5 Jenis Konten Instagram Cocok Untuk Bisnis Kecil

jenis konten instagram

Table of Contents

Seperti diketahui, konten merupakan bagian penting dari digital marketing. Termasuk juga ketika melakukan pemasaran di Instagram. Jenis konten Instagram memiliki pengaruh krusial pada pertumbuhan bisnis kecil. Apapun bidangnya.

Ada banyak sekali konten yang bisa diunggah di Instagram. Namun dari sekian banyak jenis konten Instagram tersebut, mana yang paling tepat dan cocok untuk bisnis kecil? Konten yang bukan hanya sekedar menarik perhatian audiens dan konsumen. Melainkan juga akan membantu awareness sampai branding dari bisnis tersebut sendiri.

Di bawah ini merupakan beberapa jenis konten yang akan cocok untuk bisnis kecil.

5 Jenis Konten Instagram Untuk Bisnis Kecil

1. Foto Produk

Foto dari produk atau jasa yang ditawarkan sudah pasti akan sangat penting untuk pemasaran. Entah itu bisnis besar atau kecil. Tentu saja foto produk yang menjadi konten juga tidak bisa sembarangan. Foto produk haruslah menarik, sesuai dengan tema dan desain feed, serta memberikan detail informasi jelas. 

Kreatifitas untuk foto produk juga menjadi satu pertimbangan lain. Tidak jarang terjadi, rasa tertarik konsumen dan audiens untuk sebuah produk bermula dari foto yang ditampilkan. Sehingga bukan pilihan yang salah untuk memilih jasa fotografer profesional demi foto produk terbaik.

2. Konten Inspirasi

Konten menarik berikutnya untuk pemasaran Instagram merupakan jenis konten inspirasi. Tentunya juga tidak bisa sembarang inspirasi. Konten inspirasi yang diunggah tentunya harus sesuai dengan produk atau jasa yang dipasarkan. Serta sesuai dengan target pasar atau audiens.

Contoh dari konten inspirasi ini seperti inspirasi padu padan bila produk yang ditawarkan merupakan pakaian. Selain itu untuk jasa penulisan artikel misalnya, konten inspirasi bisa yang berkaitan dengan dunia tulis menulis.

3. Microblog

Satu tahun terakhir ini, konten microblog menjadi tren tersendiri di Instagram. Konten microblog memberikan informasi yang sifatnya cukup lengkap. Hanya saja dikemas dalam bentuk slide foto atau carousel untuk feed Instagram.

Seperti juga konten inspirasi, microblog tentunya juga harus sesuai dengan produk dan jasa yang dipasarkan untuk Instagram bisnis kecil ini, Beberapa ide untuk konten microblog seperti tips dan trik, informasi sejarah, trivia atau fakta yang tidak banyak diketahui, dan lain sebagainya.

Microblog menjadi salah satu media terbaik juga untuk meningkatkan engagement. Jenis konten ini akan menarik perhatian audiens dan konsumen. Tentu bila dikemas dengan tepat dan topik pembahasan yang menarik pula.

4. Behind The Scene

Jenis konten satu ini memang lebih banyak diadaptasi oleh akun Instagram untuk bisnis besar. Meski tentu saja, tidak menutup kemungkinan untuk bisnis kecil juga mengunggah konten jenis yang sama.

Behind the Scene menunjukan proses pembuatan sebuah produk. Sedangkan untuk jasa, konten ini akan lebih condong kepada proses kerja atau sistem dari layanan jasa itu sendiri. Jenis konten behind the scene ini dinilai menarik karena membawa konsumen lebih dekat dengan produk dan jasa yang akan mereka gunakan.

5. Review

Review sudah tentu menjadi konten berikutnya yang pas untuk pemasaran di Instagram. Konten review bisa didapat dari konsumen, endorsement, sampai dibuat sendiri. Jenis konten review ini juga terdiri dari beberapa bagian berbeda. Seperti unboxing kemasan, review kekurangan kelebihan, dan lain-lain. Isi kontennya tinggal disesuaikan dengan produk dan jasa yang dipasarkan saja.

Jenis konten Instagram yang cocok untuk bisnis kecil di atas memang akan membantu untuk meningkatkan pemasaran. Selamat mencoba dengan membuat berbagai konten kreatif untuk digital marketing di Instagram ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *