Beberapa waktu lalu kita sudah membahas tentang “Manfaat dari Content Creator dalam Promosi Online“. Kali ini Kawan Creativ akan mengenal Tahap dalam Membuat Campaign dengan Content Creator.
Apa saja tahap yang Kawan Creativ perlu ketahui dan dipersiapkan? Ini pembahasannya.
Kawan Creativ wajib banget membuat riset dan brainstorming mengenai ide campaign yang ingin dibuat, mulai dari tujuan diadakannya campaign tersebut, cara memperkenalkan produk kamu, keuntungan yang bisa didapatkan oleh konsumen, serta layanan yang ingin Kawan Creativ tawarkan saat mereka membeli produk kamu.
Saat mencari ide campaign, Kawan Creativ dapat melihat dari kompetitor, karena campaign tersebut bisa menjadi acuan ide kamu loh. Tidak hanya itu, kamu juga perlu memperhatikan target market yang ingin dituju atau yang sudah Kawan Creativ miliki. Semua ide dan gagasan kamu bisa dituangkan dalam bentuk creative brief yang detail, agar mudah dipahami.
Kalau sudah selesai, Kawan Creativ bisa mematangkan konsep campaign tersebut dengan membuat SOW secara jelas, gunanya agar tidak terjadi miskomunikasi antara kamu, tim, dan content creator.
Selanjutnya, ditahap kedua ini Kawan Creativ bisa mulai mencari siapa content creator yang cocok untuk diajak bekerja sama dalam campaign ini. Kamu bisa melakukannya dengan cara:
- Menghubungi content creator secara langsung melalui email atau kontak yang bisa dihubungi
- Meminta rekomendasi dari sesama pebisnis, atau kenalan kamu
- Melalui agency yang terpercaya dan sudah memiliki channel untuk mencari talent yang dibutuhkan
Lakukan negosiasi terlebih dahulu seperti, mengetahui cara kerjanya, sampai pada aturan pembayaran yang sesuai waktu dan metode yang sudah disepakati. Tapi ini hanya opsi ya Kawan Creativ, karena ada juga brand yang melakukan pembayaran di awal setelah ada kesepakatan.
Kamu lebih memilih cara yang mana?
Apakah Kawan Creativ sudah tahu, kalau tahap Analisis Campaign ini penting banget?
Ini menjadi tahap terakhir yang sangat penting, karena kamu perlu mengetahui apakah campaign yang sudah dijalankan tersebut sesuai dengan tujuan yang diinginkan atau belum. Kamu bisa menganalisis campaign dengan cara:
- Melihat fakor penting yang wajib banget Kawan Creativ perhatikan dalam melakukan analisis campaign seperti, matrics traffic (email delivery rate, open rate, CTR atau click-through-rate, bounce rate, dan leads), matrics conversion, laba atau ROI.
- Menggunakan rumus menghitung engagement rate untuk keperluan campaign usaha kamu
- Menggunakan data analysis tools untuk memantau hasil digital marketing campaign
Performa akun media sosial juga menjadi salah satu faktor penting dalam mempertimbangkan saat memilih content creator. Jadi, Kawan Creativ bisa melihat dari jumlah followersnya minimal 10K, selain itu kamu bisa melihat hasil konten otentik yang dibuat oleh content creator walaupun jumlah followersnya belum banyak. Terakhir yang perlu Kawan Creativ perhatikan adalah memperhitungkan nilai engagement rate, semakin tinggi nilai engagement ratenya maka performanya akan semakin baik.
Gimana Kawan Creativ? Sudah mulai paham ya tahap yang perlu kamu lakukan dan diperhatikan saat mulai membuat campaign dan bekerja sama dengan content creator. Yuk safe informasinya supaya Kawan Creativ semakin paham.
Jika Kawan Creativ masih merasa ragu atau tidak punya ide untuk membuat konten di media sosial. Kamu tidak perlu ragu lagi, karena Creativism.id akan siap membantu usaha kamu dalam dunia digital. Yuk konsultasikan usaha kamu, dan wujudkan impian usaha Kawan Creativ sekarang.
[…] Baca Ini Juga: Tahap dalam Membuat Campaign dengan Content Creator […]