Instagram Bisnis: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memaksimalkannya

Instagram bisnis

Table of Contents

Apa itu Instagram bisnis? Instagram telah menjelma sebagai salah satu aplikasi media sosial terbaik dan populer. Aplikasi ini diperkenalkan pada Oktober 2010 di mana Anda bisa mengupload foto maupun video. Selain itu, Anda juga bisa membagikan video atau foto Anda ke media sosial yang lainnya.

Meskipun saat ini sudah bermunculan aplikasi media sosial lainnya, namun nama Instagram seolah-olah tidak bisa digeser. Instagram malah semakin terkenal setelah memperkenalkan banyak fitur baru dan menarik. Beberapa fitur tersebut antara lain Instagram Story, IGTV, Q&A, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, Instagram juga menyediakan akun khusus untuk mereka yang ingin menjalankan bisnis. Akun tersebut dinamakan Instagram bisnis. Informasi yang berkaitan dengan IG bisnis akan kami jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Instagram Bisnis

Instagram bisnis

Instagram bisnis diperkenalkan pada 2016. Sesuai namanya, akun ini diperuntukkan bagi mereka yang ingin berbisnis di Instagram. Sebenarnya untuk fungsi akun ini tidak jauh berbeda dengan yang Anda temukan pada Instagram personal. Hanya saja akun bisnis tersebut memiliki beberapa kelebihan yang hanya akan Anda dapatkan ketika Anda mengganti akun personal ke akun bisnis.

Namun sebelum itu, kami menyarankan Anda memiliki Facebook Page serta kontak yang dapat dihubungi. Hal ini karena dalam proses pengisian biodata, Anda akan diminta untuk memasukkan keduanya.

Mengapa Harus Menggunakan Instagram Bisnis?

Sekarang muncul pertanyaan, mengapa kita perlu menggunakan akun Instagram bisnis? Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa meskipun akun bisnis tidak jauh berbeda dengan akun personal, namun ada beberapa kelebihan akun bisnis yang sangat bermanfaat untuk menjalankan usaha Anda.

Apa saja kelebihan tersebut? Berikut ini jawabannya:

1. Instagram Insights

Kelebihan pertama yang hanya bisa Anda temukan di IG bisnis adalah hadirnya fitur bernama Instagram Insights. Insights adalah tool yang berguna untuk memberi tahu Anda mengenai aktivitas yang terjadi pada setiap halaman yang ada di akun Instagram Anda tersebut.

Melalu tool ini, Anda juga bisa menyaksikan seperti apa performa akun Anda secara lebih eksplisit. Beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan melalui fitur ini antara lain jumlah followers, jam favorit pengunjung, skala impresi, dan juga data demografi.

Tentu saja kelebihan ini tidak akan Anda dapatkan ketika masih menggunakan Instagram personal. Anda hanya bisa melihat berapa banyak orang yang memberikan like dan berkomentar terhadap postingan Anda.

2. Instagram Ads

Fitur unggulan kedua dari Instagram bisnis adalah Instagram Ads. Dengan fitur ini, Anda memiliki kesempatan untuk lebih bisa menjangkau audiens. Itu artinya, Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan sehingga keuntungan Anda pun akan semakin meningkat.

Melalui Instagram Ads, Anda juga bisa merumuskan target secara lebih spesifik dengan berdasarkan interest, demografi, usia, behaviour, dan lain sebagainya. Setelah itu, iklan Anda tersebut akan muncul ketika audiens men-scroll di time line.

Anda juga dapat memunculkan iklan Anda di story. Dengan begitu, akan semakin banyak orang yang mengetahui produk yang Anda tawarkan maupun bisnis yang sedang Anda jalankan.

 3. Tombol Email dan Kontak

Ketika Anda beralih ke akun Instagra bisnis, maka Anda bisa memasukkan informasi tentang kontak dan email. Terdapat tombol khusus di mana Anda bisa memasukkan informasi seputar kontak email. Dengan begitu, para pengunjung akun Anda bisa lebih mudah menghubungi Anda.

Memang sepertinya kedua tombol ini sepele namun bukan berarti tidak penting. Tombol tersebut akan bermanfaat ketika pelanggan Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang produk maupun promo yang Anda tawarkan.

3. Info Tentang Kegiatan Bisnis

Fitur lain yang dimiliki Instagram bisnis dan yang tidak kalah penting adalah info tentang kegiatan bisnis. Dengan menggunakan akun bisnis, pengunjung akun Anda bisa mengetahui apa kategori bisnis Anda.

Informasi tersebut akan secara otomatis muncul di bio atau profil Anda. Terdapat beberapa kategori bisnis yang bisa Anda temukan antara lain Agency, Beauty, Tour & Travel, Music, Design, Fashion, Retail Business, Finance, dan lain-lain. Anda bisa menyesuaikan kategori bisnis tersebut sesuai bisnis yang Anda jalankan.

Cara Mengubah Akun Personal ke Akun Instagram Bisnis

Instagram bisnis

Anda telah mengetahui pengertian dan manfaat yang Anda dapatkan ketika menggunakan akun Instagram bisnis. Informasi selanjutnya yaitu langkah-langkah yang Anda perlukan ketika ingin beralih dari akun pribadi ke akun bisnis.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke Instagram menggunakan akun yang Anda (akun personal)
  • Langkah kedua, setelah masuk ke tampilan Instagram, silakan buka profil Anda
  • Langkah ketiga, masuk ke menu Settings yang ditandai dengan ikon 3 garis dan klik Switch to Professional Account
  • Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah tentukan jenis profil Anda. Ada dua pilihan yaitu Business dan Creator. Dikarenakan Anda ingin fokus ke bisnis, maka Anda memilih Business
  • Kemudian, silakan menentukan kategori bisnis Anda. Anda tinggal menyesuaikan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Tidak perlu khawatir karena apa pun bisnisnya, sudah pasti muncul di kolom pencarian atau Search Category. Ketika sudah, klik Next
  • Setelah selesai mengisi kategori Anda, maka sekarang yang Anda lakukan yaitu masukkan nomor kontak dan juga email yang Anda miliki. Ini akan memudahkan pengunjung yang ingin mengetahui produk, promo, atau diskon yang Anda tawarkan
  • Untuk langkah selanjutnya ini bersifat opsional. Jika Anda ingin menghubungkan akun Instagram bisnis ke Facebook Page, Anda perlu menyelesaikan langkah ini. Jika Anda merasa tidak perlu, silakan memilih Don’t connect to Facebook Now
  • Langkah terakhir yaitu tinggal melengkapi biodata Anda. Anda harus mengecek apakah username, bio, alamat website (jika punya), dan lain-lain sudah Anda isi atau belum. Setelah selesai, silakan mengklik Done

Tips Penting dalam Memaksimalkan Instagram Bisnis

1. Menentukan Target

Tips pertama ketika ingin memaksimalkan Instagram bisnis adalah tentukan target Anda. Anda harus menentukan audiens terlebih dahulu sebelum memposting. Meskipun Anda memiliki kemampuan dalam membuat dan memposting konten yang eye-catching, namun ketika tidak mengetahui terget Anda maka hal ini akan kurang efektif.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan riset untuk menentukan audiens yang tepat. Ketika sasaran Anda tepat, maka promosi atau strategi yang Anda terapkan akan memberikan hasil yang memuaskan.

2. Buat Jadwal Posting

Anda perlu membuat jadwal posting secara rutin. Namun sebelumnya Anda perlu mengetahui waktu ideal ketika ingin memposting foto. Anda perlu melakukan beberapa percobaan sampai Anda mendapatkan kesimpulan tentang waktu terbaik dalam memposting konten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Buat Konten Menarik

Cara lain dan yang tidak kalah penting untuk membangun Instagram bisnis Anda adalah dengan membuat konten yang menarik. Anda harus bisa membuat konten yang tidak monoton dan membosankan. Dengan membuat konten yang menarik, maka berpotensi audiens Anda tertarik untuk melihat dan kemudian mereka akan membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *