Tahapan Penyusunan Proyek SEO – SEO adalah kependekkan dari Search Engine Optimization. Sebuah ilmu optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian search engine. Terutama di search engine terpopuler, yakni Google. Di dalam prosesnya, SEO mengharuskan pengguna untuk memahami banyak hal penting.
Terlebih pada 4 metode SEO utama yakni On Page SEO, Off Page SEO, Local SEO, dan juga Technical SEO. Selain 4 metode SEO tersebut, pengguna strategi SEO juga harus peka terhadap perkembangan tren konten dan juga algoritma terbaru search engine.
Baca Juga: Cara Mengatasi Deindex Google Pada Website
Mengapa?, karena dengan mengetahui tren konten dan juga algoritma terbaru tersebut, menjadikan proses riset dan perencanaan proyek SEO lebih matang. Ya, Anda jadi punya banyak gambaran yang pas untuk memulai proses penyusunan proyek SEO menuju kesuksesan. Di dalam proses ini sendiri, terdapat 5 tahap yang perlu Anda ketahui. 5 tahap tersebut adalah;
Tahapan Penyusunan Proyek SEO
1. Persiapan
Ya, sesuai dengan namanya, tahapan proyek SEO yang pertama ini, berkaitan erat dengan persiapan sumber daya proyek. Sumber daya yang dimaksud di sini, diharapkan mampu berjalan dengan baik pada pada proses riset konten, pembuatan konten, dan juga evaluasi konten. Sumber daya yang dimaksud juga dapat berbentuk manusia serta tools digital.
Baca Juga: Alternatif Tools SEO Terbaik Selain SEMrush
Tools digital yang digunakan tentu saja adalah tools untuk riset SEO website, seperti SEMrush, Ahrefs, dan lain-lain. Tahap pertama ini juga mendeskripsikan dengan jelas mengenai anggaran biaya proyek yang pas. Terutama terkait dengan biaya berlangganan tools SEO.
2. Perencanaan
Tahap kedua dari proses penyusunan proyek SEO adalah perencanaan. Tahapan ini berkaitan erat dengan perencanaan kategori-kategori pekerjaan yang perlu dilakukan. Keterangan mengenai kategori-kategori pekerjaan ini, disertai dengan keterangan deadline. Contohnya seperti ini;
Senin 29 April – 5 Mei 2024 : Lakukan Riset Keyword untuk 14 konten utama.
Ada banyak tools yang bisa Anda andalkan untuk ini. Satu dari sekian banyak tools tersebut adalah Trello.
3. Eksekusi
Tahapan berikutnya adalah eksekusi. Ini adalah tahapan yang dilakukan setelah proses perencanaan berjalan lancar dan sudah bersifat final. Anda akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang telah direncanakan sebelumnya, sesuai dengan deadline yang ditentukan.
Di dalam prosesnya, Anda juga diwajibkan untuk melakukan dokumentasi pekerjaan, sebagai bukti bahwa pekerjaan telah selesai. Dokumentasi ini juga dapat membantu tim untuk melakukan evaluasi kinerja lebih dalam. Serta jadi bahan pertimbangan tim untuk melakukan pekerjaan lebih baik di masa mendatang.
4. Pengukuran
Tahapan yang keempat adalah, pengukuran. Tahapan ini berkaitan erat dengan proses evaluasi, apakah eksekusi yang dilakukan telah mencapai target yang ditentukan atau tidak. Dokumentasi yang dibuat pada tahap sebelumnya, memudahkan tim untuk lakukan proses evaluasi lebih cepat.
Baca Juga: 16 Metrik SEO Penting yang Wajib Dilacak
Ada banyak metrik-metrik penting yang bakal Anda pelajari di sini. Dimulai dari traffic, bounce rate, dwell time, page views, dan lain-lain. Ingat, untuk jangan langsung terfokus pada metrik traffic website saja.
5. Reaksi
Tahapan penyusunan proyek SEO yang terakhir adalah reaksi. Tahapan ini bertugas sebagai pemandu tim untuk melakukan pekerjaan tertentu sesuai dengan hasil yang didapatkan. Apakah tim perlu melakukan perbaikan atau tidak sama sekali.
Inilah penjelasan lengkap tentang tahapan penyusunan proyek SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa Manajemen SEO Website Terbaik, hubungi saja Creativism.id.
Baca Juga: 7 Cara Menentukan Domain Website Agar Memorable
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.