6 Aplikasi untuk membuat Desain Konten Instagram yang Keren

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidak sedikit orang yang masih bingung tentang bagaimana cara membuat desain konten Instagram yang keren. Kemampuan yang terbatas merupakan faktor utama dalam membuat konten yang berkualitas yang mampu menarik minat orang untuk membaca dan mengunjungi akun Instagram kita. Sebenarnya Anda bisa menyewa jasa orang untuk membuat konten tersebut.

Akan tetapi, biaya yang harus Anda keluarkan tentunya tidak sedikit. Maka dari itu solusinya adalah Anda harus belajar bagaimana cara membuat konten Instagram yang keren dengan tangan Anda sendiri.

Mengapa Harus Membuat Desain Konten Instagram yang Keren?

Lalu kenapa Anda perlu membuat konten Instagram yang keren? Tentu saja ada banyak alasan dibalik itu semua. Beberapa alasan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Memberikan Pengaruh yang Kuat terhadap Visual Identity

Tidak bisa dipungkiri bahwa konten visual menghasilkan sebuah pengaruh yang signifikan dalam dunia bisnis. Membuat desain konten Instagram yang keren tentu saja akan membuat banyak orang tertarik dan bahkan berbondong-bondong mengunjungi akun Anda. Maka dari itu, Anda perlu memperkuat visual identity melalui konten yang Anda buat.

2. Bisa Bertahan dari Algoritma Instagram

Instagram memiliki algoritma baru yang harus dipahami oleh mereka yang menjalankan bisnis di aplikasi media sosial tersebut. Salah satu cara agar bisa bertahan terhadap algoritma tersebut adalah dengan membuat sebuah konten yang berkualitas. Ketika Anda membuat konten yang menarik dan berkualitas, para follower Anda maupun bukan akan penasaran terhadap konten-konten yang Anda miliki.

Aplikasi untuk Membuat Desain Konten Instagram

Setelah mengetahui pentingnya membuat sebuah konten Instagram, di bawah ini kami akan menjelaskan tentang apa saja aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat desain konten Instagram. Aplikasi ini mampu memenuhi ekspektasi Anda dan Anda pun tidak perlu bingung membuat desain kontennya karena  sudah tersedia di dalam aplikasi tersebut.

1. Canva

desain konten Instagram

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah Canva. Bagi para desain grafis profesional, nama aplikasi ini sudah tentu tidak asing. Bahkan mungkin menjadi salah satu aplikasi yang mereka gunakan untuk menghasilkan berbagai konten menarik di media sosial. Aplikasi ini sudah banyak membantu para grafik desainer dalam membuat berbagai konten menarik.

Canva menyediakan banyak template sehingga Anda tidak perlu bingung karena harus membuat desain Anda sendiri. Anda tinggal memanfatkan template tersebut yang kemudian Anda sesuaikan dengan konsep atau ide yang Anda miliki. Aplikasi ini bukan hanya untuk mereka yang profesional melainkan Anda yang baru pertama kali belajar membuat desain konten pun bisa menggunakannya.

2. Pablo

Sama halnya dengan Canva, Pablo juga bisa menjadi salah satu aplikasi untuk memudahkan Anda dalam membuat desain konten Instagram. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga meskipun Anda baru pertama menggunakannya pun tidak akan kesulitan untuk menggunakan setiap menu atau fitur yang ada.

Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa memilih berbagai template menarik. Bukan hanya itu saja, masih ada quotes, promosi, pengumuman, dan lain sebagainya yang bisa membantu untuk menghasilkan sebuah konten yang akan membuat siapa saja tertarik membacanya. Sudah banyak  orang yang menggunakan Pablo untuk membuat konten pada Instagram, Twitter, Facebook, Pinterest, dan lain-lain.

3. Piktochart

desain konten Instagram

Jika Anda memerlukan sebuah desain konten Instagram yang cantik dan akan menarik banyak orang, maka Piktochart bisa menjadi pilihan terbaik untuk mewujudkan keinginan Anda tersebut. Anda bisa mencoba sebuah tool desain online ini untuk membuat sebuah desain yang menarik. Piktochart menawarkan banyak fitur bisa Anda gunakan dengan mudah.

Sama dengan Canva, tool ini juga memiliki fitur drag and drop sehingga membuat proses pembuatan desain menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Sekadar informasi bahwa selain digunakan untuk membantu membuat desain, Piktochart juga bisa Anda jadikan sebagai aplikasi alternatif pengganti Power Point. Mungkin Anda merasa bosan dengan tampilan Power Point yang selama ini Anda gunakan.

Anda ingin membuat sebuah slide presentase yang berbeda dari biasanya. Piktochart bisa mewujudkan keinginan Anda tersebut. Anda juga bisa mendownload semua gambar yang tersedia tanpa ribet. Sebuah tool yang banyak direkomendasikan untuk membuat desain untuk konten maupun membuat presentasi.

4. Adobe Spark

Adobe Spark merupakan sebuah aplikasi desain grafis yang juga cukup terkenal. Aplikasi ini bisa Anda gunakan oleh Anda yang menggunakan perangkat Android. Anda bisa membuat konten berupa gambar, video, dan lain-lain dengan mudah dan menarik. Dijamin konten Anda tersebut akan langsung menarik banyak orang dan banyak yang akan mengunjungi halaman atau akun Instagram Anda.

Adobe Spark juga menyediakan banyak template yang membantu menghasilkan sebuah konten seperti halnya hasil dari para desain grafis profesional. Selain itu, kehadiran template tersebut juga menghemat waktu Anda karena Anda hanya perlu mencari mana template yang sesuai dengan konsep yang Anda miliki. Salah satu fitur yang menjadi keunggulan dari aplikasi ini yaitu fungsi untuk pembuatan video.

Anda hanya perlu mengupload beberapa gambar, kemudian memasukkan teks sesuai keinginan Anda. Terakhir, Anda hanya perlu mengklik “selanjutnya” dan secara otomatis video Anda sudah jadi. Sebagai tambahan, mungkin hasil video Anda akan memunculkan watermark. Namun Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menghilangkan watermark tersebut dengan menggunakan tool video editing.

5. VECTR

Sesuai dengan namanya, tool desain ini digunakan untuk mendesain grafis vektor. Anda bisa menggunakan VECTR secara online dan gratis. Tool ini mampu mewujudkan keinginan Anda dalam membuat sebuah konten yang menarik. Memang jika dibandingkan dengan aplikasi seperti Adobe Illustrator, fitur yang tersedia masih tidak begitu lengkap namun hal ini menjadi langkah awal yang bagus untuk Anda.

Alasannya karena Anda bisa menciptakan desain vektor versi Anda sendiri. Selain tersedia secara online, Anda juga bisa mengunduh versi dekstopnya untuk membuat Anda lebih fleksibel ketika mendesain konten Instagram maupun media sosial yang liannya.

6. Gravit Designer

desain konten Instagram

Gravit Designer juga merupakan sebuah aplikasi desain vektor yang bisa menjadi pilihan Anda. Untuk fitur-fitur yang ditawarkan lebih lengkap sehingga semakin memudahkan Anda dalam membuat desain untuk konten Instagram. Sama halnya dengan VECTR, Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini baik versi online maupun mendownload versi dekstop.

Selain membantu menghasilkan desain konten Instagram yang menarik, Gravit Designer juga bisa Anda gunakan untuk membuat presentasi. Dengan kata lain, aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan alternatif pengganti Power Point untuk memberikan tampilan baru. Apalagi aplikasi ini bisa Anda gunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya apa pun.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apa saja aplikasi untuk membuat desain konten Instagram agar lebih keren dan menarik. Semoga bermanfaat.