Cara Meningkatkan Penjualan Melalui Peningkatan Customer Engagement

peningkatan customer engagement

Table of Contents

Digital marketing berjalan secara dua arah: dari eksternal (konsumen, klien, audiens, dan lain-lain) serta internal (perusahaan, penjualan, dan sebagainya). Interaksi dua arah yang disebut dengan peningkatan customer engagement ini yang nantinya berperan dengan peningkatan penjualan.

Anda yang saat ini sedang bergelut dengan digital marketing, terutama di sosial media Instagram, pastinya sering mendengar mengenai engagement. Customer engagement memang memiliki peranan penting dalam digital marketing di era saat ini. Dimana semakin tinggi engagement, maka kemungkinan terjadinya peningkatan penjualan akan semakin tinggi pula.

Untuk membahas lebih dalam tentang kaitan engagement dengan peningkatan penjualan, tentunya penting sekali memahami pengetiannya lebih dulu.

Pengertian Customer Engagement

Secara harfiah, customer engagement didefinisikan sebagai interaksi atau komunikasi melalui saluran korespondensi yang terjalin antara pihak dengan kepentingan eksternal, seperti klien, konsumen dengan pihak internal, seperti produsen, penjual, dan juga perusahaan.

Pengertian lain dari customer engagement juga sebagai keterikatan konsumen, sehingga terjadi interaksi dan komunikasi dengan produsen atau perusahaan. Baik itu melalui reaksi, feedback, review, dan berbagai bentuk efek interaksi lain berkaitan dengan produk maupun jasa yang dipasarkan.

Adanya keterlibatan komunikasi konsumen ini bisa melalui berbagai saluran dan media berbeda. Seperti misalnya melalui percakapan langsung tentang produk atau jasa yang ditawarkan, komentar, reaksi seperti Like atau Heart, sampai memberikan review serta feedback. 

Di media sosial seperti Instagram, engagement diperlihatkan dari reaksi Like, komentar, sampai membuka profil akun perusahaan atau penjual. Sampai akhirnya ke tingkatan lain dari engagement seperti mengakses website dan mengirimkan order.

Meningkatkan Penjualan Dengan Peningkatan Customer Engagement

Adanya interaksi dengan konsumen tentu menunjukan ketertarikan. Bila sudah ada ketertarikan dari konsumen, akan lebih mudah bukan membuat mereka untuk mengirimkan order penjualan? Setelah penjualan berjalan pun, jika interaksi dengan konsumen dipertahankan, bukan tidak mungkin akan ada repeat order atau pembelian ulang. Selain itu juga bentuk interaksi lain dengan konsumen untuk meninggalkan review; yang nantinya akan berguna untuk menumbuhkan kepercayaan dari konsumen lain.

Meningkatkan customer engagement memang secara langsung meningkatkan penjualan. Customer engagement dibangun melalui keterkaitan, komunikasi yang berjalan baik, sampai kepercayaan dari konsumen ke produsen. Interaksi yang erat ini sangat mungkin untuk melahirkan penjualan-penjualan berikutnya. Baik itu dari konsumen yang sama atau lainnya.

Cara Meningkatkan Customer Engagement

1. Konten Interaktif

Cara untuk membangun interaksi dengan konsumen atau audiens tentunya dengan menyediakan media untuk berinteraksi. Salah satunya merupakan dengan konten interaktif.

Konten interaktif ini bisa dengan mengajak konsumen menceritakan pengalaman mereka saat menggunakan produk/layanan jasa. Sampai juga konten yang membuat audiens merasa terlibat atau relatable.

2. Tumbuhkan Rasa Percaya

Trust menjadi bagian penting dari engagement. Rasa percaya dari konsumen ini bukan hanya tumbuh dari konten di Instagram saja. Melainkan juga kualitas jasa dan produk, sampai juga layanan balik ke konsumen. Entah itu saat order atau ketika menanggapi pertanyaan dan keluhan.

Branding juga memiliki peranan penting untuk menumbuhkan rasa percaya kepada konsumen. Selain juga informasi mengenai produk atau product awareness yang lengkap menyeluruh.

3. Review

Umpan balik merupakan salah satu bentuk engagement. Bahkan bisa dikatakan ini merupakan bentuk engagement yang membantu meningkatkan penjualan secara langsung. Adanya review, terutama yang positif akan membantu meyakinkan calon konsumen berikutnya. Sekaligus juga menumbuhkan rasa percaya sampai branding.

Meningkatkan customer engagement menjadi cara lain untuk meningkatkan penjualan. Konten interaktif, pengalaman positif sampai layanan yang diberikan kepada konsumen merupakan beberapa cara untuk peningkatan customer engagement.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *