Kebutuhan akan media sosial sebagai sarana promosi terus meningkat. Keadaan ini memunculkan peluang untuk usaha penyedia jasa social media. Ya, kini semakin banyak juga pihak yang membuka jasa untuk mengelola berbagai akun media sosial.
Semakin banyaknya pihak yang membuka jasa pengelola media sosial malah membuat Kawan Creativ merasa bingung ketika akan memilih jasa untuk digunakan. Oleh karena itu, Kawan Creativ harus memperhatikan kriteria jasa social media terbaik sebelum memutuskan memilih suatu jasa ya.
Alasan dan Keuntungan Menggunakan Jasa Social Media
Kawan Creativ pasti memiliki lebih dari satu akun media sosial bisnis, bukan? Misalnya, Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan media sosial lainnya. Ya, tentunya semakin banyak akun media sosial, maka semakin meningkat pulau jangkauan audiens yang dimiliki.
Semua akun media sosial tersebut harus aktif dan responsif agar semakin dikenal, sehingga promosi yang dilakukan berjalan efektif dan efisien.
Baca Juga: Tips Jitu Tingkatkan Closing Rate
Namun, tentu saja tidak mudah mengelola semua akun media tersebut seorang diri. Terkadang bisa saja Kawan Creativ kehabisan ide konten atau caption ketika akan upload sesuatu di media sosial.
Sebenarnya, semua masalah itu bisa Kawan Creativ atasi dengan bekerja sama dengan pihak yang menyediakan jasa pengelola media sosial. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan lho. Apa saja keuntungan menggunakan jasa ini? Ini dia daftarnya untuk Kawan Creativ.
1. Menghemat Waktu, Tenaga, dan Biaya
Membuat desain konten untuk media sosial bukanlah hal yang mudah dilakukan, terlebih jika Kawan Creativ tidak memiliki keterampilan dasar dalam desain grafis. Selain itu, membuat caption untuk konten yang akan diunggah juga bukanlah hal yang mudah.
Memang Kawan Creativ tetap bisa melakukan semuanya sendiri, tetapi pasti akan membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang tidak sedikit. Lalu kapan waktu untuk mengurus bisnis? Bisa-bisa waktu Kawan Creativ habis hanya untuk membuat konten media sosial.
Lain kondisinya jika menggunakan bantuan kepada pihak penyedia jasa pengelola media sosial. Kawan Creativ tidak perlu repot-repot lagi memikirkan ide konten, desain konten, atau bahkan caption untuk konten media sosial bisnis Kawan Creativ.
Semua itu sudah pasti akan dikerjakan oleh pihak penyedia jasa. Kawan Creativ hanya perlu menyiapkan foto-foto atau video. Selain itu, Kawan Creativ juga hanya perlu melihat hasil desain mereka. Jika ada yang tidak sesuai atau kurang cocok, maka Kawan Creativ juga bisa mengajukan revisi.
Selain itu, menggunakan jasa seperti ini juga akan membuat biaya promosi yang dikeluarkan lebih sedikit. Ya, Kawan Creativ bisa lebih berhemat.
2. Membantu Memperluas Jangkauan Audiens
Media sosial yang dikelola dengan baik akan memberikan peluang yang lebih besar dalam menjangkau lebih luas audiens. Apalagi jika media sosial yang digunakan lebih dari satu. Ya, karena setiap media sosial memiliki penggunaannya masing-masing.
Ketika jangkauan audiens semakin luas, maka pengelolaan media sosial juga bisa diperkuat menggunakan jasa ini. Ya, jasa pengelola media sosial juga akan membantu Kawan Creativ dalam berinteraksi dengan audiens.
Mereka akan membalas pesan, komentar, dan lain sebagainya agar media sosial bisnis Kawan Creativ memiliki kesan responsive dan friendly. Tentunya hal ini akan membangun kepercayaan audiens terhadap brand bisnis milik Kawan Creativ.
Selain itu, audiens juga akan mudah dibujuk untuk membeli produk yang Kawan Creativ jual. Semakin lama keuntungan penjualan pun akan semakin meningkat.
3. Media Sosial Bisnis akan Memiliki Performa yang Baik
Penyedia jasa pengelola akun media sosial biasanya akan memberikan layanan riset keyword atau kata kunci, hashtag, dan lain sebagainya. Selain itu, mereka juga menyediakan caption yang ditulis dengan teknik copywriting.
Semua layanan yang disediakan sangat bermanfaat untuk meningkatkan performa atau kinerja akun media sosial bisnis milik Kawan Creativ. Selain itu, mereka juga akan memberikan laporan analisis performa media sosial.
Laporan ini berupa data yang bisa dianalisis dan menjadi data dasar untuk menentukan strategi selanjutnya guna meningkatkan performa Bagaimana? Pastinya Kawan Creativ semakin tertarik menggunakan jasa pengelola media sosial, bukan?
4 Kriteria Jasa Social Media Terbaik
Semakin banyaknya jasa pengelola media sosial, pasti membuat Kawan Creativ bingung untuk memilihnya. Nah, dari pada kebingungan sendiri, lebih baik Kawan Creativ memahami terlebih dahulu kriteria jasa social media terbaik berikut ini.
1. Menyediakan Layanan yang Lengkap
Kriteria jasa pengelola media sosial terbaik pertama yang harus dipenuhi adalah menyediakan layanan yang lengkap. Layanan yang dimaksud bisa berupa:
- Riset keyword atau kata kunci
- Riset hashtag
- Desain konten foto maupun video
- Penulisan caption berdasarkan teknik copywriting
- Revisi
- Konsultasi
- Pengaturan jadwal untuk upload konten
- Laporan analisis performa media sosial
Jasa pengelola media sosial yang mampu memberikan minimal semua layanan di atas menunjukkan bahwa mereka akan melakukan hal terbaik untuk semua client-nya, termasuk Kawan Creativ. Nantinya Kawan Creativ bisa memutuskan untuk memilih layanan apa saja yang akan diterapkan pada media sosial bisnis.
Biasanya penyedia jasa pengelola media sosial ini akan memberikan paket-paket layanan tertentu. Selain itu, akan ada pilihan juga waktu penggunaan layanan dari mereka.
2. Berpengalaman dan Mampu Bekerja secara Professional
Kriteria yang kedua tentunya jasa pengelola media sosial harus sudah memiliki pengalaman di bidangnya. Pengalaman ini sangat berharga untuk meningkatkan kinerja dan performa mereka. Ya, minimal mereka memiliki pengalaman lebih dari dua tahun di bidang ini.
Selain itu, jasa pengelola akun media sosial juga harus mampu bekerja secara profesional dengan dukungan anggota tim yang ahli di bidangnya masing-masing. Tentunya ini akan berhubungan dengan seluruh proses atau alur yang dikerjakan untuk memberikan hasil terbaik dengan cara yang tepat dan cepat.
3. Memberikan Laporan Analisis dan Konsultasi
Kriteria yang selanjutnya adalah jasa pengelola media sosial harus mampu memberikan laporan analisis yang akurat dan dapat dipercaya. Laporan ini tentunya untuk melihat perkembangan performa media sosial sebelum dan sesudah dikelola oleh mereka.
Selain itu, Kawan Creativ bisa menggunakan laporan analisis ini sebagai bahan pertimbangan menentukan strategi promosi selanjutnya. Jasa pengelola media sosial yang baik tentu saja tidak akan memberikan laporan analisis begitu saja.
Mereka juga akan menyediakan layanan konsultasi atau diskusi untuk Kawan Creativ terkait laporan yang mereka berikan. Selain itu, mereka biasanya akan merekomendasikan langkah-langkah selanjutnya untuk meningkatkan performa media sosial sebagai sarana promosi yang efektif dan efisien.
4. Harga Terjangkau
Kriteria terakhir yang tidak kalah pentingnya berkaitan dengan biaya. Ya, tentu saja Kawan Creativ harus memperhatikan biaya yang akan Kawan Creativ keluarkan untuk menyewa atau menggunakan jasa ini.
Jasa pengelola media sosial terbaik tentu saja akan memberikan harga yang terjangkau untuk client-nya. Mereka bahkan bisa memberikan diskon atau potongan harga lho. Wah pasti akan sangat menguntungkan bagi Kawan Creativ!.
Baca Juga: Inilah Langkah Tepat Memulai Instagram Marketing!
Memilih jasa social media yang sesuai memang akan mudah dilakukan jika Kawan Creativ memahami seluruh kriteria di atas. Ya, pastikan jasa yang Kawan Creativ pilih memenuhi semua kriteria tersebut ya.
Jika Kawan Creativ masih bingung menentukannya, maka Kawan Creativ bisa memilih social media management dari Creativism.id. Layanan dan kualitasnya sudah sangat terjamin dan dapat dipercaya lho!
[…] Pesan Sekarang: Jasa Sosial Media Terbaik […]