Alasan Website Belum Perform – SEO adalah kependekan dari search engine optimization. Sebuah ilmu untuk optimasi website agar dapat tampil di urutan teratas halaman hasil search engine. Ilmu ini mengharuskan kita untuk dapat menguasai 4 metode SEO penting. 4 metode tersebut adalah On Page SEO, Off Page SEO, Technical SEO, dan juga Local SEO.
Selain 4 metode di atas, seseorang yang menjalankan SEO juga harus dapat memahami tren konten dan perkembangan terbaru algoritma search engine. Terutama yang paling populer yakni Google. Tetapi, apa jadinya jika Anda sudah menjalankan 4 metode SEO tersebut dan berusaha mengikuti algoritma terbaru, tapi hasilnya masih Zonk.
Baca: 10 Cara Terbaru untuk Monetisasi Blog
Alias website belum perform. Tentunya, ada banyak alasan mengapa website belum bisa perform. Nah, di dalam artikel ini, MinTiv akan menjelaskan tentang 3 alasan kuat mengapa website Anda belum juga perform. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!.
3 Alasan Website Belum Perform di SERPs
1. Website Mengalami Masalah Teknis
Alasan pertama adalah website yang Anda miliki mengalami masalah teknis atau technical issues. Ya, website yang mengalami masalah pada hal hal teknis biasanya akan sulit untuk perform.
Hal ini wajar mengingat teknis website ini berkaitan erat dengan faktor ranking Google yakni user experience. Sudah pasti website yang alami masalah pada teknisnya, tidak akan memberikan user experience yang baik pada pengunjungnya.
Adapun masalah teknis yang biasanya terjadi seperti;
- Crawling blocks. Kondisi ini terjadi karena pengaturan robots.txt Anda tidak tepat. Robots.txt sendiri adalah file berisikan petunjuk kepada crawler Google untuk proses indexing. Anda bisa memilih halaman web mana yang perlu masuk indeks dan yang tidak. Jika Anda salah memilih dan bahkan secara tidak sengaja memblokir semua halaman web untuk masuk proses indeks, tentu saja itu akan jadi masalah yang besar.
- Indexing issues. Jika pengaturan robots.txt sudah tepat, tetapi website masih mengalami masalah untuk perform. Maka bisa jadi masalah yang Anda hadapi adalah indexing issues.
- Internal link tidak tepat sasaran. Ya, masalah teknis berikutnya adalah penggunaan internal link yang tidak tepat. Internal link digunakan untuk mengatasi orphaned content dan menjadikan banyak halaman website terindeks. Tetapi, apabila nilai dari link tersebut secara tidak sengaja diubah jadi NoFollow, maka manfaat yang diharapkan, tidak akan didapatkan.
2. Kualitas Konten yang Jelek
Alasan kuat mengapa website belum perform berikutnya adalah kualitas konten. Tentu saja kualitas konten yang dimaksud adalah kualitas konten yang jelek dan tidak menarik sama sekali. Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi kualitas sebuah konten website. Beberapa di antaranya adalah;
- Keyword cannibalization. Ini adalah sebutan untuk sebuah keyword yang dipakai berkali-kali pada website yang sama. Cara ini sering digunakan oleh Black Hat SEO Marketer untuk mengakali hasil SERP. Apakah ini worth it?. Ya ini worth it untuk menjadikan website Anda terkena penalty Google.
- Search intent yang tidak relevan. Search intent sendiri adalah tujuan seseorang ketika mengetikan kata kunci tertentu di Google. Semisal jika seseorang mengetikan kata kunci Jasa SEO Website Terbaik, maka tujuan pencariannya bersifat komersial atau transaksional. Informasi yang sifatnya edukatif seperti Apa itu SEO dan sejenisnya, tidak perlu dimasukan untuk konten dengan target keyword tersebut. Kenapa?, karena mereka yang mencari dengan keyword Jasa SEO Website Terbaik, pastinya sudah paham tentang apa itu SEO.
- Kalah saing dengan konten kompetitor. Hal ini wajar saja terjadi, terlebih jika konten Anda tidak memiliki keunikan tersendiri.
- Dan lain-lain.
3. Kredibilitas Website Tidak Kuat
Alasan yang ketiga adalah karena kredibilitas website yang kurang mumpuni alias tidak kuat sama sekali. Padahal kredibilitas website adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi penilaian SEO oleh Google. Hal ini dapat dipahami dengan jelas melalui cara kerja algoritma terbaru Google, yakni E-E-A-T, (Expertise, Experience, Authoritativeness, Trustworthiness).
Ada banyak hal yang mempengaruhi kredibilitas website ini, beberapa di antaranya adalah;
- Backlink. Ya, backlink yang didapatkan dari website yang relevan, berkualitas, dan memiliki DA PA tinggi, tentunya akan meningkatkan performa website Anda. Terutama yang berkaitan dengan kekuatan topical authority dan metrik domain authority. Jika sebaliknya, maka backlink yang didapatkan malah akan berakhir dengan kata toxic.
- E-E-A-T. Ya, seperti yang sudah MinTiv terangkan sebelumnya, E-E-A-T adalah faktor penting yang mempengaruhi kredibilitas website. Anda bisa membaca lebih lengkap tentang apa itu E-E-A-T melalui link artikel di bawah ini;
Baca Juga: Apa itu Algoritma E-E-A-T, dan Bagaimana Cara Mengoptimalkannya?
Inilah penjelasan lengkap mengenai alasan mengapa website belum perform. Apabila Anda berminat untuk mencari partner bisnis terbaik untuk membantu Anda dalam proses optimasi website, hubungi Creativism.id.
Creativism menyediakan layanan Digital Marketing untuk perorangan, UMKM, UKM, hingga perusahaan besar yang mencari partner untuk menghandle social media, website, SEO, dan menyediakan seluruh kebutuhan promosi hingga IT Solution untuk bisnis Anda. Hubungi mereka di nomor WhatsApp 6281 22222 7920.
[…] Baca Juga: 3 Alasan Kuat Mengapa Anda Belum Juga Perform […]