Tren SEO 2023 – Tahun ini tidak bisa dipungkiri sebagai tahun emasnya artificial intelligence.
Ya, di awal tahun ini kita dengan mudah menemukan banyak tools AI yang memudahkan pekerjaan jadi lebih efektif. Kehadiran tools AI seperti Chat GPT membantu kita untuk lebih produktif menghasilkan produk konten marketing, salah satunya adalah mempercepat proses pembuatan artikel SEO friendly.
Melalui kehadiran Chat GPT ini juga, Google dengan berani lakukan langkah pengembangan terhadap Bard lebih cepat. Bard sendiri adalah sistem pencarian informasi Google dengan konsep chatbot layaknya Chat GPT.
Google juga telah menuliskan ketentuan khusus untuk konten yang dihasilkan melalui bantuan AI apabila digunakan untuk keperluan SEO Website. Anda bisa membacanya lengkap pada Google Search’s guidance about AI-generated content.
Secara garis besar, konten yang dihasilkan dari bantuan AI tidak masalah digunakan untuk konten SEO website. Selama konten tersebut mengalami perubahan sehingga menjadi unik dan memenuhi kriteria E-E-A-T (expertise, experience, authoritativeness, dan trustworthiness), Google akan menerimanya.
Konten yang dihasilkan melalui bantuan AI ini hanyalah satu dari sekian banyak tren SEO 2023. Lalu apa saja tren SEO lainnya untuk tahun ini?.
MinTiv akan membahasnya lengkap di dalam artikel ini, jadi simak baik-baik ya!.
8 Tren SEO 2023, Pebisnis Wajib Tahu!
1. Indeks Melalui Seluler
Tren SEO yang pertama adalah Google sudah mulai melakukan indeks pada website berdasarkan versi selulernya. Indeks ini dilakukan agar Google mendapatkan lebih banyak data baru untuk index-nya.
Anda bisa memanfaatkan momentum ini dengan memastikan bahwa konten website sudah tampil baik di versi seluler atau mobile. Bila perlu, Anda bisa membaca cara optimasi mobile SEO pada link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Cara Menjalankan Mobile SEO dengan Baik
Fakta juga menjelaskan bahwa lebih dari 60% pencarian informasi Google, dilakukan melalui perangkat seluler.
2. Pencarian Suara
Selanjutnya adalah tren dengan memanfaatkan fitur pencarian suara Google.
ComScore memperkirakan bahwa sekitar 50% pengguna Google di tahun 2020 menggunakan fitur pencarian suara untuk akses informasi mereka. Data ini terus bertambah di tiap tahunnya.
Selaras dengan data tersebut, maka Anda bisa lebih banyak mengoptimalkan konten dengan keyword berjenis long-tail. Ini dikarenakan pengguna cenderung berbicara dengan kalimat lengkap saat lakukan pencarian dengan suara.
3. Pencarian Visual
Berikutnya adalah pencarian visual atau pencarian melalui gambar.
Pencarian ini memanfaatkan media gambar untuk memudahkan pengguna menemukan produk atau informasi terkait gambar yang dicari. Agar website Anda dapat tampil maksimal di sisi ini, maka Anda bisa mulai lebih banyak menggunakan gambar dan video berkualitas tinggi.
Baca Juga: Cara Menjalankan Teknik Image SEO
Jangan lupa juga untuk selalu menyertakan alt, title dan desc pada setiap gambar yang digunakan di dalam konten website.
4. Konten AI
Selanjutnya adalah konten AI. Seperti yang sudah MinTiv jelaskan di awal artikel, tahun ini adalah tahun emasnya Artificial Intelligence. Anda bisa banyak berharap pada proyek AI milik Google bernama Google Bard.
Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa konten Anda benar-benar berkualitas, memenuhi search intent target keyword, dan lain-lain. Langkah ini perlu Anda jalankan, jika ingin website Anda menjadi rujukan dari isi jawaban Google Bard.
Meskipun Google Bard masih belum secanggih Chat GPT, (tidak dapat memahami input prompt dari berbagai bahasa), tapi MinTiv yakin teknologi ini akan jauh lebih maju ketimbang Chat GPT.
5. Konten Featured Snippets Jadi Prioritas
Kelima adalah tren yang mendapatkan Featured Snippets akan jadi prioritas Google. Featured snippets adalah area khusus yang ditampilkan pada urutan paling atas dalam hasil pencarian Google. Ini adalah hadiah yang diberikan oleh Google terhadap konten tertentu yang benar-benar berkualitas.
Google akan memberikan tampilan rangkuman tersendiri untuk konten tersebut sesuai dengan keyword yang ditargetkan.
6. Algoritma Baru RankBrain
Keenam adanya algoritma baru bernama RankBrain.
Algoritma ini Google gunakan untuk dapatkan hasil pencarian yang paling relevan dengan search intent keyword pengguna. Gary Illyes, seorang analyst di Google, mengatakan bahwa RankBrain adalah;
“Sebuah komponen machine learning terkait ranking yang menggunakan data historis pencarian untuk memprediksi apa yang akan user klik untuk query yang sebelumnya tidak pernah dicari”.
Baca Juga: Cara Optimasi Konten Sesuai Algoritma RankBrain
Algoritma ini bekerja berdasarkan banyak faktor, dimulai dari lokasi user, settingan browser, dan juga kesamaan makna keyword.
7. Konten Rich Media Dapatkan Exposure Lebih Besar
Jika Anda benar-benar konsen di dalam ilmu SEO, maka Anda pastinya memahami bahwa SERP Google sekarang ini telah banyak berikan perubahan tampilan. Terbaru, tentu saja adanya favicon website yang ditampilkan bersamaan dengan description konten.
Perubahan yang dilakukan oleh Google ini mengindikasikan bahwa konten rich media atau konten yang dipenuhi berbagai elemen multimedia selain teks mulai mendapatkan banyak exposure dari Google.
Baca Juga: Apa itu Google Discover dan Cara Menempatkan Konten di dalamnya?
Terlebih lagi, Google juga telah mengembangkan aplikasinya sendiri yang memudahkan pencarian berdasarkan minat pengguna, melalui Google Discover.
8. Faktor E (Experience) yang Semakin Besar
Yang terakhir adalah faktor E (Experience) di dalam konten yang semakin mendapatkan perhatian dari Google. Ya, konten yang di dalamnya dibuat berdasarkan pengalaman pribadi tentunya akan mendapatkan nilai lebih di mata Google.
Google juga telah mengonfirmasi perubahan ini dari algoritma sebelumnya E-A-T, menjadi E-E-A-T.
Inilah detail dari 8 tren SEO 2023 yang harus Anda ketahui!. Apabila Anda ingin mendapatkan Jasa SEO Terbaik yang up to date, hubungi Creativism.
Pesan Sekarang: Jasa SEO Murah Terpercaya & Bergaransi!
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: Tren SEO 2023 yang Pebisnis Wajib Ketahui! […]