Faktor Ranking SEO Terbaru- SEO adalah ilmu optimasi website yang mengharuskan Anda untuk memahami banyak metode penting. 4 di antaranya adalah Local SEO, Technical SEO, On Page SEO dan juga Off Page SEO.
MinTiv sudah sering membahas berbagai teknik yang ada di dalam keempat metode tersebut. Tepatnya pada Blog Creativism.id. Anda bisa membacanya sendiri di sana. Selain memahami keempat metode tersebut, Anda diharuskan juga untuk up to date pada perubahan algoritma yang dilakukan oleh Google.
Ya, sebagai tempat praktikal utama SEO, wajar jika perubahan yang diberikan oleh Google wajib Anda perhatikan. Dengan itu, Anda jadi tahu faktor-faktor atau strategi apa saja yang bisa diterapkan guna dapat meningkatkan visibilitas website.
Baca Juga: Tips Jitu Memaksimalkan Local SEO
Nah, untuk menambah wawasan Anda, berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang 7 faktor penting penentu ranking SEO terbaru. Penasaran apa saja ketujuh faktor tersebut? simak baik-baik artikel ini ya!.
7 Faktor Ranking SEO Terbaru!
1. Backlink.
Yang pertama adalah backlink.
Ya, backlink yang berkualitas dapat membantu website mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk tingkatkan kredibilitasnya. Terlebih lagi jika backlink yang didapatkan berasal dari website yang memiliki kriteria seperti;
- Relevan.
- Memiliki domain authority atau page authority yang tinggi.
- Tidak memiliki rekam jejak yang buruk atau mengandung konten-konten negatif.
Berbicara tentang backlink, maka kita akan berbicara tentang kualitas dan bukan kuantitas. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan backlink berkualitas. Salah satunya adalah dengan menjalankan strategi Private Blog Network.
Baca Juga: 5 Strategi SEO yang Tergolong Metode Gray Hat SEO
Namun, Anda perlu hati-hati ketika menjalankannya. Teknik yang satu ini termasuk ke dalam gray hat SEO. Jika salah langkah dalam proses optimasinya, maka Private Blog Network yang dilakukan malah akan condong ke Black Hat SEO.
2. Authority.
Yang kedua adalah Authority.
Menurut Tech Target, Authority adalah nilai yang diberikan oleh search engine pada halaman website. Semakin besar nilai yang didapatkan maka semakin besar pula search engine akan menempatkan website tersebut di halaman pertama.
Baca Juga: Cara Meningkatkan DA PA Website
Lebih mudahnya, kita dapat mengartikan bahwa Authority sebagai Domain Authority dan Page Authority. Sebuah skala penilaian yang diciptakan oleh Moz untuk mengukur tingkat otoritas domain dan page website.
3. Freshness.
Ketiga adalah freshness.
Freshness atau pembaruan di dalam konten website wajib Anda lakukan. Ini adalah salah satu faktor penting ranking SEO website. Ya, dengan adanya pembaruan ini, website jadi lebih mudah untuk terlihat oleh Google.
Lakukan pembaruan konten secara berkala, semisal melakukan update konten 2x untuk per hari. Hal ini penting agar Google melalui mesin crawlernya bisa selalu melihat perkembangan website Anda.
Ingat untuk jangan terlalu fokus pada kuantitas konten yang diupload. Fokuslah pada kualitas konten yang diupload. Cara mudah untuk menjalankan strategi ini adalah dengan menerapkan Blog SEO, dan di dalamnya dipenuhi dengan evergreen content yang terus diupdate.
4. Search Intent.
Keempat adalah Search Intent.
Search intent adalah maksud pengguna mengetikkan kata kunci tertentu. Semisal pengguna mengetikkan kata kunci Jasa Kelola Website di pencarian Google. Maka jenis pencarian informasi yang ia butuhkan adalah transactional atau commercial.
Yang artinya ia butuh konten yang menjelaskan di mana ia bisa mendapatkan Jasa Kelola Website. Layanan apa saja yang didapatkan, dan berapakah harga yang harus dibayarkan demi mendapatkan jasa tersebut.
Informasi-informasi lain seperti Apa itu Website, Keuntungan Pengelolaan Website, sebaiknya tidak dimasukkan untuk konten dengan target keyword Jasa Kelola Website.
Apabila ada dan dibuat terlalu panjang, pengunjung akan cepat merasa bosan karena penjelasan yang bertele-tele dan tidak langsung to the point.
5. Page Speed
Kelima adalah Page Speed.
Page speed adalah kecepatan loading halaman website ketika diakses. Ini menjadi faktor penting penentu ranking SEO sejak dulu. Website yang lambat tentunya akan memberikan pengunjung bad experience. Mereka lebih mudah beralih dari website ke halaman pencarian.
Peralihan cepat pengunjung dari halaman website kembali ke hasil halaman pencarian inilah yang menjadikan website mendapatkan lebih banyak bounce rate ketimbang dwell time. Pada akhirnya, semakin banyak bounce rate yang didapatkan sebuah website, akan semakin turun rankingnya di halaman Google.
Hal ini wajar mengingat konten website dengan nilai bounce rate tinggi, akan dianggap Google sudah tidak lagi relevan alias tidak lagi berkualitas.
6. HTTPS
Keenam adalah HTTPS.
HTTPS adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure. Ini adalah teknologi keamanan website berbentuk protokol dan merupakan versi terbaru dari HTTP. Protokol ini dikembangkan pertama kali oleh perusahaan IT Netscape Communication Corp.
Fungsinya jelas, agar website menjadi lebih aman untuk diakses. Di dalam SEO, website yang sudah memiliki protokol sertifikat ini, dapat mendorong pengunjung lebih mudah mengambil keputusan terkait pembelian di dalam web.
Mereka jadi lebih mudah dan percaya membagikan datanya pada formulir pembelian produk atau jasa.
7. Mobile Friendly
Yang terakhir adalah Mobile Friendly.
Ya, Google sudah mengonfirmasikan kepada kita, bahwa website yang desainnya sudah mobile friendly akan lebih diprioritaskan. Hal ini wajar mengingat Google ingin memastikan penggunanya mendapatkan good experience dengan mampu mengakses website dari segala jenis platform, baik itu desktop ataupun mobile.
Lagi pula, jumlah pengguna smartphone atau yang akses website dari smartphone di dunia lebih banyak dari jumlah pengguna atau yang akses website dari desktop (komputer/laptop).
Inilah penjelasan lengkap tentang 7 faktor ranking SEO terbaru. Apabila Anda berminat untuk mendapatkan Jasa SEO Terbaik, lengkap dengan layanan yang fokus pada 7 faktor ini, hubungi saja Creativism.
Baca Juga: Perbedaan Strategi Instagram Dulu vs Sekarang
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.