Jasa media sosial – Bisnis online maupun offline saat ini memanfaatkan berbagai macam platform baik untuk menjalin relasi dengan customer maupun memarketingkan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, para pemilik bisnis membutuhkan pihak ketiga yaitu jasa media sosial untuk mengelola akun Instagram bisnisnya.
Apakah jasa media sosial itu? Jasa media sosial atau agensi media sosial adalah pihak yang memberikan pelayanan dalam mengelola seluruh aktivitas Instagram yang dimiliki oleh business owner. Jasa yang ditawarkan mulai dari perencanaan dan pembuatan konten, copywriting, optimasi hashtag dan bio Instagram, dan konsultasi.
Jasa kelola konten Instagram
Instagram merupakan platform media sosial yang menonjolkan konten berupa foto dan video. Menurut katadata.co.id, media sosial yang dibawahi oleh Facebook ini memiliki jumlah pengguna aktif bulanan hingga per 25 Januari 2021 sebanyak 1,2 miliar. Jumlah tersebut menjadi potensi yang menjanjikan bagi pemilik bisnis untuk menjangkau target market bisnisnya.
Instagram sendiri memiliki algoritma feed yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tiap pengguna. Nah, ini menjadi tugas para business owner untuk meriset konten seperti apa yang bisa relevan dengan target audiensnya.
Proses riset konten perlu dilakukan dengan matang dan juga spesifik sehingga bisa mencapai target yang diinginkan oleh pemilik bisnis. Jasa media sosial dalam hal ini akan membantu melakukan riset yang mendalam terhadap siapa saja yang cocok menjadi target market bisnis dan konten apa saja yang sesuai dengan kebutuhan audiens masing-masing bisnis.
Bentuk konten yang menarik juga perlu dipikirkan untuk bisa memikat hati calon customer bisnis. Beberapa konten yang memiliki banyak diminati saat ini adalah carousel, tips, edukasi, dan konten video.
Jasa copywriting Instagram
Copywriting juga menjadi kebutuhan hampir di seluruh marketing digital saat ini karena keberadaannya menggantikan peran seorang sales untuk menjangkau target market. Penggunaan copywriting dalam Instagram juga diperlukan agar tujuan dari marketing bisnis bisa sesuai target.
Ketika melakukan copywriting di Instagram yang perlu diperhatikan adalah siapa target audiens yang akan melihatnya. Instagram saat ini didominasi oleh pengguna dengan rata-rata usia milenial hingga dewasa muda. Menurut situs GNFI, pengguna Instagram di Indonesia per Januari 2020 tercatat sekitar 62,23 juta pengguna dan mengalami kenaikan menjadi 64 juta pengguna per Maret 2020. Dari jumlah tersebut, usia yang mendominasi adalah antara 18-34 tahun sebanyak 36-38%.
Setelah mengetahui usia dari calon customer, maka selanjutnya kalian perlu menyesuaikan penggunaan bahasa dalam kalimat yang digunakan untuk copywriting di Instagram bisnis kalian. Ini merupakan hal yang penting karena ketika copywriting yang dilakukan tidak nyambung atau tidak relevan dengan kondisi customer maka mereka tidak menjadi tertarik dengan bisnis kalian.
Jasa media sosial juga bertugas dalam mengelola copywriting yang sesuai untuk target market bisnis kalian di Instagram khususnya. Jasa ini akan sangat membantu para pemilik bisnis yang tidak memiliki pengalaman dalam pembuatan copywriting dan ingin menghemat waktunya.
Jasa optimasi hashtag Instagram
Hashtag pada Instagram ini berfungsi sebagai mengelompokkan atau mengkategorikan postingan yang dipost. Biasanya diletakkan pada caption dan jumlahnya bisa lebih dari satu buah.
Hashtag yang tepat dengan postingan akan memudahkan jika dicari. Sebagai contoh, post merupakan foto dari ikan hias, maka hashtag yang digunakan adalah #ikanhias atau #ikanakuarium dan lain-lain.
Hashtag juga membantu postingan diletakkan di bagian teratas dari pencarian ketika dilakukan secara rutin. Jumlah hashtag yang banyak juga akan menjadi keuntungan dan kekurangan tersendiri. Jika jumlahnya terlalu banyak maka tingkat persaingan semakin tinggi, sedangkan jika jumlahnya sedikit akan memperkecil tingkat persaingannya.
Setiap postingan sebaiknya memiliki hashtag yang berbeda-beda dan relevan dengan topik postingan agar menghindari ancaman spamming dari Instagram. Jasa media sosial akan membantu optimasi hashtag dari setiap postingan di Instagram bisnis kalian sehingga bisa relevan dan mudah ditemukan oleh audiens yang menjadi target market bisnis kalian.
Jasa optimasi bio Instagram
Bio Instagram adalah keterangan singkat yang menunjukkan identitas akun Instagram kalian kepada orang yang mengunjungi profil Instagram kalian. Seperti kesan pada pandangan pertama, bio Instagram yang tepat bisa memikat hati calon customer ketika mengunjungi akun Instagram bisnis kalian.
Membuat bio Instagram yang jelas namun singkat sangat penting untuk Instagram bisnis kalian. Banyak calon pembeli yang mencari informasi melalui Instagram bisnis sebelum memutuskan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkannya. Instagram menetapkan batas karakter yang boleh dituliskan pada bio yaitu maksimal 150 karakter.
Supaya memudahkan pencarian terhadap akun bisnis kalian, sebaiknya bio Instagram bisnis kalian menggunakan keterangan bidang bisnis yang kalian jalankan dan juga foto yang sesuai. Penambahakn link aktif seperti WhatsApp, website, dan lain-lain juga bisa membantu customer kalian untuk menghubungi atau mengetahui info lebih lanjut mengenai bisnis kalian.
Jasa media sosial akan membantu kalian dalam mengelola struktur bio Instagram akun bisnis kalian supaya rapi dan memberikan informasi yang jelas kepada calon customer. Dalam pembuatan deskripsi singkat mengenai bisnis kalian juga bisa memadukan dengan teknik copywriting yang tepat agar menambahkan daya tarik tersendiri kepada calon customer.
Jasa konsultasi Instagram bisnis
Mengelola Instagram bisnis hingga bisa beroperasi secara maksimal akan menjadi tantangan tersendiri di masa digital seperti saat ini. Banyaknya kompetitor yang juga mengoptimalkan akun Instagramnya juga bisa memperketat persaingan bisnis kalian.
Dalam menggunakan Instagram sebagai kebutuhan bisnis kalian, hasil yang diperoleh tidaklah instan karena Instagram memiliki algoritmanya tersendiri. Banyak pemilik bisnis yang sudah melakukan upload secara rutin dan juga beriklan, namun tidak bisa mendapatkan konversi.
Hal tersebut wajar terjadi jika kalian belum memiliki skill dan pengalaman yang cukup dalam mengelola Instagram. Agar bisa menghasilkan konversi secara maksimal, maka akun Instagram perlu dipantau secara keseluruhan mulai dari konten yang ditayangkan sampai pengoperasiannya dalam menjangkau audiens.
Jasa media sosial memiliki pengalaman dalam menghandle berbagai macam akun Instagram bisnis klien sehingga bisa membantu kalian dalam menganalisa performa akun Instagram bisnis kalian. Melalui data yang dikumpulkan, jasa media sosial bisa membantu kalian dalam menganalisa permasalahan yang terjadi pada akun Instagram kalian.
Kesimpulan
Instagram merupakan tools yang penting untuk berbisnis pada masa digital seperti saat ini. Agar bisa menghasilkan konversi yang optimal, Instagram haruslah dikelola secara maksimal.
Mengelola Instagram membutuhkan waktu yang tidak instan karena perlu memperhatikan berbagai faktor seperti kualitas konten, interaksi, dan juga performa akun Instagram itu sendiri. Dengan adanya kebutuhan bisnis seperti ini, maka dibutuhkan peran pihak ketiga yaitu jasa media sosial atau agensi media sosial.
Jasa media sosial saat ini sudah banyak bermunculan seiring dengan semakin banyaknya bisnis yang menggunakan akun Instagram untuk keperluan bisnisnya. Dengan mempercayakan akun Instagram bisnis kalian kepada jasa media sosial yang berpengalaman, akan membantu kalian dalam mengoptimalkan Instagram bisnis kalian dan juga menghemat waktu kalian dalam berbisnis.
[…] akan media sosial sebagai sarana promosi terus meningkat. Keadaan ini memunculkan peluang untuk usaha penyedia jasa […]