Tepat Sasaran! Tips Membuat Konten Instagram Menarik dan Menjual

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Konten merupakan ujung tombak dari digital marketing. Nyaris semua trik, cara, dan strategi digital marketing akan bergantung pada konten itu sendiri. Terutama pemasaran di media sosial, konten Instagram merupakan bagian sangat krusial.

Membuat konten yang menarik, menjual, meningkatkan engagement, sekaligus juga mampu menyampaikan produk atau jasa yang dipasarkan menjadi kunci penting. Lalu sebenarnya, bagaimana sih membuat konten yang tepat sebagai marketing di Instagram?

Di bawah ini, merupakan sederet tips untuk membuat konten Instagram yang bukan hanya sekedar menarik. Melainkan juga mampu menjual. 

Tips Membuat Konten Instagram Menarik dan Menjual

1. Tentukan Tema Feed

Saat melakukan pemasaran di Instagram, feed merupakan tampilan etalase Anda. Feed menjadi apa yang dilihat pertama kali ketika konsumen atau calon konsumen membuka profil akun Instagram. Bila feed menarik, sudah tentu kemungkinan akun mendapatkan follower baru akan semakin besar.

Salah satu cara untuk menjadikan tampilan feed lebih menarik ialah dengan menentukan tema. Lebih baik lagi bila tema untuk feed memang sesuai dengan produk/jasa yang sedang dipasarkan. Bisa dari warna, ikon, tampilan, sampai tema secara umum yang digunakan.

2. Desain Feed

Seperti juga tema, desain feed sangat penting untuk menjadi perhatian. Membuat desain feed yang sesuai dengan tema, koordinasi warna, sampai memiliki tampilan selaras dengan Story dan Highlight merupakan ide sangat bagus untuk konten.

Desain feed yang baik bukan hanya memberikan tampilan sesuai tema. Melainkan juga memastikan tampilan feed terlihat profesional. Ini merupakan salah satu hal penting lain untuk akun bisnis atau online shop di Instagram.

3. Kualitas Gambar/Video

Konten untuk Instagram memang tidak terlepas dari gambar maupun video. Baik itu diunggah melalui Feed ataupun Story. Tips untuk menjadikan konten gambar atau video menjual ialah dengan memastikan kualitas. Ini berarti pastikan tidak mengunggah konten video atau gambar dengan kualitas buruk di Instagram. Kualitas video dan gambar yang layak diunggah untuk konten haruslah HD. Untuk video disarankan memiliki resolusi di atas 720 piksel.

Gambar dan video dengan kualitas baik ini tentunya menunjukan tampilan feed yang lebih bagus serta profesional. Selain itu isi dari konten juga lebih mudah dilihat dengan kualitas yang baik. Tidak menyenangkan bukan saat berusaha menonton video namun justru terlihat pecah-pecah dan tidak jelas karena kualitas kurang?

4. Bahasan Sesuai Target Pasar/Audiens

Poin satu ini menjadi tips paling penting berikutnya untuk konten di Instagram yang menarik dan menjual. 

Mengetahui target pasar dan juga audiens merupakan satu keharusan sebelum memulai marketing. Target pasar dan audiens ini akan berpengaruh besar untuk konten yang akan dibuat. Tentunya demi menghasilkan konten yang menarik dan menjual kepada audiens tersebut.

Misalnya saja bila target audiens atau pasar untuk online shop perlengkapan ibu dan bayi merupakan ibu-ibu muda dengan anak balita atau bayi. Konten yang menarik dan menjual tentu berkaitan dengan bayi dan anak. Bisa mengenai bahasan tumbuh kembang anak, tips merawat anak dan lain-lain.

5. Waktu Posting

Waktu posting juga sangat penting untuk menentukan apakah konten tersebut menjual. Seperti juga bahasan di dalam konten yang harus sesuai dengan target pasar, waktu posting juga harus disesuaikan. 

Contoh yang pertama, untuk target audiens ibu-ibu muda, jam dimana mereka bisa mengakses sosial media adalah ketika anak tidur. Atau sedang menyusui. Sehingga jam posting paling tepat antara malam-dini hari atau siang dan sore hari.

Konten Instagram yang menarik dan menjual akan sangat berperan dengan suksesnya pemasaran. Semoga tips di atas membantu membuat konten lebih menarik.