitas website melalui aktivitas seperti backlink building, brand mention, atau kampanye di media sosial.
- Apa perbedaan utama antara On Page SEO dan Off Page SEO?. On Page SEO, fokus pada pengoptimalan elemen internal website (konten, meta data, URL, struktur website). Off Page SEO, fokus pada aktivitas eksternal untuk meningkatkan otoritas dan kredibilitas website (backlink, domain authority, social signals).
Inilah penjelasan lengkap tentang perbedaan On Page SEO dan Off Page SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, Layanan Lengkap & Tepercaya, hubungi saja Creativism.id.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Profesional 2024 Terbaik Creativism!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.