Tips Memaksimalkan Local SEO – Local SEO adalah teknik optimasi website yang seluruh aktivitasnya ditujukan pada pencarian lokal. Pencarian lokal yang dimaksud umumnya meliputi pelanggan di wilayah, kota ataupun lingkungan tertentu.
Search Engine Journal memberikan definisi sederhana tentang Local SEO, yakni cara agar visibilitas website bisnis dapat meningkat di pencarian Google’s Map Pack/Local Pack.
Adapun teknik optimasi ini identik dengan Google My Business. Informasi yang diberikan pada Google My Businesss mulai dari nama bisnis, alamat, nomor telepon, web, foto dan ulasan adalah cara terbaik bagi Anda untuk memaksimalkan Local SEO.
Ada banyak alasan mengapa pebisnis harus mengoptimalkan Local SEO pada website nya. Diambil dari sumber yang sama, ada setidaknya 5 data statistik Local SEO yang bisa memberikan Anda prospek bisnis yang cerah. 5 data statistik tersebut adalah;
- 76% pengguna internet di seluruh dunia melakukan pencarian lokal di smartphone mereka. 28% di antara pencarian tersebut berakhir dengan pembelian pada alamat bisnis.
- 82% pengguna internet membaca terlebih dahulu ulasan yang ada di profil bisnis, dan rata-rata akan menghabiskan waktu sekitar 14 menit untuk membacanya.
- 86% orang-orang melakukan pencarian lokasi bisnis dengan Google Maps.
- 74% pengunjung yang datang ke toko fisik berasal dari mereka yang terlebih dahulu mencari informasi bisnis di pencarian lokal.
- 83% pengguna Google melakukan pencarian pada lokasi bisnis produk/jasa yang terdekat.
Sama seperti metode SEO pada umumnya, Local SEO juga memiliki banyak faktor penting yang harus Anda pertimbangkan. 3 di antaranya adalah;
- Relevansi.
- Jarak.
- Terkemuka/terkenalnya bisnis tersebut (berkaitan dengan hasil strategi brand awareness).
Survei “2021 Local Search Ranking Factors“, ada 9 faktor yang dapat mempengaruhi Local SEO. 9 faktor itu adalah;
- Kategori utama yang dipilih di GMB (Google My Business).
- Kata kunci di dalam judul daftar.
- Kedekatan alamat bisnis dengan lokasi target.
- Alamat fisik.
- Kategori bisnis.
- Peringkat bintang/reviews.
- Listing yang lengkap.
- Kualitas dan otoritas domain.
- Target kata kunci.
Tips Memaksimalkan Local SEO
1. Menempatkan Bisnis pada Lokasi yang Strategis
Yang pertama adalah menempatkan bisnis pada lokasi yang strategis.
Baca Juga: Penyebab Ranking Web di Google Menurun
Ya, teknik ini sebenarnya berhubungan pada proses awal Anda membangun bisnis. Yang artinya marketing plan dan business plan yang Anda miliki haruslah dapat menunjang performa Local SEO Anda. Terlebih lagi jika Anda memang memilih fokus untuk menjalankan marketing channelnya berjenis SEO marketing.
2. Mendorong Customer untuk Memberikan Reviews
Yang kedua adalah mendorong customer untuk memberikan reviews. Ya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk ini. Anda bisa melakukannya langsung melalui komunikasi personal dengan pelanggan yang datang pada lokasi bisnis.
Seperti menawarinya untuk memberikan reviews di Google. Berdasarkan pengalaman MinTiv, teknik ini pernah diterapkan oleh salah satu klinik gigi di Yogyakarta. Mereka akan memberikan diskon potongan harga untuk semua jasa perawatan giginya, jika mau memberikan reviewsnya di Google.
Apa yang dilakukan oleh klinik gigi tersebut sudah merupakan contoh nyata dari tips kedua ini. Ya, meskipun kenyataannya mereka tidak memilih SEO marketing sebagai marketing channelnya.
Ingat juga untuk jangan memberikan kesan yang memaksa, Anda harus dapat memberikan pelanggan pelayanan yang setimpal atau berkualitas, dan bukan hanya fokus pada besaran diskon harga produk/jasa yang diberikan.
3. Mengisi Profile Bisnis Lengkap
Ketiga adalah dengan mengisi profile bisnis dengan lengkap.
Gunakan metode NAP Citations, tautkan dengan media sosial lainnya, dan juga jangan lupa melakukan update. Bagian terakhir menjadi bagian yang seringkali terlupakan oleh banyak pebisnis. Padahal dengan itu, visibilitas website pada hasil pencarian Google dapat meningkat.
4. Membuat Konten dengan Local Keyword
Keempat, sekaligus yang terakhir adalah dengan membuat konten dengan Local Keyword. Local Keyword sendiri adalah jenis daripada Long-tail Keyword, hanya saja lebih spesifik pada lokasi geografis tertentu. Contoh konten yang memanfaatkan Local Keyword, dapat dilihat dari title-nya yang menyematkan nama daerah.
Sumber: Google Page 1
Inilah penjelasan lengkap mengenai tips jitu untuk memaksimalkan Local SEO. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik yang mampu berikan Anda pelayanan lengkap, termasuk metode Local SEO, hubungi saja Creativism.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.