5 Alasan Wajib Gunakan Jasa Copywriting Media Sosial

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jasa copywriting media sosial saat ini sudah banyak digunakan oleh berbagai bisnis khususnya untuk mengoptimalkan media sosial yang mereka miliki. Sebelum membahas lebih jauh, tahukah kalian apa itu copywriting?

Copywriting adalah teknik penulisan yang digunakan untuk melakukan pemasaran suatu bisnis dengan cara yang kreatif dan menarik. Teknik berjualan saat ini juga tidak sebatas mempromosikan produk yang dijual saja kepada calon customer, melainkan mulai melibatkan emosi dari calon customer untuk membeli produk tersebut. Berikut ini adalah

Apa tujuan copywriting?

jasa copywriting media sosial

Copywriting dapat diartikan juga sebagai seni merangkai kata yang memberikan emosi tertentu ketika dibaca oleh orang. Jika diterapkan dalam bisnis, maka tujuan dari copywriting adalah berperan sebagai seorang salesman namun dalam bentuk tulisan yang kreatif, sehingga dapat menarik hati calon customer yang akhirnya nanti dapat menghasilkan konversi.

Lalu, apakah bisnis kalian benar-benar membutuhkan copywriting? Berikut adalah manfaat dari penggunaan copywriting untuk media sosial bisnis kalian khususnya.

Perbedaan copywriting dan content writing

perbedaan copywriter dan contentwriter

Copywriting dan content writing memiliki persamaan yaitu sama-sama menggunakan teks atau tulisan untuk menyampaikan suatu informasi. Namun, kedua istilah ini memiliki tujuan yang benar-benar berbeda.

Jika copywriting bertujuan untuk memasarkan suatu produk atau menarik calon customer, maka content writing merupakan penulisan yan bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang produk atau bisnis yang dipromosikan tersebut.

Lalu, mana yang penting? Jawabannya, keduanya sama-sama penting karena diperlukan dalam proses pemasaran bisnis secara online khususnya. Tanpa salah satunya, maka proses marketing tidak bisa berjalan dengan lancar.

Jasa copywriting media sosial membantu komunikasi dengan customer

jasa copywriting media sosial

Media sosial seperti Instagram merupakan salah satu alat komunikasi yang saat ini dimiliki oleh hampir semua bisnis. Ketika menggunakan Instagram, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah caption bukan?

Caption ini merupakan bentuk komunikasi tertulis dengan para audiens akun Instagram kalian. Dengan menerapkan copywriting yang tepat, maka tulisan yang ada di caption bisa menarik calon customer dengan mudah.

Namun, ketika harus menyusun kata-kata untuk caption Instagram biasanya akan ada berbagai macam kesulitan karena kurangnya pengalaman untuk menyampaikan informasi kepada customer. Jasa copywriting media sosial membantu kalian dalam membuat copywriting yang tepat untuk calon customer bisnis kalian.

Jasa copywriting media sosial bantu yakinkan calon customer kalian

jasa copywriting media sosial

Meyakinkan calon customer seringkali menjadi tantangan tersendiri sehingga menghambat terjadinya closing. Untuk bisa meyakinkan calon customer agar percaya dengan produk yang kalian jual, maka kalian harus melakukan pendekatan tertentu dengan mereka.

Dengan menggunakan copywriting kalian dapat meyakinkan calon customer untuk membeli produk secara persuasif atau tanpa paksaan. Agar copywriting kalian bisa sukses meyakinkan customer, maka kalian harus memahami pola pikir seorang copywriter terlebih dahulu.

Namun, untuk bisa membuat copywriting yang tepat dengan calon customer kalian hingga meyakinkan mereka membutuhkan waktu dan juga trial error yang tidak cepat. Kalian bisa menghemat waktu untuk melakukan copywriting dengan menggunakan jasa copywriting media sosial.

Dengan menghire seorang jasa copywriting media sosial, kalian akan bisa merumuskan copywriting seperti apa yang tepat untuk calon customer kalian. Setelah membuat riset audiens maka selanjutnya jasa copywriting media sosial akan membuat copywriting yang sesuai dengan karakter customer kalian.

Membantu membangun brand melalui copywriting

branding

Branding adalah bentuk dari reputasi dan juga identitas suatu bisnis. Kelebihan dari melalukan branding pada bisnis kalian yaitu akan memberikan keunggulan lebih kepada bisnis kalian terhadap kompetitor.

Membangun branding dapat dilakukan juga dengan teknik copywriting yang tepat. Melalui tulisan dalam copywriting akan membantu perusahaan untuk menceritakan kelebihan dan keunikan dari bisnis mereka kepada calon customer.

Menurut Grant Marketing, pada tahun 2019 terjadi peningkatan sebesar dua setengah kali lebih cepat pada bisnis yang memiliki branding. Situs tersebut juga mengutip bahwa saat ini brand yang kuat dihasilkan dari pesan yang intim dan juga relevan dengan customer bisnis mereka.

Copywriting yang baik akan membantu bisnis kalian dalam membangun image perusahaan kalian melalui berbagai platform seperti website dan media sosial. Contoh copywriting yang dilakukan dengan baik oleh suatu perusahaan adalah Steinway Pianos yang menggunakan copywriting untuk menggambarkan kualitas piano yang mereka jual seperti di bawah ini .

“EXPERIENCE SPIRIO THE WORLD’S finest HIGH RESOLUTION PLAYER PIANO

A masterpiece of artistry and engineering in your home, SPIRIO enables you to enjoy performances captured by great pianists — played with such nuance, power and passion that is utterly indistinguishable from a live performacne. Learn more.”

Jasa copywriting media sosial mempersuasi customer untuk melakukan action

jasa copywriting media sosial

Tahap awal dari copywriting adalah melakukan pendekatan dengan memahami apa yang diinginkan atau menjadi masalah dari customer. Setelah mengetahui apa yang menjadi permasalahan customer, selanjutnya adalah melakukan pendekatan dengan menawarkan solusi yang bisnis kalian bisa berikan.

Teknik pendekatan ini terkadang masih sering salah sehingga customer yang sudah tertarik menjadi batal membeli. Copywriting yang baik akan membantu proses persuasi dengan customer berjalan dengan lancar karena beberapa hal berikut ini.

  • Adanya headline yang kuat dan menyerap perhatian calon customer
  • Memberikan informasi keuntungan dan kepuasan yang akan diterima oleh customer
  • Memberikan penawaran yang terbatas
  • Teknik Call-To-Action yang mengajak customer untuk melakukan closing saat itu juga

Teknik-teknik di atas harus dieksekusi dengan urut dan juga tepat. Jangan sampai urutannya terbalik karena akan mengubah perpesktif dari calon customer terhadap produk yang kalian tawarkan.

Jasa copywriting media sosial yang berpengalaman dalam menghandle klien membuat copywriting akan menjadi solusi yang tepat untuk menghindari kesalahan dalam melakukan copywriting untuk bisnis kalian.

Jasa copywriting memaksimalkan ROI digital marketing kalian

Facebook Ads dan Google Adwords hingga saat ini sudah tidak asing lagi digunakan untuk mengiklankan bisnis. Kedua jenis platform tersebut merupakan media yang paling banyak digunakan untuk beriklan hingga saat ini .

Beriklan dengan Facebook ataupun Google juga tidak boleh sembarangan. Kualitas iklan yang rendah akan menghasilkan konversi yang rendah juga. Baik Google maupun Facebook sama-sama menggunakan skor kualitas dan skor relevansi dalam mengukur relevansi suatu iklan.

Beriklan di Facebook dan Google harus direncanakan dengan matang baik dari segi budget dan juga kualitas iklannya. Iklan yang baik akan memaksimalkan budget yang telah dikeluarkan untuk beriklan.

Iklan yang baik adalah iklan yang dapat menangkap perhatian customer ketika pertama kali melihatnya dan juga mudah dipahami dengan cepat. Copywriting yang relevan dengan calon customer akan membantu memaksimalkan konversi dari iklan tersebut.

Kesimpulan

Marketing merupakan bagian yang vital dalam setiap lini bisnis. Dengan melakukan marketing yang baik dan tepat sasaran akan menghasilkan sales yang maksimal juga.

Copywriting merupakan contoh teknik marketing yang populer dan memberikan nilai keunggulan tersendiri untuk bisnis kalian. Dengan menggunakan jasa copywriting media sosial untuk bisnis kalian, kalian dapat menghemat waktu dalam mengoptimalkan proses marketing bisnis kalian.